Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dalam Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI-IPA SMA Dharma Wanita Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020

  • Munasiroh Hidayatul Umah
  • Urip Zaenal Fanani

Abstract

Abstrak

Penelitian pembelajaran kooperatif tipe Script merupakan metode yang dilakukan dengan cara siswa membentuk kelompok secara berpasangan lalu guru memberikan wacana/teks, guru dan siswa menetapkan siapa yang berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI-IPA SMA Dharma Wanita Suarabaya Tahun ajaran 2019/2020 karena peneliti menemukan kurangnya kemampuan siswa dalam bercerita bahasa Mandarin. Kesulitan yang dialami siswa diantaranya yaitu kesulitan dalam pengucapan bahasa Mandarin karena terdapat nada yang harus dilafalkan dengan tepat. Selanjutnya, siswa hanya aktif berdiskusi tetapi malu apabila mempersentasikan atau menceritakan hasil diskusinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  mendeskripsikan proses metode pembelajaran kooperatif tipe Script, pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Script, dan respon siswa terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe Script dalam keterampilan menceritakan kembali teks bahasa Mandarin siswa kelas XI-IPA Dharma Wanita Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif yang menerapkan True Experimental Design dengan jenis Prestest Posttest Control Group Design.

Hasil observasi aktivitas guru pertemuan pertama pada kelas eksperimen memperoleh persentase sebasar 81,8%, pertemuan kedua memperoleh persentase sebesar 88,3%, dan pertemuan ketiga memperoleh persentase sebesar 92,7%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada kelas eksperimen pada pertemuan pertama memperoleh persentase sebesar 86,6%, pertemuan kedua memperoleh persentase sebesar 93,3%, dan pertemuan ketiga memperoleh persentase sebesar 97,1%. Dari hasil data observasi yang telah dianalisa menunjukan adanya peningkatan persentase dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir. Beradasarkan perhitungan pretest dan posttest pada kelas kontrol dan eksperimen,diperoleh t0 sebesar 3,48 dan db sebesar 71. Selanjutnya menganalisis data tersebut menggunakan taraf signifikansi sebesar 5% dengan derajat kebebasan 71, maka diperoleh = 1,94. Hasil lebih besar yaitu 3,48>1,94. Hasil analisis angket respon siswa berjumlah 10 butir pernyataan mendapakan respon positif, seluruhnya telah diperoleh dengan nilai persentase 81%-100% “sangat baik”. Dari hasil analisis tersebut menunjukan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Script memberikan pengaruh dan respon positif dalam keterampilan menceritakan kembali teks bahasa Mandarin.

 

 

Kata Kunci : Metode Kooperatif Script, Menceritakan kembali teks bahasa Mandarin.

 

 

                                                                                                                                 

Abstract

The research named Script type cooperative learning is a method carried out by students forming groups in pairs then the teacher gives a discourse or a text, the teacher and students decide who acts as the speaker and who acts as the listener. This research was conducted in XI science class of Dharma Wanita Surabaya’s High School 2019/2020 of academic because the researchers found a lack of students' ability to retell a story to Mandarin. Difficulties experienced by students include difficulties in pronunciation of Mandarin because there is a tone that must be pronounced correctly. The purpose of this study is to describe the process of Script type cooperative learning methods, the influence of the application of Script type cooperative learning methods, and the student responses to Script type cooperative learning methods in retelling skills of Mandarin XI-science class at Dharma Wanita Surabaya’s High School. The research is included in a quantitative descriptive study that applies True Experimental Design with the type of Pre-test Post-test Control Group Design.

The results of observations of the teacher activity for the first meet in the experimental class gained a 81.8% of percentage, the second meet obtained a percentage of 88.3%, and the third meet obtained a percentage of 92.7%. While the results of observation of student activity in the experimental class at the first meeting obtained a percentage of 86.6%, the second meeting obtained a percentage of 93.3%, and at the last meeting obtained a percentage of 97.1%. From the results of observation data that has been analyzed shows an increase in the percentage from the first meeting to the last meeting. Based on the pre-test and post-test calculations in the control and experimental class, obtained t0 of 3.48 and db of 71. Furthermore, analyzing the data using a significance level of 5% with a degree of freedom of 71, then obtained = 1.94. the result 3.48> 1.94 which is bigger than before. The results of the questionnaire analysis of student responses totaling 10 statements received positive responses, all of which have been obtained with a percentage value of 81% -100% "very good". From the results of the analysis show that Script type cooperative learning methods provide positive influence and response in retelling skills in Mandarin.

 

Keywords: Cooperative Learning Method Type Script,    Retelling In Mandarin

 

Author Biography

Urip Zaenal Fanani



Published
2020-12-11
How to Cite
Umah, M., & Fanani, U. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dalam Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI-IPA SMA Dharma Wanita Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/37075
Section
Articles
Abstract Views: 245
PDF Downloads: 73