PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM LEARNING (STL) DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN

  • HIDAYATUN NADZIFAH
  • GALIH WIBISONO

Abstract

Abstrak

Pembelajaran bahasa Mandarin pada siswa kelas X-MIPA SMA Negeri 1 Lamongan tahun pelajaran 2019-2020 bahwa kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin masih kurang, karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami tata bahasa yang ada dalam bahasa Mandarin untuk menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.oleh karena itu, guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning (STL) agar siswa lebih mudah dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning (STL) dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin, 2) Mendeskripsikan hasil penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student team Learning STL) dalam pembelajaran menyusun kalmat sederhana bahasa Mandarin, dan 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning (STL) dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang menerapkan True Experimental Design. Bentuk desain True Experimental dalam penelitian ini yaitu Pretest-Posttest Control Group Desain.

Student Team Learning, As One Of The Types In Cooperative Learning Method, Is a Learning That Is Done With The Cooperative And Enhance The Responsibility Of Each Student In a Teamwork”. Maksunya yaitu metde pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning (STL) adalah suatu pembelajaran yang dilakukan dengan kerjasama dan meningkatkan tanggungjawab setiap siswa dalam melakukan pembelajaran secara berkelompok.

Hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua menunjukkan kategori “sangat baik”. Hasil analisis observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama diperoleh penilaian sebesar 94,2%, sedangkan pada pertmeuan kedua sebesar 96,1%. Pada data observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua menunjukkan kategori “sangat baik”. Data observasi pada pertemuan pertama telah diperoleh nilai sebesar 91,6%, sedangkan pada pertemuan kedua diperoleh sebesar 93,3%. Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan, telah diperoleh t0 = 3,42 dan db = 70, kemudian menganalisis dengan menggunakan taraf signifikasi 5%. Dengan nilai t = 3,42 dan db = 70 diketahui bahwa ts 0,05 dari db = 1,67 menunjukkan t lebih besar dari ttabel (3,42 > 1,67). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hasil pret-test dan post-test pada pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin dengan menggunakan metode kooperatif tipe Student Team Learning (STL) terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning (STL) telah terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Hasil angket respon siswa yang berjumlah 9 pertanyaan positif yang merupakan kelebihan dari metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning (STL) telah diperoleh nilai dengan persentase 81%-100% “sangat baik” yang berjumlah 5 dan nilai dengan persentase 61%-80% “baik” berjumlah 4. Demikian dapat diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Learning (STL) mendapat respon yang positif dari siswa.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Learning (STL), Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin

Abstract

Learning Mandarin in class X-MIPA student of SMA Negeri 1 Lamongan in the academic year 2019-2020 that the ability to compose simple Chinese sentence is still lacking, because students have difficulty in understanding existing grammar in Mandarin to construct simple Chinese sentences. Therefore, the teacher use the Student Team Learning (STL) cooperative learning method so that student more easly learn to compose simple senteces. The purpose of this research is 1) Describe the application of Student Team Learning (STL) cooperative learning methods in learning to compose simple senteces, 2) Describe the results of applying Student Team Learning (STL) cooperative learning methods in learning to compose simple Chinese Sentence, 3) Describe student responses to the application of the Student Team Learning (STL) type of cooperative learning methods in learning to compose simple Chinese sentences. This research is a quantitative describtive research which applies true experimental design. The form of true experimental in this research is pretest-posttest control group design.

Student Team Learning, Aa One Of The Types In Cooperative Learning Method, Is a Learning That Is Done With The Cooperative And Enhance The Responsibility Of Each Student In A Teamwork”. It means that the cooperative learning method type Student Team Learning (STL) is a learning that is carried out in collaboration and increases the responsibility of each student in conducting group learning.

The observations of teacher activities at the first meeting and the second meeting showed the category of “very good”. The results of the observation analysis of teacher activity at the first meeting obtained an assessment of 94,2%, while at the second meeting of 96,1%. In the observation of student activity data at the first meeting and the second meeting showed the category “very good”. Obsevation data at the first meeting was obtained a value of 91,6%, while at the second meeting was obtained at 93,3%. Based on calculations that have been done, it has been obtained t0 = 3,42 and db = 70, then analyzed using significance level of 5%. With a value of t = 3,42 and db = 70 it is known that ts = 0,05 from db = 1,67 indicates t is greater than the ttabel (3,42 >1,67). From the results of the analysis it can be concluded that the result of the pre-test and post-test on learning to compose simple Chinese sentences using the cooperative learning method type Student Team Learning (STL) there are significant differences. This the application of the Student Team Learning (STL) type of cooperative learning methods has been shown to have a significant positive effect on compiling simple sentences in Mandarin. The result of the questionaire analysis of student responses totaling 9 positive statements are advantages of the cooperative learning method type Student Team Learning (STL) has been scored with a percentage of 81%-100% “very good” totaling 5 and a value with a percentage of 61%-80% “very good” amounted to 4. So it can be seen that the cooperative learning method type Student Team Learning) get a positive response from students.

Keywords : Cooperative Learning Method Type Student Team Learning (STL), Composing Simplified Chinese Sentences.

Published
2020-04-06
How to Cite
NADZIFAH, H., & WIBISONO, G. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM LEARNING (STL) DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/32584
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 16