KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA YÚ CHÍZI 《于池子》DALAM FILM MÌGUǑ《秘果》 KARYA LIÁN YÌQÍ 《连奕琦》 (KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD DAN JOHNSON)

  • YULISTA ERIS MAHMUDA
  • GALIH WIBISONO

Abstract

Abstrak

Film dipandang sebagai karya sastra sebab memiliki unsur-unsur pembangun seperti unsur intrinsik dan ekstrinsik yang sama dengan drama. Dalam film terdapat tokoh dan konflik sebagai unsur pembangun yang menghidupkan jalan cerita. Ketertarikan peneliti dalam meneliti film ini karena film ini bergenre romantis sesuai dengan pekembangan jaman saat ini, memunculkan rasa penasaran dan juga menguras emosi. Selain itu, film ini banyak memunculkan rahasia antar tokoh bahkan setiap tokoh memiliki rahasia yang membuat kemunculan konflik, terutama konflik batin yang ditunjukkan dalam tingkah laku maupun dialog antar tokoh. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti memiliki dua rumusan masalah, yaitu mengenai bentuk konflik batin yang dialami oleh tokoh utama Yú Chízi 《于池子》 dan cara tokoh utama Yú Chízi 《于池子》dalam mengatasi konflik batin yang dialami.

Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra teori psikoanalisis Sigmund Freud. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah diperoleh adalah sebagai berikut : 1) Enam konflik batin yang dialami tokoh utama yaitu khawatir, rasa malu, kebencian, kecewa, rasa bersalah yang dipendam dan cinta. 2) Lima cara tokoh utama Yú Chízi 《于池子》mengatasi konflik batin. Lima gaya cara tokoh utama dalam mengatasi konflik batin yaitu gaya hiu, gaya burung hantu, gaya rubah, gaya kura-kura dan gaya kancil.

Kata kunci : Konflik Batin, Tokoh Utama, Film, Psikologi Sastra, Psikoanalisis Sigmund Freud dan Johnson.

Abstract

Film is seen as a literary work because it has building elements such as intrinsic and extrinsic elements that are the same as drama. In the film there are characters and conflicts as building elements that turn on the storyline. Researchers interest in researching this film is because the film is a romantic genre in accordance with the current development, giving rise to curiosity and emotional exhaustion. In addition, this film raises many secrets between figures, even though each character has a secret that makes the emergence of conflict, especially the inner conflict shown in behavior and dialogue between characters. Therefore, in this study the researcher has two problem formulations, namely the form of inner conflict experienced by the main character Yú Chízi 《于 池子》 and the way the main character Yú Chízi 《于 池子》 in overcoming the inner conflict experienced.

This study uses the psychoanalytic theory of psychology Sigmund Freuds approach. The method used is descriptive qualitative method. The results of the research that have been obtained are as follows: 1) Six inner conflicts experienced by the main character, namely worry, shame, hatred, disappointment, buried guilt and love. 2) Five ways the main character Yú Chízi 《于 池子》 overcomes inner conflict. The five styles of the main character in overcoming inner conflicts are shark style, owl style, fox style, turtle style and mouse deer style.

Keywords : Inner Conflict, Main Character, Film, Literary Psychology, Psychoanalysis Sigmund Freud and Johnson.


Published
2019-06-14
How to Cite
ERIS MAHMUDA, Y., & WIBISONO, G. (2019). KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA YÚ CHÍZI 《于池子》DALAM FILM MÌGUǑ《秘果》 KARYA LIÁN YÌQÍ 《连奕琦》 (KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD DAN JOHNSON). Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28034
Section
Articles
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 163