PENGARUH PERMAINAN CHARADE DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IPA 5 SMA NU 1 GRESIK

  • RETHA FITRIA RACHMADHANI
  • URIP ZAENAL FANANI

Abstract

ABSTRAK

Kata kunci : pengaruh, Permainan Charade,kosakata


Saat ini kebutuhan untuk belajar bahasa Mandarin sebagai bahasa asing sudah meningkat. Beberapa sekolah di Surabaya dan Gresik memilih bahasa Mandarin sebagai mata pelajaran bahasa asing tambahan selain bahasa Inggris. Seperti halnya di SMA NU 1 Gresik, bahasa Mandarin di sekolah tersebut menjadi mata pelajaran lintas minat bagi siswa kelas X, XI, dan XII Jurusan IPA, IPS dan bahasa. Namun, dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin di SMA NU 1 Gresik saat ini masih terfokus pada metode powerpoint untuk penyampaian materi. Hal tersebut membuat siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin dikarenakan kurangnya media pembelajaran. Untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, peneliti menggunakan media permainan Charade yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin.

Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu, 1) Bagaimana penerapan permainan Charade dengan media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas X IPA 5 SMA NU 1 Gresik?, 2) Bagaimana keefektifan penggunaan permainan Charade dengan media gambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas X IPA 5 SMA NU 1 Gresik?, 3) Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan permainan Charade dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dalam pembelajaran kosakata Mandarin pada siswa kelas X IPA 5 SMA NU 1 Gresik? pada penelitian ini menggunakan penelitian True-Experimental Design yang berjenis pre-test dan post-test control group design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X SMA NU 1 Gresik sedangkan sampel yang digunakan yaitu X IPA 6 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol, dan X IPA 5 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.

Berikut ini adalah hasil jawaban dari rumusan masalah yang pertama. Hasil observasi aktivitas guru, pada kelas kontrol dimulai dengan persiapan, kegiatan inti hingga penutup dalam proses pembelajaran memperoleh hasil 79.80% dengan kriteria baik pada respon positif. Hasil observasi aktivitas guru di kelas eksperimen persiapan, kegiatan inti hingga penutup dengan menggunakan media permainan Charade dengan media gambar dalam proses pembelajaran memperoleh hasil 94,11% dengan kriteria sangat baik pada respon positif. Hasil observasi guru pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sama-sama sangat baik dikarenakan hanya sedikit seisih yang didapat pada beberapa poin pertanyaan. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada kelas eksperimen (X IPA 5) dengan penerapan media permainan Charade dengan media gambar berjalan sangat baik.

Selanjutnya adalah hasil jawaban dari rumusan masalah yang kedua. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang telah dianalisis pada kelas eksperimen (X IPA 5), t0 = 8.49 dan = 64, kemudian dikonsultsikan dengan melihat tabel taraf 5%. dengan harga t0 = 8.49 dan = 64, maka harga = 0.05 = 1,99 menunjukan t lebih besar dari t tabel (1,99 < 8,49). hal itu membuktikan bahwa media permainan Charade mempunyai pengaruh yang efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Hal tersebut menunjukkan bahwa ditolak dan diterima.

Rumusan masalah yang ketiga yaitu respon siswa terhadap penggunaan media permainan Charade dengan media gambar menunjukan bahwa dari 7 butir pertanyaan yang diberikan memperoleh sebanyak 81,25% siswa menyatakan proses pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dengan media permainan Charade dengan media gambar mudah dipahami. Dari hasil angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa media permainan Charade dengan media gambar berpengaruh positif dalam pembelajaran bahasa Mandarin terhadap penguasaan kosakata

ABSTRACT

Keywords: influence, charade, vocabulary

At present the need to learn Mandarin as a foreign language has increased. Some schools in Surabaya and Gresik choose Chinese as additional foreign language subjects besides English. As in Gresik 1 NU High School, Mandarin Language in school became a cross-interest subject for students of class X, XI, and XII in the Department of Science, Social Sciences and Language. However, in the process of learning Chinese at NU 1 High School, Gresik is currently still focusing on the lecture method as material delivery. This makes it difficult for students to master Chinese vocabulary because of the lack of learning media. To overcome the learning difficulties experienced by students, researchers used the media game Charade which is expected to facilitate students in learning Chinese vocabulary.
This research has three problem formulations, namely, 1. How is the application of Charade games with picture media in learning writing Chinese vocabulary in class X IPA 5 students of SMA NU 1 Gresik?, 2. What is the effectiveness of the use of Charade games with picture media on the mastery of writing Chinese vocabulary in class X IPA 5 students of SMA NU 1 Gresik?, 3. How do students respond to the use of Charade games in learning Chinese vocabulary writing in Mandarin vocabulary learning in class X IPA 5 students at SMA NU 1 Gresik? In this study using the True-Experimental Design study which is a type of pre-test and post-test control group design with a quantitative approach. The population used was a class X student at SMA NU 1 Gresik while the sample used was X IPA 6, which amounted to 34 students as a control class, and X IPA 5 which amounted to 32 students as the experimental class. The sampling technique uses cluster random sampling technique.
The following is the result of the answer to the first problem statement. The results of observations of teacher activities, in the control class began with preparation, core activities until the closing of the learning process obtained results of 79.80% with good criteria on positive responses. The observation of teacher activities in the experimental preparation class, core activities to final preparation, core activities until closing using Charade playing media with picture media in the learning process gained 94.11% results with very good criteria for positive responses. So it can be concluded that the learning process of Chinese vocabulary in the experimental class (X IPA 5) with the Charade game media application with media images goes very well.
Next is the result of the answer to the second problem statement. Based on the results of the pre-test and post-test that have been analyzed in the experimental class (X IPA 5), t0 = 8.49 and = 64, then consulted by looking at the table level of 5%. with prices t0 = 8.49 and = 64, the price of = 0.05 = 1.99 shows t greater than t table (1.99 <8.49). it proves that the Charade game media has an effective influence in learning Chinese vocabulary. This indicates that was rejected and was accepted.
The third problem formulation, namely the students response to the use of media playing Charade with media images, shows that of the 7 questions given, 81.25% of students stated that the process of learning Chinese vocabulary with media playing Charades with media images was easy to do. understand. From the results of the student response questionnaire, it can be concluded that the media playing Charade with picture media has a positive influence on learning Mandarin on vocabulary mastery.

抽象

关键词:影响力,Charade,词汇

目前,学习普通话作为外语的需求有所增加。除英语之外的其他外语科目泗水和格雷西克的一些学校选择中文。与Gresik 1 NU高中一样,学校的普通话成为了科学,社会科学和语言系X,XI和XII班学生的跨学科。然而,在NU 1高中学习汉语的过程中,Gresik目前仍然专注于讲授方法作为材料交付。由于缺乏学习媒体,使得学生很难掌握汉语词汇。为了克服学生学习困难,研究人员使用了Charade的媒体游戏,该游戏有望促进学生学习汉语词汇。
这项研究有三个问题的表述,即1. Charade游戏与图片媒体的应用如何在SMA NU 1 Gresik的X类IPA 5学生中学习写汉语词汇?2. 2.什么是类X IPA 5名学生SMA NU 1锦石的书写中国词汇的掌握运用夏利游戏画面与媒体的有效性? 3. 学生如何应对Charade游戏在SMA NU 1 Gresik的X类IPA 5学生的汉语词汇学习中学习汉语词汇写作?在本研究中使用真实实验设计设计,这是一种预测试和后测试控制组设计与定量方法。使用的人群是SMA NU 1 Gresik的X级学生,而使用的样本是X IPA 6,其中34名学生作为对照班,X IPA 5则为32名学生作为实验班。采样技术使用集群随机抽样技术。
以下是第一个问题陈述的答案结果。对教师活动的观察结果,在对照班开始准备,核心活动直到学习过程结束时获得79.80%,并对积极反应有很好的标准。在实验准备课中观察教师活动,核心活动进行最后准备,核心活动直至结束,使用夏利在学习过程中播放媒体与图片媒体,获得了94.11%,具有非常好的积极回应标准。因此可以得出结论,实验班(X IPA 5)中的中文词汇与Charade游戏媒体应用和媒体图像的学习过程非常顺利。
接下来是第二个问题陈述的答案结果。基于在实验类(X IPA 5)中分析的预测试和后测试的结果,t0 = 8.49和= 64,然后通过查看5%的表级来查阅。当价格t0 = 8.49且 = 64时, = 0.05 = 1.99的价格显示t大于t表(1.99 <8.49)。它证明了夏利游戏媒体在学习汉语词汇方面具有有效的影响力。这表明被拒绝并且被接受。
第三个问题表述即学生对使用媒体播放Charade媒体图像的反应,表明在给出的7个问题中,81.25%的学生表示用媒体图像媒体播放Charades学习汉语词汇的过程很容易去做。了解。从学生回答调查问卷的结果可以得出结论,用图片媒体播放Charade的媒体对词汇掌握对普通话的学习有积极的影响。

Published
2020-01-28
How to Cite
FITRIA RACHMADHANI, R., & ZAENAL FANANI, U. (2020). PENGARUH PERMAINAN CHARADE DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X IPA 5 SMA NU 1 GRESIK. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/31978
Section
Articles
Abstract Views: 294
PDF Downloads: 131