PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI MIPA SMA NU 1 GRESIK

  • DITTA YULINDA
  • MIFTACHUL AMRI

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran; Scramble; Menyusun Karangan Sederhana

Abstrak

Kesulitan yang dialami oleh peserta didik kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik dalam pembelajaran bahasa Mandarin ialah menyusun karangan sederhana. Hal ini terjadi dikarenakan peserta didik kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik lebih senang ketika diajari materi yang berhubungan dengan berbicara daripada materi yang berhubungan dengan menulis. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan, pengaruh penggunaan serta respon siswa dalam menggunakan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pemilihan sampel, peneliti memilihnya secara acak menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Dengan jumlah siswa di setiap kelas sebanyak 27 orang.

Hasil observasi guru pada pertemuan pertama di kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 81,25%, pada pertemuan kedua sebesar 93,57% kemudian hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 67% sedangkan pada pertemuan kedua sebesar 88,6%. Hasil observasi guru di pertemuan pertama dan kedua dan hasil observasi aktivitas peserta didik di pertemuan pertama dan kedua berdasarkan skala Likert masuk dalam kriteria “sangat baik”.

Kemudian data dari hasil tes pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran scramble diperoleh nilai rata-rata hasil pretest sebesar 44, dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 87,5 dengan kenaikan sebesar 43,4%. Sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil pretest sebesar 41, dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 63,4 dengan kenaikan sebesar 23,4%. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh hasil sebesar 1,67, hal ini membuktikan bahwa t0 lebih besar dari tα (7,9>1,67). Maka H1 diterima dan 𝐻0 ditolak yang berarti model pembelajaran scramble memiliki pengaruh dalam kemampuan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin.

Berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran scramble diperoleh hasil berada dalam rentang 74%- 89% yang berarti penggunaan model pembelajaran scramble mendapat respon yang sangat baik dari siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap kemampuan menyusun karangan sederhana bahasa Mandarin siswa.


Keywords : Learning Model; Scramble; Simple Essay

Abstract

Difficulties experienced by students of class XI MIPA SMA NU 1 Gresik in learning Chinese is to compose a simple essay. This happens because the students of class XI MIPA SMA NU 1 Gresik prefer to be taught material related to speaking rather than material related to writing. To overcome these difficulties, researchers used a scramble learning model. This study aims to describe the application process, the effect of the use and response of students in using the scramble learning model to the ability to compose simple Chinese essays.

This research is an experimental research using a quantitative approach. In selecting samples, researchers chose them randomly using simple random sampling techniques and obtained class XI MIPA 6 as an experimental class and class XI MIPA 7 as a control class. With a total of 27 students in each class.

The results of teacher observation at the first meeting in the experimental class obtained a percentage of 81.25%, at the second meeting of 93.57% then the results of observations of student activity at the first meeting amounted to 67% while at the second meeting amounted to 88.6%. The results of teacher observations in the first and second meetings and observations of students activities in the first and second meetings based on a Likert scale are included in the "very good" criteria.

Then the data from the results of learning tests using the scramble learning model obtained an average value of pretest results of 44, and the average value of posttest results of 87.5 with an increase of 43.4%. While in the control class the average value of the pretest results was 41, and the average posttest score was 63.4 with an increase of 23.4%. From the t-test results obtained by 1.67, this proves that t0 is greater than tα (7.9> 1.67). Then H1 is accepted and ditolak0 is rejected, which means the scramble learning model has an influence in the ability to compose simple Chinese essays.

Based on the analysis of questionnaire data the students responses to the use of scramble learning models obtained results in the range of 74% - 89% which means the use of scramble learning models gets very good responses from students. Thus it can be concluded that the scramble learning model influences the ability to compose students simple Chinese essays.

Published
2020-05-11
How to Cite
YULINDA, D., & AMRI, M. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI MIPA SMA NU 1 GRESIK. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/33287
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 28