PENGARUH PENGGUNAAN METODE EGRA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA DALAM BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IIS 3 SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO

  • I GUSTI SARI HELFAH
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

ABSTRAK

Salah satu unsur gramatika bahasa yang sangat penting untuk dipelajari dalam proses berkomunikasi adalah kosakata. Ketika penguasaan kosakata meningkat maka penyusunan kalimatpun akan menjadi lebih baik. Metode Egra merupakan salah satu metode pembelajaran yang terdiri dari 4 tahapan yang terpadu, yaitu Exposure, Generalization, Reinforcement dan Application, yang mana keempat tahapan tersebut bisa membuat siswa lebih aktif dikelas sehingga dapat membuat pembelajaran dikelas menjadi menyenangkan dan efektik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode EGRA terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sederhana dalam bahasa Mandarin serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode EGRA dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sederhana dalam bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan True Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X IIS sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar soal (Pre Test dan Post Test) dan lembar angket respon siswa.

Hasil observasi aktifitas guru pada pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 96%, sedangkan pertemuan kedua juga mendapatkan persentase 96%. Kemudian pada lembar aktifitas siswa pertemuan pertama mendapatkan 94%, sedangkan pada pertemuan kedua mendapatkan persentase sebesar 94%. Kedua hasil tersebut apabila dipresentasikan pada skala Likert termasuk pada kriteria sangat baik.

Dari hasil analisis data, perbedaan dua mean antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diketahui nilai t-tabel dengan harga =3.2, maka diketahui bahwa harga = 0.05 = 2.00 menunjukkan t lebih besar dari t tabel( 20.00 < 3.2 ). Hal ini menunjukkan bahwa metode EGRAmempunyai pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sederhana dalam bahasa mandarin pada siswa kelas eksperimen yaitu kelas X IIS 3 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.

Hasil dari angket respon siswa diketahui sebagian besar dari responden memberikan respon positif pada metode EGRA. Sebanyak 70 % dari 40 siswa yang diteliti merasa sangat setuju bila pembelajaran bahasa mandarin dengan metode pembelajaran EGRA, saya lebih mudah untuk mengingat dan memahami kosakata baru karena metode EGRA dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan menghafal kosakata dan penyusunan kalimat sederhana dalam bahasa Mandarin. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa metode EGRA mempunyai pengaruh positif dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sederhana pada siswa dalam bahasa mandarin.

Kata kunci : Metode EGRA, Kosakata Bahasa Mandarin, Kalimat Bahasa Mandarin

Abstract

One element of grammatical language that is very important to learn in the communication process is vocabulary. When vocabulary mastery increases, sentence preparation will be better. The EGRA method is one of the learning methods which consists of 4 integrated stages, namely Exposure, Generalization, Reinforcement and Application, in which the four stages can make students more active in the class so that they can make classroom learning fun and effective. The purpose of this study was to determine the effect of the use of the EGRA method on vocabulary mastery and the preparation of simple sentences in Mandarin and to find out the students response to the application of the EGRA method in improving vocabulary mastery and composing simple sentences in Mandarin.

This research is a quantitative research using the True Experimental Design approach. The population of this study were students of class X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, class X MIA 4 as the control class and class X IIS as the experimental class. The instrument used in this study was a question sheet (Pre Test and Post Test) and student response questionnaire.

The results of observations of teacher activities at the first meeting get a percentage of 96%, while the second meeting also gets a percentage of 96%. Then on the student activity sheet the first meeting gets 94%, while at the second meeting gets a percentage of 94%. Both of these results if presented on a Likert scale are included in very good criteria.

From the results of data analysis, the two mean differences between the control class and the experimental class are known t-table values ​​with the price of t_0 = 3.2, it is known that the price of t_0 = 0.05 = 2.00 shows t greater than t table (20.00 <3.2). This shows that the EGRA method has a positive influence on vocabulary mastery and the preparation of simple sentences in mandarin in experimental class students, namely class X IIS 3 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.

The results of the student response questionnaire found that most of the respondents responded positively to the EGRA method. As many as 70% of the 40 students studied felt very agree when learning Mandarin with EGRA learning methods, I find it easier to remember and understand new vocabulary because the EGRA method can help students overcome difficulties in memorizing vocabulary and composing simple sentences in Mandarin. Thus it can be concluded that the EGRA method has a positive influence in improving vocabulary mastery and the preparation of simple sentences for students in Mandarin.

Keywords : EGRA Method, Mandarin Vocabulary, Chinese Sentence

Published
2018-10-02
How to Cite
GUSTI SARI HELFAH, I., & ZAENAL FANANI, U. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN METODE EGRA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA DALAM BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IIS 3 SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/25690
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 778