Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Teks Acak terhadap Kemampuan Menyusun Teks Dialog Bahasa Mandarin Siswa Kelas X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya

  • IRANA KIKI FATMALA
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Pembelajaran bahasa Mandarin pada kelas X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya, ditemukan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyusun teks dialog bahasa Mandarin. Hal ini disebabkan kurangnya variasi strategi pembelajaran yang digunakan perngajar pada saat pembelajaran bahasa Mandarin berlangsung. Untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, peneliti menggunakan strategi pembelajaran aktif teks acak yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran menyusun teks dialog bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin, mendeskripsikan efektifitas strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin, serta mendeskripsikan respon siswa pada penerapan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain eksperimen pada penelitian ini yaitu menggunakan true eksperiment design (Pre-experiment desain). Populasi pada penelitian ini adalah kelas X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini berlangsung selama empat kali pertemuan. Dua kali pada kelas kontrol (dengan menggunakan metode pembelajaran langsung) dan dua kali pada kelas eksperimen (dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif teks acak).Hasil analisis observasi aktivitas guru dan siswa kelas eksperimen (X OTKP 1) membuktikan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin pada siswa kelas X OTKP 1 SMK PGRI 13 Surabaya berjalan dengan sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil persentase lembar observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama diperoleh 83,34%, dan untuk pertemuan kedua mendapatkan persentase sebesar 88,04%. Kemudian pada lembar observasi aktivitas siswa pada kelas eksperimen pertemuan pertama mendapatkan persentase sebesar 82,5%, dan untuk pertemuan kedua mendapatkan persentase sebesar 85%. Berdasarkan persentase yang didapat, jika dilihat dari skala Likert maka termasuk dalam kriteria sangat baik. Dari perhitungan analisis data tes, diperoleh derajat kebebasan ( = 62, dan nilai taraf signifikan yang digunakan yaitu sebesar 1% (0,01) sehingga () yang didapatkan sebesar 2,39. Jika dilihat berdasarkan klasifikasi penerimaan hipotesis yang terdapat pada bab III dijelaskan bahwa ditolak dan diterima apabila > (). Hal ini sesuai dengan hasil yang didapatkan yaitu (4,31 > 2,39). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keefektifan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin pada siswa kelas X OTKP 1 SMK PGRI 13 Surabaya sangat baik.Hasil analisis angket respon siswa pada penerapan strategi pembelajaran aktif teks acak terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin menyatakan bahwa strategi pembelajaran aktif teks acak dapat membantu dan memotivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Hal ini dapat dibuktikan dari persentase penilaian pada butir-butir soal berdasarkan skala Likert termasuk dalam kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat diambil simpulan bahwa strategi pembelajaran aktif teks acak terbukti efektif untuk diterapkan pada siswa terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin.Kata Kunci: belajar aktif, teks acak, teks dialog.
Published
2019-05-22
How to Cite
KIKI FATMALA, I., & ZAENAL FANANI, U. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Teks Acak terhadap Kemampuan Menyusun Teks Dialog Bahasa Mandarin Siswa Kelas X OTKP SMK PGRI 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/27691
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 89