PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

  • ENDANG PURWATI
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

PENGARUH PENGGUNANAN MEDIA PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

Endang Purwati

S1 Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin

Fakultas Bahasa dan Seni

Universitas Negeri Surabaya

Endangpurwati1903@gmail.com

Abstrak

Dalam pembelajaran bahasa Mandarin di SMA Wijaya Putra Surabaya, mengalami kesulitan dalam menguasai kosakata dan penyusunan kalimat dalam bahasa Mandarin. Hal ini disebabkan kurangnya media yang digunakan pengajar pada saat pembelajaran bahasa Mandarin berlangsung. Untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa, peneliti menggunakan media permainan kartu bergambar yang diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menguasai kosakata sehingga mempermudah untuk menyusun kalimat.

Rumusan dalam penelitian ini ada tiga yaitu, 1) Bagaimana proses pembelajaran kosakata dan penyusunan kalimat dengan media kartu bergambar, 2) Bagaimana pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat, 3) Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar dalam pembelajaran kosakata dan penyusunan kalimat.

Penelitian ini merupakan penelitian tru experimental yang berjenis pretest-posttest ­control group design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya, sedangakan sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling.

Hasil analisis observasi guru dan siswa kelas eksperimen (X MIPA2) membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan media permainan kartu bergambar berjalan dengan sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil persentase dari lembar observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama sebesar 81,8% dan pada pertemua kedua mendapat persentase sebesar 87,5%. Sedangkan lembar observasi aktivitas siswa pada pertemua pertama mendapat persentase sebesar 92,5% dan pada pertemuan kedua sebesar 95%. Kedua hasil tersebut apabila dipersentaseikan pada skala likert termasuk dalam kriteria penilaian “sangat baik”. Berdarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh t0 = 6,25 dan db = 62, maka diketahui nilai tscore = 1,99 menunjukkan bahwa t0 lebih besar dari t tabel ( 1,99 <6,25). Hal ini menunjukkan penggunaan media permainan kartu bergambar mempunyai pengaruh yang signifikan dalam penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin siswa kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya. Hasil analis angket respon positif dengan rata-rata yang diperoleh berkisaran 61-80% yang menunjukan dalam kriteria penilaian baik-sangat baik. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan kartu bergambar berpengaruh dalam pembelajaran penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin siswa kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya.

Kata Kunci : Kosakata, Kalimat, Permainan Kartu Bergambar

Abstract

In learning Mandarin in Surabaya Wijaya Putra High School had difficulty in mastering vocabulary and sentence preparation in Mandarin. This is due to the lack of media used by teachers when learning Mandarin takes place. To overcome the difficulties experienced by students, researchers used a media picture card game that is expected to facilitate students in mastering vocabulary so that it is easier to compose sentences. This study aims to determine the learning process using pictorial card media on vocabulary mastery and preparation of Chinese sentences, knowing the effect of game use on vocabulary mastery and compilation of Chinese sentences, as well as knowing students responses to vocabulary mastery and composing Chinese sentences using card game media pictorial. In this study using true experimental quantitative approach method which is a type of pretest-posttest control group design. The population of this study were all students of class X Wijaya Putra Surabaya High School, with the research sample class X IPS as the control class and X MIPA2 as the experimental class. The sampling technique using random sampling technique.

The results of this study can be seen the effect of the use of picture cards on vocabulary mastery in students of class X in Wijaya Putra Surabaya High School, namely: 1) From the observation of teacher activities the process of using picture card media against vocabulary mastery and compilation of Chinese sentences is known at the first meeting got a percentage of 81.8% while at the second meeting got a percentage of 87.5%, then on the student activity sheet the first meeting got 92.5% while at the second meeting got 95%. Both of these results if presented on a Likert scale are included in the criteria for very good assessment, 2) There is an influence of the use of picture card games on vocabulary mastery and compilation of Mandarin sentences for class X SMA Wijaya Putra Surabaya in 2018/2019 school year proven by the difference in average grades The pretest and posttest scores were greater in the experimental class than in the control class. The pre-test on the initial test in the control class received an average score of 57.9 and the initial test in the experimental class got an average score of 58.1. Then at the meeting of the two control classes and the experimental class was given a post-test. In the control class, the average score was 71.6% and the experimental class got an average of 85.3%. The posttest results in the experimental class revealed the influence of the use of picture card games on vocabulary mastery and the preparation of Chinese sentences. It is known by the price tsignifikan = 6,25 and db = 62, obtained the price of tscore = 1,99 shows tsignifikan greater than tscore (1,99 < 6,25), 3) The results of student response questionnaires show that the use of picture card games against vocabulary mastery and preparation of Chinese sentences has a good response as evidenced by the results of the analysis of all student response questionnaires in Likert scale criteria for good assessment.

Keywords: Vocabulary, Sentence, Picture Card Games






Published
2018-11-02
How to Cite
PURWATI, E., & ZAENAL FANANI, U. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/25918
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 188