PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERGERAK DALAM WRITTEN CHINESE DICTIONARY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HANZI SISWA KELAS X MIPA SMAN 2 SIDOARJO

  • SANDRA PUTRI SULISETYAWATI
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Abstrak

Peneliti ini membahas tentang penulisan hanzi menggunakan media gambar bergerak dalam written chinese dictionary. Media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan. Gambar bergerak menampilkan satu urutan gambar yang berubah sedikit demi sedikit pada kecepatan yang tinggi maupun rendah. Written Chinese Dictionary merupakan salah satu program atau aplikasi Android dan IOS yang dibuat untuk memudahkan dalam belajar bahasa Mandarin. Mengingat adanya kesulitan dalam mempelajari karakter dalam bahasa Mandarin. Maka dalam program Written Chinese Dictionary ini disediakan berbagai kemudahan dalam mempelajari bahasa Mandarin

Peneliti menggunakan penelitian eksperimen True experiment design dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Peneliti menggunakan sampel kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan sampel kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, soal pretest-posttest, dan angket respon siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t, data observasi dan angket dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase.

Berikut ini merupakan hasil analisis yang berdasarkan rumusan masalah pada penelitian ini. Hasil dari rumusan masalah yang pertama dapat di lihat melalui hasil lembar observasi guru digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin di kelas dengan menggunakan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary terhadap kemampuan menulis hanzi. Pada pertemuan pertama diperoleh presentase sebesar 81,57% dan pertemuan kedua meningkat diperoleh presentase sebesar 83,75%. Dari hasil analisis data observasi guru dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary terhadap kemampuan menulis hanzi memberikan dampak yang baik bagi pembelajaran.

Selanjutnya hasil jawaban dari rumusan masalah yang kedua yaitu hasil pre test dan post test yang telah dianalisis. Hasil belajar siswa diperoleh t0 = 6,22 dan db = 58, selanjutnya dibandingkan dengan melihat tabel nilai taraf 5%. Dengan harga t0 = 6,22 dan db = 58, maka diketahui bahwa ttabel 0,05=2,9 menunjukkan t0 lebih besar dari ttabel (6,22>2,9), dengan demikian pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary efektif terhadap kemampuan menulis hanzi pada kelas eksperimen siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Sidoarjo.

Rumusan masalah yang ketiga berupa angket respon siswa digunakan untuk mengetahui respon terhadap penggunaan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary terhadap kemampuan menulis hanzi pada kelas eksperimen. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media gambar bergerak dalam Written Chinese Dictionary mendapat tanggapan yang sangat baik dari peserta didik dan mampu diterapkan untuk pembelajaran menulis hanzi.

.Kata Kunci: bingo, media pembelajaran, menyusun kalimat.

Abstract

This researcher discusses the writing of Hanzi using media moving images in written Chinesedictionary. Media is an inseparable part of the teaching and learning process in order to achieve educational goals. Moving images display one sequence of images that changes little by little at high and low speeds. The Written Chinese Dictionary is an Android and IOS program or application that is made to facilitate learning Chinese. Given the difficulty in learning characters in Mandarin. So in the Written Chinese Dictionary program there are various conveniences in learning Chinese.

The researcher used experimental research True experiment design using pretest-posttest control group design. The researcher used a sample of class X MIPA 4 as an experimental class and a sample of class X MIPA 7 as a control class consisting of 30 students. Data collection in this study consisted of observations, pretest-posttest questions, and student response questionnaires. Student learning outcomes data were analyzed using t test, observation data and questionnaires were analyzed using descriptive percentage techniques.

The following is the result of the analysis based on the formulation of the problem in this study. The results of the first problem formulation can be seen through the results of the teacher observation sheet used to find out the teachers activities in the process of learning Chinese in the classroom by using moving media images in the Written Chinese Dictionary on hanzi writing skills. In the first meeting, the percentage was 81.57% and the second meeting increased, the percentage was 83.75%. From the results of the analysis of teacher observation data it can be concluded that the influence of the use of motion picture media in the Written Chinese Dictionary on the ability to write hanzi has a good impact on learning.

Then the results of the answers to the second problem formulation are the results of the pre test and post test that have been analyzed. Student learning outcomes obtained t0 = 6.22 and db = 58, then compared with looking at a table of 5% level. With the price of t0 = 6.22 and db = 58, it is known that t table 0.05 = 2.9 shows that t0 is greater than t table (6.22> 2.9), thus learning Chinese using the moving picture media in the Written Chinese Dictionary is effective on the ability to write hanzi in the experimental class of class X MIPA 4 Sidoarjo 2 High School.

The third problem formulation in the form of student response questionnaires was used to determine the response to the use of moving media images in the Written Chinese Dictionary on the ability to write hanzi in the experimental class. This proves that the use of mobile picture media in the Written Chinese Dictionary gets very good responses from students and is able to be applied to learning to write hanzi.

Keywords: moving picture media, written chinese dictionary, Hanzi writing
Published
2019-06-21
How to Cite
PUTRI SULISETYAWATI, S., & ZAENAL FANANI, U. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERGERAK DALAM WRITTEN CHINESE DICTIONARY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HANZI SISWA KELAS X MIPA SMAN 2 SIDOARJO. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28222
Section
Articles
Abstract Views: 198
PDF Downloads: 146