Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Menyimak Pemahaman Dialog Berbahasa Mandarin Siswa Kelas X IPA 1 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo

Authors

  • CHUSNUL ROCHMADHONI
  • MINTOWATI

Abstract

Abstrak

Pembelajaran bahasa Mandarin di SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo menjadi hal yang monoton hanya befokus pada guru yang menjelaskan isi apa yang ada pada buku ajar dan siswa fokus mendengarkan penjelasan dari guru. Hal tersebut membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran menyimak. Oleh sebab itu, metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) diharapkan mengatasi kesulitan pada siswa. Masalah dalam penelitian ini 1) bagaimana penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam pembelajaran meyimak pemahaman dialog berbahasa Mandarin pada siswa kelas X IPA 1 HANG TUAH 2 Sidoarjo?, 2) bagaimana keefektifan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam pembelajaran menyimak pemahaman dialog berbahasa Mandarin pada siswa kelas X IPA 1 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo?, 3) bagaimana respon siswa kelas X IPA 1 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo terhadap penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam pembelajaran menyimak pemahaman dialog berbahasa Mandarin?.

Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan metode penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes pretest dan posttest, serta angket respon siswa. Analisis data meliputi proses penggunaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray, sajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis data, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1) Hasil observasi aktivitas guru dengan nilai persentase 81,42% termasuk kriteria sangat baik dalam skala Likert. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa dengan nilai persentase 78,66% termasuk kriteria baik dalam skala Likert. Jadi dapat disimpulkan proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray berjalan dengan baik dan lancar. 2) Hasil analisis data hasil pretest dan posttest, diketahui hasil rata-rata nilai pretest sebesar 45 dan hasil rata-rata nilai posttest sebesar 88. Hal ini menunjukkan hasil positif dari keefektifan penggunaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap pembelajaran menyimak pemahaman dialog berbahasa Mandarin dan diketahui bahwa to = 4,94 dan db = 32 dengan melihat tabel nilai taraf 5%, maka diketahui bahwa harga to 0.05 = 1,69 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (4,94 > 1,69). 3) Hasil analis angket respon siswa, nilai rata-rata yang diperoleh dengan menggunakan skala Likert menunjukkan pengaruh yang positif dengan persentase 78%.

Kata Kunci: Keefektifan, Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray, Pemahaman Dialog


Abstract

Learning Chinese at HANG TUAH 2 High School in Sidoarjo is monotonous, only focusing on the teacher who explains what is in the textbook and the students focus on listening to the teachers explanation. This makes students less active in learning, especially in listening skills. Therefore, the learning methods of Two Stay Two Stray (TS-TS) are expected to overcome difficulties in students. Problems in this study include: 1) How the application of the Two Stay Two Stray learning method to the skills of understanding Chinese dialogue in class X IPA 1 HANG TUAH 2 Sidoarjo ?, 2) What is the effectiveness of the Two Stay Two Stray learning method for listening comprehension skills in Chinese in class X IPA 1 in SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo?This research is a pre-experimental research using the One-Group Pretest Posttest Design research method. The sample of this study is class X IPA 1, SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo. Data collection techniques used include: observation, pretest and posttest tests, and student response questionnaires. Data analysis includes the process of using the Two Stay Two Stray learning method, data presentation and conclusion drawingBased on data analysis, the results of the study are as follows: 1) The results of the observation of teacher activities with a percentage value of 81.42% which includes very good criteria on a Likert scale. While the results of observations of student activities with a percentage value of 78.66% are included in the criteria on a Likert scale. So it can be concluded that the learning process using the Two Stay Two Stray learning method goes well and smoothly. 2) The results of the data analysis of the pretest and posttest results showed that the average pretest score was 45 and the average posttest score was 88. This shows a positive result of the effectiveness of using the Two Stay Two Stray learning method on listening comprehension skills in Mandarin and it is known that to = 4.94 and db = 32 by looking at a table of 5% level, it is known that the price to 0.05 = 1.69 shows t greater than t table (4.94> 1.69). 3) The results of the analysis of student response questionnaires, the average value obtained using a Likert scale shows a positive effect with a percentage of 78%.

Keywords: Effectiveness, Two Stay Two Stray Learning Method, Understanding Dialogue

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-12

How to Cite

ROCHMADHONI, C., & MINTOWATI. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Menyimak Pemahaman Dialog Berbahasa Mandarin Siswa Kelas X IPA 1 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/29089

Issue

Section

Articles
Abstract views: 105 , PDF Downloads: 146