PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 5 MADIUN

  • EKA PUTRI RAHMAN HARTANTI
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin sis kelas X Akuntasni SMK Negeri 5 Madiun; (2) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 5 Madiun; (3) mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin dengan media gambar seri pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 5 Madiun terhadap media pembelajaran gambar seri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Terdapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen True Eksperimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Data pengumpulan penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan angket. Observasi dilakukan selama dua kali pertemuan pada kelas kontrol dan dua kali pertemuan pada kelas eksperimen. Hasil analisis data pretest dan postest diuji dengan menggunakan rumus uji-t (t-test) untuk mengetahui perbedaan signifikansi. Lembar angket diberikan kepada kelas eksperimen setelah proses pembelajaran berakhir. Hasil analisis lembar angket digunakan utuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran gambar seri.

Analisis data observasi yang dilakukan oleh observer aktivitas guru memperoleh hasil 92,5% dan aktivitas siswa memperoleh hasil 90% dengan persentasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa selama proses pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin dengan menggunakan media gambar seri berjalan dengan "sangat baik". Pada analisis data, diperoleh hasil thitung= 5,35 dan db = 50 dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh ttabel = 1,67. Hasil thitung lebih besar dari hasil ttabel yaitu 5,35. Dengan demikian hipotesis H0 yang berbunyi tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen ditolak, sedangkan hipotesis H1 yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen diterima. Hasil analisis data angket menunjukkan bahwa dari 10 pertanyaan yang diberikan kepada siswa diperoleh hasi persentase kisaran 61-100% yang artinya termasuk dalam kriteria penilaian kuat-sangat kuat. Hasil yang diperoleh dari uji t-test dan angket repson siswa menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri efektif dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin kelas X Akuntasi SMK Negeri 5 Madiun.

Kata Kunci: media gambar seri, menulis karangan sederhana bahasa Mandarin

Abstract

The aims of this study are: (1) to describe the use of series pictures as mediain simpleMandarin writing teaching-learning process of accounting students class X in SMK Negeri 5 Madiun; (2) to describe the effectiveness of the use of series pictures as media simple Mandarin writing teaching-learning process of accounting students class X in SMK Negeri 5 Madiun; (3) to describe the students’ response of the use of series pictures as mediain simple Mandarin writing teaching-learning process of accounting students class X in SMK Negeri 5 Madiun

This research is quantitative approach that uses experiment research. There were two classes used in this study as subjects, the control class and the experimental class. This study used True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group. The data collection technique used in this research were observation, test and questionnaire. Observations were conducted during two meetings in the control class and two meetings in the experimental class. The results of the pretest and posttest were analized using the t-test formula (t-test) to determine the significance. The questionnaire were given to the experimental class after the teaching-learning process ended, the data of the questionnaire are used to find out the students response of the use of series pictures as mediain simple Mandarin writing.

The results of this study showed that the observer activity of the teacher gets 92,5% and the activity of students gets 90% a very good percentage. The using of series pictures as mediain simple Mandarin writing teaching-learning process run "very good". In the data analysis, t-count = 5.35 and db = 50 were obtained with a significance level of 5% so that the t-table = 1.67. The result showed that t-count is bigger than t-table that is 5,35> 1,67. Thus, H0 hypothesis that there is no significant difference between control class outcomes and experimental class outcomes is denied, while hypothesis H1 that there is a significant difference between control class outcomes and experimental classoutcomes is accepted. The data result of the questionnaire showed that out of 10 questions given to students, the percentage is 61-100%. It means that the results of the study is in the criteria for great assessment. It can be concluded that usingseries pictures as mediain simpleMandarin writing teaching-learning process of accounting students class X in SMK Negeri 5 Madiun is effective..

Keywords: Media Series pictures, Simple Mandarin Language Writing



Published
2018-09-07
How to Cite
PUTRI RAHMAN HARTANTI, E., & ZAENAL FANANI, U. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 5 MADIUN. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/25434
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 72