Pengaruh Penggunaan MediaaPapan Kantonggterhadap Kemampuan MenyusunnKalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X APK SMKnPGRI 133Surabaya TP 2019/2020

  • NITHA MAYASARI
  • MIFTACHUL AMRI

Abstract

Abstrak

Bahasammerupakan bagianndari aktivitaskkomunikasi. Tanpamadanyaabahasa, komunikasi tidakddapat terjalinmsecaraooptimal. Dalammmempelajari sebuahbbahasa tentummemiliki poin-poin acuanppembelajaranntertentu, dan itu bisaakita dapatkanmmelalui pendidikannformal dissekolah, dengan adanyaapembelajaran dippendidikan formal, akan terciptanya pembelajaran yangglebih menarikkdan inisiatif, salahmsatunya dengan penggunaan media. Penggunaan media tersebutddigunakanddalam pembelajarangguna membantu kesulitan siswa dalam mempelajari bahasa, terutamabbahasa asing seperti bahasa Mandarin.

Tujuan penelitian ini adalah memeroleh deskripsi tentang bagaiman penggunaan media papan kantong dalam proses pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin, bagaimana pengaruh penggunaan media papan kantong dalam proses pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin, serta bagaimana respon siswa terhdap penggunaan media papan kantong dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru dan observasi siswa elas eksperimen pertemuan pertama dan kedua mendapatkan persentase lebih dari 60%.. Pre-test dan post-test siswa menunjukkan pengaruh positif yang dapat dilihat pada hasil 7,4 ≥ = 2,003 yang berarti ditolak dan diterima. Serta hasil angket respon siswa terhadap penggunaan media papan kantong menunjukkan bahwa media papan kantong merupakan media yang dapat memotivasi siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin.

Kata Kunci: Kalimat Sederhana, Bahasa Mandarin, Media Pembelajaran, Papan Kantong.

Abstract

Language is a part of communication. Without language, communication can not work optimally. In learning language, there’s some points will become a standart, and we can learn that points from school. Learning in formal education, makes learning more intersetig and initiative using learning media. Learning media can help students to more eaiser to study language, especially Mandarin.

The purpose of this research is to prove the descriptions of the application of pocket chart as a learning method to the students’ ability in making simple Mandarin sentences, the infuence of the using pocket chart to the ability in making simple Mandarin sentence, and the respone of students using pocket chart to the ability in making simple Mandarin sentence.

The result show that activities of experimental class for observation teacher activities and observation student activites in the first and second meeting and respectively is more than 60%. Pre-test dan post-test shows that pocket chart media have positive effect, proven from the results 7,4 ≥ = 2,003 that means rejected and be accepted. Then the questionnaires of students responses to the use pocket chart media shows good that students motivate by the media.

Keywords: Simple Sentence, Mandarin, Learning Media, Pocket Chart.


Published
2020-05-26
How to Cite
MAYASARI, N., & AMRI, M. (2020). Pengaruh Penggunaan MediaaPapan Kantonggterhadap Kemampuan MenyusunnKalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X APK SMKnPGRI 133Surabaya TP 2019/2020. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/33634
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 39