PENGEMBANGAN HANDOUT BAHASA MANDARIN SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP SHAFTA SURABAYA

  • NIMAS LARASATI
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Abstrak

Peserta didik pada tingkat SMP mengalami kendala dalam belajar bahasa Mandarin, salah satu kendala tersebut yaitu, tentang keterbatasan bahan ajar. Berdasarkan kendala tersebut peneliti memiliki gagasan untuk mengembangkan handout bahasa Mandarin sebagai suplemen bahan ajar. Berdasarkan rumusan masalah, proses pengembangan handout bahasa Mandarin sebagai suplemen bahan ajar dilaksanakan berdasarkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dari penelitian tersebut dihasilkan proses pengembangan handout bahasa Mandarin yang telah dilakukan namun tidak dikembangakan secara masal, serta kualitas handout bahasa Mandarin yang dibuktikan dengan tiga aspek, yaitu aspek kevalidan yang mendapatkan presentase masing-masing materi 76% dan desain 89%. yang menyatakan valid dan sangat sangat untuk digunakan. Kemudian aspek keefektifan dibuktikan dengan perbandingan tscore < tsignifikansi yaitu 1,5˂5,08 dan observasi aktivitas peserta didik dengan presentase 83% yang menyatakan sangat efektif untuk digunakan. Dan untuk aspek kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dengan presentase 83% yang menyatakan handout bahasa Mandarin sangat praktis untuk dikembangkan. Sran untuk peneliti selanjutnya yaitu, diperbanyak tema dan materi penunjang dalam handout bahasa Mandarin.

Kata Kunci: Handout, Bahan Ajar, Peserta Didik SMP.

Abstract

Students at the junior secondary level experience obstacles in learning Mandarin, one of the obstacles, namely, the limitations of teaching materials. Based on these constraints, researchers have the idea to develop Chinese language handouts as supplementary teaching materials. Based on the formulation of the problem, the process of developing Chinese handouts as supplementary teaching materials is carried out based on the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). From the research, the process of developing Chinese handouts has been produced but not mass-developed, as well as the quality of Chinese language handouts as evidenced by three aspects, namely the validity aspect which gets a percentage of 76% each and 89% design. which states valid and very very to use. Then the effectiveness aspect is proven by the tscore <tsignificance ratio which is 1.5˂5.08 and observing the activity of students with a percentage of 83% which states it is very effective to use. And for the practical aspects obtained from the questionnaire responses of students with a percentage of 83% which states that Chinese handouts are very practical to develop. Sran for the next researcher, namely, expanded the theme and supporting material in Chinese handouts.

Keywords: Handout, Teaching Material, Junior High School Student.

Published
2019-05-29
How to Cite
LARASATI, N., & ZAENAL FANANI, U. (2019). PENGEMBANGAN HANDOUT BAHASA MANDARIN SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP SHAFTA SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/27886
Section
Articles
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 70