PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBAHASA MANDARIN TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARI SISWA KELAS X PERHOTELAN SMK 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

  • NUR EMA ROHMAWATI
  • GALIH WIBISONO

Abstract

Kata Kunci : Media Komik, Keterampilan Membaca Pemahaman

Abstrak

Penelitian ini membahas penggunaan media komik berbahasa Mandarin terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X perhotelan SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media komik berbahasa Mandarin terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Mandarin, mendeskripsikan pengaruh penggunaan media komik berbahasa Mandarin terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Mandarin, mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media komik berbahasa terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Mandarin siswa kelas X SMK 17 Agustus 1945 Surabaya.

Jenis penelitian yaitu metode eksperimental dengan pendekatan true eksperimental design dan menggunakan model pretest posttest control group design. Data yang digunakan yaitu hasil pretest dan posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, teknik observasi, teknik tes, dan teknik angket. Setelah diperoleh data observasi dan angket respon siswa dianalisis menggunakan teknik presentase, sedangkan data tes pretest dan posttest dianalisis menggunakan rumus t-test.

Hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut : (1) proses pembelajaran menggunakan media komik berbasa Mandarin terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Mandarin berjalan dengan baik. Dari hasil observasi guru pada kelas eksperimen diperoleh 81,66% pada pertemuan pertama, dan 82,81% pada pertemuan kedua. hasil observasi kegiatan belajar siswa kelas eksperimen diperoleh 80% pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua diperoleh 87,5%. Dengan demikian penggunaan media komik berbahasa Mandarin berjalan dengan sangat baik dalam proses pembelajaran. (2) Pada analisis data pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh hasil = 2,355 dengan selanjutnya dikonfirmasi kedalam tabel taraf signifikansi 5% diperoleh = 1,676. Hasil lebih besar dari yaitu 2,355 > 1,676. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media komik berbahasa Mandarin dengan siswa kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. (3) berdasarkan analisis data angket respon siswa penggunaan media komik berbahasa Mandarin diperoleh hasil berada dalam rentang 79,80%- 88,46% dan mendapat respon yang sangat baik dari siswa. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan komik berbahasa Mandarin berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa bahasa Mandarin.

Kata Kunci: komik bahasa mandarin, membaca pemahaman


Keywords : Comic Media, Reading Comprehension Skills

This research discusses The influence of the use of Mandarin comic media on skills reading the understanding of Mandarin languange students X class hospitally of SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. The purpose of this study was to explain the use of Chinese comic media on process of learning to read the understanding of Mandarin students. Explain the effect of using Chinese comic media, and explain students responses to the use of Chinese comic media on skill reading the understanding of Mandarin languange student X class hospitally of SMK 17 Agustus 1945 Surabaya.

This type of research is an experimental method with a true experimental design approach and uses a pretest posttest control group design model. The data used are the results of the pretest and posttest of the control class and the experimental class. Researchers used three data collection techniques namely, observation techniques, test techniques, and questionnaire techniques.

From the observations of teachers in the experimental class obtained 81.66% at the first meeting, and 82.81% at the second meeting. The results of observations of the learning activities of the experimental class students were obtained 80% at the first meeting and at the second meeting obtained 87.5%. Thus the use of Chinese comic media runs very well in the learning process. (2) In this analysis of the pretest and posttest data when control class and the experimental class the results obtained t0 = 2.355 with d_ (b =) 50 then confirmed into a table of 5% significance level obtained t_table = 1.676. The results of 〖t 〗_calculations are greater than t_table, which is 2.355> 1.676. Thus, it can be concluded that there is a difference between the experimental class that was treated. (3) based on the analysis of student questionnaire data responses the use of Chinese comic media obtained results in the range of 79.80% - 88.46% and got a very good response from students. Thus it is evident that the use of Chinese comics influences reading comprehension skills of Mandarin students.

Keywords: Comic Media, Reading Comprehension Skills

Published
2020-05-12
How to Cite
EMA ROHMAWATI, N., & WIBISONO, G. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBAHASA MANDARIN TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARI SISWA KELAS X PERHOTELAN SMK 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/33303
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 184