PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 LAMONGAN
Abstract
Abstrak
Rasa minat dan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin masih kurang dan tidak mengetahui tata bahasa Mandarin yang baik dan benar. Oleh karena itu, agar siswa tidak monoton dan bosan dalam mempelajari menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen. Instrumen yang digunakan, yaitu: lembar observasi, lembar soal pre-test dan post-test, lembar angket respon siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji t-score dan diukur menggunakan uji hipotesis. Jadi dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin menggunakan model pembelajaran kooperaif tipe Talking Stick sangat kuat. Pada saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick siswa sangat aktif dan cenderung ingin mendapatkan giliran untuk menjawab pertanyaan. Model pebelajaran kooperatif tipe Talking Stick memiliki dampak positif bagi siswa untuk meningkatkan rasa ingin belajar bahasa Mandarin dan meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick, Kalimat Sederhana
Abstract
Students interest and ability in composing simple chinese sentences is still lacking and does not know good and correct chinese grammar. Therefore, so that students are not monotonous and bored in learning to compose simple Mandarin sentences the researcher applies the cooperative learning model of the Talking Stick type to the ability to compose simple chinese sentences in students. This study aims to describe the use of the Talking Stick type cooperative learning model, describe the effectiveness of the Talking Stick type cooperative learning model and describe students responses to the use of the Talking Stick type cooperative learning model in compiling simple chinese sentences. In this research the method used is experiment. The instruments used were observation sheets, pre-test and post-test question sheets, student questionnaire responses sheets. Analysis of the data used is the t-score test and measured using a hypothesis test. So it can be concluded that the learning process of composing simple chinese sentences using the cooperative learning model type Talking Stick is very powerful. When the Talking Stick type cooperative learning model is applied, students are very active and tend to want to get their turn to answer questions. The Talking Stick cooperative learning model has a positive impact on students to increase their desire to learn chinese and improve their ability to form simple Chinese sentences.
Keywords: Cooperative Learning Model, Talking Stick, Simple SentencesDownloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

