KEEFEKTIFAN MEDIA FLANNELGRAPH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X AP 1 SMKN 8 SURABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018

  • DEWI NUR MUZAIYANAH
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, keefektifan, dan respon siswa dalam menggunakan media flannelgraph terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 8 Surabaya tahun ajaran 2017/2018, sedangkan untuk pemilihan sampel ini dilakukan secara acak atau cluster random sampling, dan didapatkan kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen dan X AP 2 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 30 siswa. Untuk mengetahui keefektifan media flannelgraph diperlukan analisis data, yang berupa lembar observasi guru dan siswa, lembar soal pretest-posttest, lembar angket respon siswa.

Hasil observasi guru pada pertemuan pertama kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 85,95% pertemuan kedua sebesar 95% dan hasil observasi siswa pertemuan pertama sebesar 75% pertemuan kedua diperoleh sebesar 88,63%. Kedua hasil tersebut berdasarkan kriteria skala Likert masuk dalam kriteria sangat baik. Data hasil tes pembelajaran dengan menggunakan media flannelgraph diperoleh kelas eksperimen pretest sebesar 53,6 dan posttest sebesar 86,2 dengan kenaikan sebesar 62%. Kelas kontrol pretest sebesar 35,6 dan posttest sebesar 53,9 dengan kenaikan sebesar 52%. Dari hasil perhitungan t-score diperoleh data pada t-tabel diperoleh 2,39, t0 lebih besar dari (9,8>2,39). Maka H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti keefektifan media flannelgraph berpengaruh terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Dari angket yang diberikan sebagian besar siswa memberi respon setuju dengan menggunakan media flannelgraph terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin. Diperoleh persentase pada butir soal no.8 adalah 87,5%, berdasarkan skala Likert termasuk dalam kriteria sangat baik. Persentase tersebut diartikan bahwa siswa merespon positif penggunaan media flannelgraph terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Kata Kunci: Media flannelgraph, penguasaan kosakata, kalimat sederhana

Abstract

This study aims to describe the application, effectiveness, and response of students in using flannelgraph media on mastery of vocabulary and simple Chinese sentence organization. This research is included in experimental research with a quantitative approach. The population in this study were all students of class X SMKN 8 Surabaya 2017/2018 academic year, while for the sample selection was done randomly or cluster random sampling. Class X AP 1 was obtained as the experimental class and X AP 2 as the control class, with the number of students of each class was 30 students. To determine the effectiveness of flannelgraph media, data analysis in the form of teacher and student observation sheets, the pretest-posttest question sheet, and student response questionnaire sheets. The results of teacher observations at the first meeting of the experimental class obtained a percentage of 85.95% and the second meeting was 95%. Whereas, the result of students’ observations of the first meeting was 75% and the second meeting was obtained at 88.63%. Both results are based on Likert scale criteria were included in “very well” criteria. Data from the learning test results using flannelgraph media obtained pretest experimental class of 53.6 and posttest of 86.2 with an increase of 62%. The pretest control class was 35.6 and posttest was 53.9 with an increase of 52%. From the results of the t-score calculation, the data obtained in the t-table are 2.39, t0 is greater than (9.8> 2.39). Therefore, H1 is accepted and H0 is rejected, which means that the effectiveness of flannelgraph media affects the mastery of vocabulary and the organization of simple Chinese sentences.

From the questionnaire given, most of the students gave agreeing response with the use of flannelgraph media on mastery of vocabulary and simple Chinese sentence organization. The percentage in item number no.8 is 87.5%, it is included in “very well” criteria based on the Likert scale. This percentage means that students respond positively to the use of flannelgraph media to mastery of vocabulary and simple Chinese sentence organization.

Keywords: Flannelgraph Media; Mastery of Vocabulary; Simple Sentences.

Published
2018-12-27
How to Cite
NUR MUZAIYANAH, D., & ZAENAL FANANI, U. (2018). KEEFEKTIFAN MEDIA FLANNELGRAPH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X AP 1 SMKN 8 SURABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/26402
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 28