Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo

  • Shinta Widya Putri Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Mintowati , M.Pd. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitianxini membahas pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap
kemampuanxmenyusun kalimatxsederhana bahasaxMandarin pada siswaxkelas XxSMA Hang Tuah
2xSidoarjo. Tujuancxpenelitian ini untukxmendeskripsikanxtentang (1) prosesxpenerapan metode
pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaranxmenyusun kalimat sederhana bahasaxMandarin pada
siswaxkelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, (2) pengaruhxpenerapan metode pembelajaran tutor sebaya
terhadapxkemampuan menyusun kalimat sederhana bahasaxMandarin pada siswaxkelas X SMA Hang
Tuah 2 Sidoarjo, dan (3) responx siswa kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo terhadap penerapan metode
pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran menyusun kalimat sederhana bahasaxMandarin.
Penelitianxeksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain true experimental design
(desain eksperimen murni) dalam bentuk pre-test post-test control group design. Teknikxdan
instrumenxpengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik tesxpre-test post-test,
dan teknikxangket. Dataxobservasi dan data angketxrespon dianalisis menggunakan teknikxpersentase,
sedangkan data tes dianalisis dengan rumus uji t-test.
Setelah dilakukan analisis, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Proses penerapan metode
pembelajaran tutor sebaya berjalan baik. Hasil observasi aktivitas guru mendapat persentase sebesar 90%.
Hasil observasi aktivitas siswa mendapat persentase sebesar 93,75%. (2) Metode pembelajaran tutor sebaya
memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Hasil
analisis data pre-test dan post-test diperoleh hasil uji t-signifikasi dengan t-test = 3,39 dan db = 68.
Berdasarkan table taraf 5% (0,05) = 1,67, hal ini menunjukkan nilai t-test lebih besar daripada t-tabel (3,39
> 1,67). (3) Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya mendapatkan respon yang baik dari siswa. Hasil
analisis angket respon siswa yang terdiri atas sepuluh butir pernyataan menghasilkan rentang persentase
antara 61%-100%.
Kata Kunci : metode tutor sebaya, menyusun kalimat sederhana.
Abstract
Thisxresearch discusses thexapplication of peer teaching method use on thexability to
composexsimple Mandarinxsentences for grade X students SMA Hang Tuah 2xSidoarjo.xThe purpose of
this study is to describe the use of (1) the process of applying peer teaching method use on thexability in
learning to composexsimple Mandarinxsentences for grade X students ofxSMA Hang Tuah 2xSidoarjo, (2)
thexeffect of applying of applying peer teaching method use on thexability in learning toxcompose simple
Chinesexsentences for gradexX students of SMA Hang Tuah 2xSidoarjo, and (3) thexresponses of
gradexX students from SMA Hang Tuah 2xSidoarjo to the implementation peer teaching method use on
thexability in learning to composexsimple Chinesexsentences. This experimental research uses a
quantitative approach with a true experimental design in the form of a pre-test post-test control group
design. Thexresearch data collectionxtechniques and instrumentsxused observation, thex pre-test post-test
testxtechnique, and the questionnairextechnique. Observationxdata and questionnairexresponse data
werexanalyzed using percentagextechniques, while testxdata were analyzedxusing the t-test.
Afterxanalysis, Thexfollowing results arexobtained: (1) Thexprocess of applying peer teaching
method use on thexability is goingxwell. Thexresults of teacher activitiesxobservations get a 90%
percentage. Thexresults of student activitiesxobservations get a 93,75% percentage. (2) Peer teaching
method use on thexability have a positivexinfluence on the student’s ability to compose simple
Chinesexsentences. Thexresults of the pre-test and post-test data analysisxobtained the results of the ttestxsignificance with t-test = 3,39 and db = 68. Based on a table of 5% (0,05) = 0,67, this shows that the ttest value is greater than t-table (3,39 > 1,67). (3) Thexapplication of peer teaching method use on
thexability get goodxresponses from students. The results of the student response questionnaire analysis
consisting of ten statements resulted in a percentage range between 61% -100%.
Keywords: Peer Teaching, learning method, composing sentences.

Published
2020-06-03
How to Cite
Putri, S., & , M.Pd., D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/39479
Section
Articles
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 67