KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BALON KATA DALAM PENGUASAAN KOSA KATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NU 1 GRESIK

Authors

  • MOCH. ASRUR RIFAI
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

Saat ini di Indonesia sendiri mulai diadakan pembelajaran bahasa Mandarin baik di sekolah maupun di lembaga kursus. Salah satu sekolah yang ada mata pelajaran bahasa Mandarin adalah SMA NU 1 Gresik. Disana bahasa Mandarin dijadikan sebagai mata pelajaran bahasa asing dan ekstrakulikuler tetapi suatu pembelajaran yang ada di SMA NU 1 Gresik mengalami beberapa hambatan yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton sehingga siswa sulit untuk memahami materi pembelajaran bahasa Mandarin dan media pembelajaran yang digunakan siswa menjadi membosankan dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin menggunakan metode media permainan Balon Kata. Penguasaan kosa kata yang dimiliki oleh siswa dapat menyempurna dalam menyusun kalimat, sedangkan tata bahasa dalam penyusunan kalimat yang banyak maka dapat merangkai kalimat dengan baik dan lancar untuk berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Bahwa untuk meneliti penggunaan media ini sehingga ingin mengetahui pengaruh penggunaan media Balon Kata dalam penguasaan kosa kata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin, keefektifan penggunaan media Balon Kata dalam penguasaan kosa kata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin, dan respon pada siswa kelas X Bahasa SMA NU 1 Gresik terhadap penggunaan media Balon Kata dalam penguasaan kosa kata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin, yang untuk diteliti.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design (rancangan eksperimen semu) yang berjenis one group pretest - posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Bahasa SMA NU 1 Gresik yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen.

Proses pembelajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan media permainan Balon Kata berjalan baik. Hal ini dapat diketahui bahwa dari hasil aktivitas lembar observasi guru dan siswa selama 2 hari, untuk pertemuan pertama guru dengan hasil 78,94% dan kedua dengan hasil 76,36%. Sedangkan pertemuan pertama siswa dengan hasil 78% dan kedua dengan hasil 76,92%.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa t = 252,5 dan rata - rata dari pre-test dan post-test adalah 8,75. db = (N - 1) = 32 - 1 = 31 . diperoleh batas penerima t (5%:31) atau (0,05:31). Karena t-signifikasi = 252,5 > t (0,05, db) = t (0,05:31) = 1,55. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X Bahasa sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan media permainan Balon Kata memiliki perbedaan yang signifikan antara dengan dimana nilai rata - rata lebih besar dari nilai rata - rata , karena terbukti bahwa penggunaan media Balon Kata dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin, serta mendapatkan hasil yang positif bagi siswa dalam pembelajarannya.

Dalam angket respon siswa yang telah dianalisis terhadap penggunaan media Balon Kata pada kelas eksperimen menunjukkan respon yang baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase nilai terendah berkisar antara 78,75% dan nilai tertinggi berkisar antara 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Balon Kata baik digunakan untuk penguasaan kosa kata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin, dikarenakan pembelajaran dengan menggunakan media Balon Kata lebih menyenangkan dan menarik minat siswa sehingga membantu siswa menguasai kosa kata dan dapat menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Kata kunci : Media Balon Kata, kosa kata, kalimat sederhana

Currently in Indonesia, Chinese language learning starts at both schools and in course institutions. One of the schools that have Chinese language subjects is SMA NU 1 Gresik. There Chinese is used as a foreign language and extracurricular activites, but learning in SMA NU 1 Gresik experiences several obstacles caused by monotonous learning so that students find it difficult to understand Chinese language learning material and the learning media used by students become bored. Therefore, to improve vocabulary mastery and simple sentences Chinese language compilation by using the word balloon game as media method. Mastery of many vocabulary so students can compensate in composing sentences, while grammar in the preparation of many sentences can be able to arrange sentences well and smoothly to communicate verbally or writing. That to examine the use of this media because it wants to know the effect of the use of the word balloon media in mastering vocabulary and composing simple Chinese sentences, the effectiveness of the use of Word Balloon media in mastering vocabulary and composing simple Chinese sentences and the response of X Language class of SMA NU 1 Gresik to use the word balloon media in mastering vocabulary and composing simple Chinese sentences, which are summarized in aspects to be examined.

This research is an experimental study using Quasi Experimental Design (quasi-experimental design) which is a type of one group pretest - posttest. The population in this study were all students of class X Language class of SMA NU 1 Gresik which 33 students as the experimental class. The process of learning Chinese using the Word Balloon game media goes well. It can be seen that from the results of the teacher and student observation sheet activities for two days, for the meeting of one teacher with a result of 78.94% and second with 76.36%. While meeting one student with a result of 78% and the second with a result of 76.92%.

Based on the results of the analysis it is known that t = 252.5 and the average of the pre-test and post-test is 8.75. db = (N - 1) = 32 - 1 = 31. obtained by the recipient limit t (5%: 31) or (0.05: 31). Because t-significance = 252.5> t (0.05, db) = t (0.05: 31) = 1,55. This shows that the learning outcomes of class X Language class students as an experimental class by applying the Word Balloon game media has a significant difference between and where the average score of is greater than the average score of , because it is evident that the use of Word Balloon media can improve vocabulary mastery and the preparation of simple Chinese sentences, and get positive results for students in learning.

In the questionnaire students responses that have been analyzed for using Word Balloon media in the experimental class showed a good response. This can be seen from the percentage of the lowest value ranging from 78.75% and the highest value ranges from 90%. Thus it can be concluded that the Word Balloon as media is good for mastery of vocabulary and the preparation of simple Chinese sentences, because learning using media Word Balloons is more fun and attracts students interest so that it helps students mastering vocabulary and compose simple Chinese sentences.

Keywords: Balloon Media Words, vocabulary, simple sentences

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-01

How to Cite

ASRUR RIFAI, M., & ZAENAL FANANI, U. (2019). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BALON KATA DALAM PENGUASAAN KOSA KATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NU 1 GRESIK. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28576

Issue

Section

Articles
Abstract views: 140 , PDF Downloads: 82