PENERAPAN METODE KOOPERATIF GABUNGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA UNTUK MEMBUAT KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISIWA KELAS X SMK NEGERI 6 SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

  • LENY DWI MARLINA
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Abstrak

Hambatan yang dialami oleh siswa kelas X SMK Negeri 6 Surabaya dalam pelajaran bahasa Mandarin adalah kesulitan dalam membuat kalimat bahasa Mandarin karena kurangnya penguasaan kosakata yang dimiliki siswa. Hal ini disebabkan metode pengajaran yang digunakan oleh guru kepada siswa di SMK Negeri 6 Surabaya adalah metode pembelajaran langsung yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam kelas dan materi yang didapatkan hanya berpusat pada guru. Untuk mengatasi hambatan tersebut, peneliti menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan menggabungkan dua tipe dari metode kooperatif ini yaitu tipe Two Stay Two Stray dan Snowball Throwing dalam pembelajaran penguasaan kosakata untuk membuat kalimat sederhana bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk menjelaskan penerapan gabungan tipe Two Stay Two Stray dan Snowball Throwing, kedua pengaruh penerapan gabungan tipe Two Stay Two Stray dan Snowball Throwing dalam pembelajaran, serta respon siswa terhadap penerapan metode kooperatif gabungan tipe Two Stay Two Stray dan Snowball Throwing dalam pembelajaran penguasaan kosakata untuk membuat kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian True-Experimental Design dalam bentuk Control Group Pre-Test Post-Test Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 6 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga diketahui bahwa siswa kelas X APH 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X APH 4 sebagi kelas kontrol. Total subjek penelitian adalah 70 siswa, dengan rincian 35 siswa kelas kontrol dan 35 siswa kelas eksperimen.

Hasil analisis observasi aktivitas guru dan siswa dalam kelas selama pertemuan pertama dan kedua baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen mendapatkan persentase dengan kategori persentase 61%-80%. Berdasarkan persentase yang didapat, jika dilihat dengan skala Likert maka termasuk dalam kategori “baik”. Hasil analisis nilai pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh hasil t0 = 6,74 db = 68, t0,05 = 1,67 sehingga menunjukkan bahwa t0 = 6,74 ≥ t0,05 = 1,67, yang berarti ada pengaruh positif secara signifikan terhadap kemampuan penguasaan kosakata untuk membuat kalimat sederhana bahasa Mandarin antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode kooperatif gabungan tipe Two Stay two Stray dan Snowball Throwing dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan pengajaran langsung.

Hasil analisis respon siswa kelas eksperimen terhadap penerapan metode kooperatif gabungan tipe Two Stay two Stray dan Snowball Throwing dalam pembelajaran penguasaan kosakata untuk membuat kalimat sederhana bahasa Mandarin, dilihat dari skala Likert termasuk dalam kategori “sangat baik” dan “baik”. Hal tersebut karena dari 15 soal pernyataan 13 soal mendapat respon dengan kategori persentase 80%-100% dan dua soal lainnya termasuk dalam kategori persentase 61%-80%.

Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Snowball Throwing, Kosakata Bahasa Mandarin, Kalimat bahasa Mandarin.

Abstract

The problem experienced by the 10th grade students of SMK Negeri 6 Surabaya in the teachings of Mandarin is the difficulty of making Mandarin sentences due to lack of vocabulary mastery by the students. This happens because the teachings method used by the teachers for the students of SMK Negeri 6 Surabaya is the direct teachings method which causes the passiveness of the students in the class and the materials obtained by the students are only focused on the teacher. In order to solve the problem, I used the cooperative teachings method with combining the two types of this cooperative method which are Two Stay Two Stray type and Snowball Throwing type in the learning of mastering the vocabulary for making Mandarin simple sentences. The goals of this research are to explain the implementation of the combining method of Two Stay Two Stray type and Snowball Throwing type, discover the effect of the implementation of the combining type Two Stay Two Stray and Snowball Throwing in teachings, also the students’ response toward the implementation of the combining cooperative method Two Stay Two Stray and Snowball Throwing in teachings of mastering the vocabulary for making Mandarin simple sentences.

This research is True-Experimental Design research in the form of Control Group Pre-Test Post-Test Design with quantitative approach. The population used in this research are all of the 10th grade students of SMK Negeri 6 Surabaya year 2018/2019. For choosing the sample of the research, I used the Cluster Random Sampling technic which the 10th grade students of class APH 2 as the experiment class and the 10th grade students of class APH 4 as the control class. The total of the research subjects is 70 students with 35 students for the control class and 35 students for the experiment class.

The result of observation analysis from teachers and students activities in the class for the first and second meeting in both the control class and the experiment class received 61%-80%. According to the percentage of the received data, if the data is measured using the Likert scale, the data is categorized as “good”. The result of pre-test and post-test analysis in both the control class and the experiment class are t0 = 6,74 db = 68, t0,05 = 1,67, this shows that t0 = 6,74 ≥ t0,05 = 1,67. This means, there is a significant positive effect in the ability to master the vocabulary for making Mandarin simple sentences between the students of experiment class using the combining cooperative method Two Stay Two Stray and Snowball Throwing compared with the students of control class using the direct teachings method.

The result of response analysis from the students of experiment class toward the implementation of combining cooperative method Two Stay Two Stray type and Snowball Throwing type in the teachings of mastering the vocabulary for making Mandarin simple sentences, as seen from the Likert scale, is categorized as “very good” and “good”. This happens because from 15 questions, there are 13 questions which received the response within the 80%-100% percentage category and the other two questions are received the response within the 61%-80% percentage category.

Keywords: Two Stay Two Stray, Snowball Throwing, Mandarin vocabulary, Mandarin sentence.

Published
2019-04-22
How to Cite
DWI MARLINA, L., & ZAENAL FANANI, U. (2019). PENERAPAN METODE KOOPERATIF GABUNGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA UNTUK MEMBUAT KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISIWA KELAS X SMK NEGERI 6 SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/27297
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 110