Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan “最后” zuìhòu dan “终于” zhōngyú pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya

  • MEGALINA RAHMA ARUJIE
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Abstrak

Bahasa merupakan ciri khas manusia yang membedakan dengan makhluk-makhluk lain. Pembelajar bahasa Mandarin sering mengalami kesalahan dalam mempelajari tata bahasa Mandarin. Seperti pembelajar bahasa Mandarin yang lain, mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya angkatan 2016 juga mengalami kesalalahan tersebut khususnya kesalahan penggunaan kata keterangan “最后” zuìhòu dan “终于” zhōngyú pada kalimat bahasa Mandarin. Penelitian ini membahas kesalahan penggunaan kata keterangan “最后” zuìhòu dan “终于” zhōngyú serta faktor penyebab kesalahan dalam kalimat yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2016 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Mandarin Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan kuesioner. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa mahasiswa melakukan salah formasi dan salah susun. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah salah susun dengan persentase 68%, kemudian salah formasi sebesar 32%. Faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut adalah penguasaan materi yang kurang khususnya mengenai penggunaan “最后” zuìhòu dan “终于” zhōngyú. Tidak hanya itu, mahasiswa jarang menggunakan kedua kata tersebut dalam percakapan sehari-hari sehingga mudah lupa. Cara mengatasi kesalahan tersebut dengan giat belajar, memperbanyak latihan soal tentang kata keterangan “最后”zuìhòu“终于”zhōngyu, lebih memperhatikan tata struktural, tata bahasa tentang kata keterangan “最后”zuìhòu“终于”zhōngyu, selain itu juga memperbanyak kosakata dalam bahasa Mandarin.

Kata Kunci : Kesalahan Berbahasa, Kata Keterangan, “最后” zuìhòu “终于” zhōngyú

Abstract

Language is a human characteristic that differentiates it from other creatures. Mandarin Language learners often have difficulty in learning grammar mandarin. Leaner that was in the process of learning Chinese, especially an adverb, “最后” zuìhòu and “终于” zhōngyú often make mistakes. This research is discuss about the error analysis of adverbs “最后” zuìhòu “终于” zhōngyú and find out the error’s factors made by the student of Chinese Language and Literature in State University of Surabaya class 2016. This researcher uses descriptive and qualtative method. The researcher gives a test and a quesioner for the data collectng techniques of this research.From the results of this research is known that the most commn error is wrong structure up to 68%, and then wrong formation is p to 32%. These problems are affected by less control theory especially on the using of adverbs “最后” zuìhòu “终于” zhōngyú mmother tongue effect, and the students s seldom to use these two words in everyday conversation so that forgetting possibility is much bigger. How to resolve the error by means of a more active learning, multiply the exercises on adverbs “最后”zuìhòu“终于”zhōngyu, more attention to the structural layout, the grammar of the adverb “最后”zuìhòu“终于”zhōngyu.

Keyword : Error Analysis, Adverbs, “最后” zuìhòu “终于” zhōngyú







Published
2018-12-28
How to Cite
RAHMA ARUJIE, M., & ZAENAL FANANI, U. (2018). Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan “最后” zuìhòu dan “终于” zhōngyú pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/26416
Section
Articles
Abstract Views: 198
PDF Downloads: 95