PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN PANTOMIM TERHADAP PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA UNTUK MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-IPS 3 SMA HANGTUAH 2 SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
ABSTRAK
Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa asing yang memiliki kesulitan tersendiri. Ada berbagai macam teknik pembelajaran yang digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran, hal ini dapat mengatasi permasalahan mengenai penguasaan kosakota untuk menyusun kalimat sederhana, salah satunya adalah teknik pembelajaran melalui permainan edukatif berupa tebak kata menggunakan permainan pantomim.
Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan penerapan teknik permainan pantomim dalam pembelajaran kosakata untuk menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin, 2) menjelaskan pengaruh teknik permainan pantomim dalam pembelajaran kosakata untuk menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin, 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan teknik permainan pantomim dalam pembelajaran kosakata untuk menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pre-eksperimental design (eksperimen semu), model one group pretest-posttest design yang artinya penelitian dilakukan menggunakan satu kelas tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol). Sampel pada penelitian ini siswa kelas X-IPS 3 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Hasil observasi aktivitas guru dan siswa dengan hasil persentase sebesar 93,05% yang termasuk kriteria sangat baik dalam skala Likert. Hasil obsrvasi aktivitassiswa dengan hasil persentase 92,50% yang termasuk kriteria sangat baik dalam skala Likert. Jadi dapat disimpulkan proses pembelajaran permainan pantomim berjalan dengan baik dan lancar. 2) Uji t-signifikan pada data pretest dan posttest diperoleh hasil penghitungan =32,19 dan db=37, maka diketahui bahwa nilai 0,05 = 1,15 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (32,6 Dengan demikian penggunaan teknik permainan pantomim mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran penguasaan kosakata untuk menyusun kalimat bahasa Mandarin siswa kelas X-IPS 3 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019. 3) Hasil analisis angket respon siswa, nilai rata-rata yang diperoleh dengan menggunakan skala Likert menunjukkan pengaruh positif dengan persentase 87,83%.
ABSTRACT
Mandarin is a foreign language that has its own difficulties. There are various kinds of learning methods that are used in accordance with the learning objectives, this can overcome the problem of mastery of vocabulary to compile simple sentences, one of which is the method of learning through educational games in the form of guessing words using mime games.
This study aims to describe the application of the mime game method, to explain the influence of the mime game method, and describe students responses to the use of the mime game method. The approach and type of research used in this study are quantitative research types with pre-experimental design (quasi-experimental), one group pretest-posttest design model, which means the study was conducted using one class without a comparison class (control class). The samples in this study were students of X-IPS 3 class at Hang Tuah 2 Sidoarjo High School.
Based on the results of data analysis, the following research results are obtained: 1) The results of observations of the activities of teachers and students with a percentage of 93.05% which includes very good criteria on a Likert scale. Observation results of student activities with a percentage of 92.50% which includes very good criteria on a Likert scale. So it can be concluded the learning process of the mime game runs well and smoothly. 2) Significant t-test on the pretest and posttest data obtained the calculation results t_0 = 32.19 and db = 37, it is known that the value of t_s 0.05 = 1.15 indicates t is greater than t table (32.6> 1, 88). Thus the use of the mime game method has a significant influence in learning vocabulary mastery to construct Mandarin sentences in class X-IPS 3 students at SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo in the 2018/2019 school year. 3) The results of the questionnaire analysis of student responses, the average value obtained using the Likert scale showed a positive effect with a percentage of 87.83%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

