PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PENGUASAAN PENULISAN HURUF HANZI PADA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 CERME

  • SILVIA WIRA MONICA
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi memicu masyarakat untuk mempelajari bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Mandarin. Saat ini bahasa Mandarin adalah bahasa yang digunakan sebagai bahasa internasional setelah bahasa Inggris. Di Indonesia, bahasa Mandarin berkembang cukup pesat. Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam belajar bahasa, khususnya belajar bahasa Mandarin. Contoh kegiatan menulis dalam pembelajaran bahasa Mandarin adalah penulisan huruf hanzi sesuai dengan guratan atau kaidah yang berlaku. Masalah yang terjadi pada siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 1 Cerme, yaitu peserta didik jarang diajarkan tentang penulisan huruf hanzi sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga peserta didik hanya menirukan tulisan pengajar tanpa memperdulikan urutan goresan yang benar. Peserta didik mengaku lebih sering menghafal pinyin daripada huruf hanzi.

Penelitian ini mendeskripsikan 1) penggunaan metodeCooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap penguasaan penulisan huruf hanzi pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme, 2) keefektifan pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap penguasaan penulisan hurufhanzi pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme, 3) respon siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cerme terhadap penguasaan penulisan huruf hanzi dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan kelas XI-Bahasa sebagai kelas eksperimen. Jumlah keseluruhan siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu dengan menggunakan satu kelas saja sebagai subjek penelitian.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, penelitian ini telah menjawab ketiga rumusan masalah sebagai berikut:

1) Pengunaan metode pembelajaran metodeCooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)dapat dilihat dari observasi berdasarkan perhitungan skor skala Likert menunjukkan kategori baik pada aktivitas guru pertemuan pertama 67,30%, sedangkan pada pertemuan kedua 81,76%. Hasil analisis data observasi siswa menunjukkan kategori baik pada pertemuan pertama 62,5%, dan pada pertemuan kedua 82,5%.

2) Berdasarkan hasil perhitungan data dengan menggunakan t-signifikansi diperoleh t= 20,35> t= (0,05.db)=1,45. Nilai tersebut lebih besar dari nilai t-tabel , menunjukkan ada perbedaan signifikan antara H0 dan H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metodeCooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) cukup efektif diterapkan terhadap penguasaan penulisan huruf hanzi.

3) Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diketahui bahwa penggunaan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)terhadap penguasaan penulisan huruf hanzi pada kelas eksperimen efektif. Hal ini dilihat dari hasil angket siswa yang menunjukkan bahwa kisaran 60-80% yang artinya pada kriteria penilaian baik.

Kata Kunci: Metode, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Penguasaan, Huruf Hanzi

Abstract

The Use of Learning Methods of Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

On The Mastery of Writing Hanzi Letters In The XI-Language Class of SMA Negeri 1 Cerme.

Technological developments have prompted people to learn foreign languages, one of which is Mandarin. At present Mandarin is a language that is used as an international language after English. In Indonesia, Mandarin develops quite rapidly. The ability to write is one of the skills that must be mastered in learning languages, especially learning Mandarin. Examples of writing activities in learning Mandarin are writing hanzi letters in accordance with applicable strokes or rules. Problems that occur in class XI-Language students at SMA 1 Cerme, namely students are rarely taught about writing hanzi letters in accordance with applicable rules. So that students only mimic the writing of the teacher regardless of the correct sequence of scratches. Students claim to memorize pinyin more often than hanzi letters.

This study describes 1) the use of Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) method on mastery of alphanical writing in class XI Language of Cerme 1 Public High School, 2) the effectiveness of Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) learning on mastery of alphabetical writing in high school class XI students Negeri 1 Cerme, 3) response of class XI students of Cerme 1 State Senior High School to the mastery of writing hanzi letters using the Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) method. This study used the XI-Language class as an experimental class. The total number of students is 30 students. This research is a One-Group Pretest-Posttest Design study, that is by using only one class as the subject of research.
Based on the data analysis that has been done, this study has answered the three problem formulations as follows:
1) The use of learning methods The Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) method can be seen from observations based on the calculation of the Likert scale score showing the good category for the first meeting teacher activity 67.30%, while at the second meeting 81.76%. The results of the analysis of student observation data showed a good category at the first meeting 62.5%, and at the second meeting 82.5%.
2) Based on the results of data calculations using t-significance obtained t = 20.35> t = (0.05.db) = 1.45. This value is greater than the t-table value, indicating there are significant differences between H0 and H1. Thus it can be concluded that the Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) method significantly influences the mastery of writing hanzi letters.
3) Based on the results of the questionnaire analysis of student responses it is known that the use of the Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) method on the mastery of writing hanzi letters in the experimental class is effective. This is seen from the results of student questionnaires which indicate that the range is 60-80% which means that the assessment criteria are good.

Keywords: Methods, Cooperative Integrated Reading and Composition, Mastery, Hanzi Letters


Published
2019-06-19
How to Cite
WIRA MONICA, S., & ZAENAL FANANI, U. (2019). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PENGUASAAN PENULISAN HURUF HANZI PADA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 CERME. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28116
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 48