Penerapan Media Video SIMSEN dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018

  • MOCH ALAM
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Kata kunci : video simsen, kalimat sederhana, bahasa Mandarin

Mempelajari bahasa asing khususnya bahasa Mandarin bukan berarti mempelajari kosa katanya saja, tetapi harus mempelajari penggunaan dari kosa kata baik dalam bentuk kalimat maupun bentuk karangan dalam bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan pembelajaran berupa media video simsen, yang termasuk dalam media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, keefektifan, dan respon siswa dalam menggunakan media video simsen terhadap pembelajaran menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin. Dengan menggunakan media siswa lebih mudah mengerti menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh kelas SMAN 1 Puri Mojokerto, sedangkan sampel ini dilakukan secara acak atau random sampling, dan didapatkan kelas X-IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IPS 2 sebagai kelas kontrol. Masing- masing kelas berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui penerapan dan keefektifan media video simsen dibutuhkan analisis data, berupa lembar observasi guru dan siswa yang digunakan untuk mengukur penerapan pembelajaran, yang diisi oleh observer yaitu guru pamong, lembar soal pretest-posttets digunakan untuk mengetahui keefektifan media video simsen yang diberikan di kelas eksperimen, lembar angket respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media video simsen.

Berdasarkan dari hasil data analisis obseravasi diperoleh perhitungan perbedaan hasil 𝑡0 = 7,5 𝑑𝑎𝑛 𝑑𝑏 = 58, selanjutnya dihitung dengan menggunakan tabel taraf 5%. Dengan harga 𝑡0 = 7,5 𝑑𝑎𝑛 𝑑𝑏 = 58, maka diketahui bahwa harga ts = 0.05 = 2,66 menunjukkan t lebih besar dari t lebih besar dari t tabel (2,66>7,5) Harga 𝑡0 signifikan. Dengan demikian analisis data belajar siswa terbukti bahwa adanya perbedaan signifikan antara kemampuan menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan keefektifan penerapan media video simsen terhadap pembelajaran menulis kalimat sederhana di kelas X-IPS 1 SMAN 1 Puri Mojokerto.

Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengaruh media video simsen terhadap kemampuan menulis kalimat sedahana bahasa Mandarin di kelas eksperimen. Dari hasil angket yang diperoleh sebanyak 75,7% menyatakan bahwa pengaruh media video simsen terhadap pembelajaran menulis kalimat sederhana mudah dipahami oleh siswa. sehingga siswa lebih terstruktur menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin, sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar. Hal tersebut menunjukkan respon positif terhadap penggunaan media video simsen pada siswa kelas X-IPS 1 SMAN 1 Puri Mojokerto.

Keywords: simsen videos, simple sentences, Chinese language

Chinese language This study uses learning in the form of simsen video media, which is included in audio visual media. This study aims to describe the application, effectiveness and response of students in using simsen video media towards learning to write simple Chinese sentences. By using media, students are easier to understand writing simple Chinese sentences.

This research is a quantitative study with a population that is all classes of SMAN 1 Puri Mojokerto, while this sample is done randomly, and the X-IPS 1 class is obtained as the experimental class and X-IPS 2 class as the control class 30 students. To find out the effectiveness of simsen video media, data analysis is needed, in the form of teacher and student observation sheets used to measure the application of learning. Student questionnaire responses were used to determine students responses to the use of simsen video media.

Based on the results of the observation analysis data, the calculation of the difference in results of t_0 = 7.5 and d_b = 58 is calculated, then calculated using a table of 5% level. With the price of t_0 = 7.5 and d_b = 58, it is known that the price ts = 0.05 = 2.66 shows t greater than t greater than t table (2.66> 7.5) Price t_0 is significant. Thus the analysis of student learning data proved that there was a significant difference between the ability to write simple Chinese sentences in the experimental class and in the control class. This shows the effectiveness of applying simsen video media to learning to write simple sentences in class X-IPS 1 of SMAN 1 Puri Mojokerto.

Questionnaires were used to determine students responses to the influence of simsen video media on the ability to write Chinese-language sentences in the experimental class. From the results of the questionnaire obtained as much as 75.7% stated that the influence of simsen video media on learning to write simple sentences is easily understood by students. so that students are more structured to write simple Chinese sentences, according to good and correct grammar. This shows a positive response to the use of simsen video media in class X-IPS 1 of SMAN 1 Puri Mojokerto.

Published
2019-05-29
How to Cite
ALAM, M., & ZAENAL FANANI, U. (2019). Penerapan Media Video SIMSEN dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/27913
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 93