ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN KONSONAN BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA KELAS 2019A PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNESA

  • Desti Yanti Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Unesa
  • Subandi Subandi Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Unesa

Abstract

Abstrak
Bahasa Mandarin memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan maupun
dunia kerja karena sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk
mengikuti perkembangan di jaman globalisasi yang terjadi saat ini. Bahasa
Mandarin cukup sulit dipelajari karena, terdapat perbedaan dalam penulisan
huruf dan pelafalan yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Oleh karena itu
tidak jarang pembelajar banyak melakukan kesalahan pada pelafalan bahasa
Mandarin. Begitu juga dengan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
Mandarin Unesa kelas 2019A yang dijadikan sebagai subjek penelitian
masih ditemukan kesalahan pelafalan pada jenis konsosan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bentuk kesalahan
pelafalan huruf konsonan pada bahasa Mandarin serta faktor-faktor yang
menjadi penyebab terjadinya kesalahan pelafalan konsonan bahasa
Mandarin. Penelitian ini menggunakan pendekatn dan metode deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
wawancara kepada 40 subjek peneliti dengan teks bacaan yang telah dibuat
sebagai bagian dari instrumen penelitian, dimana subjek penelitian diminta
untuk membacakan teks tersebut menggunakan audio rekaman yang
kemudian akan dianalisis oleh peneliti sebagai hasil penelitian. Berdasarkan
hasil analisis penelitian maka terdapat 48 data kesalahan. Sebagai contoh
kesalahan yang dilakukan oleh subjek peneliti adalah dalam pelafalan kosa
kata 笔记本 (bǐjìběn). Kesalahan terjadi pada huruf konsonan b, subjek
peneliti melafalkan dengan ”phijiben”. Seharusnya pelafalan yang benar
adalah “pijiben”. Konsonan b dibaca p, tanpa adanya hembusan udara yang
keluar. Faktor yang mempengaruhi terjadi nya kesalahan ialah teknik dalam
Analisis Kesalahan Pelafalan Konsonan Bahasa Mandarin Pada Mahasiswa
Kelas 2019A Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
2
pelafalan bahasa Mandarin, pengaruh bahasa ibu, kondisi psikologis yang
membuat pengucapan menjadi kaku atau gugup, dan sulitnya penyesuaian
pengucapan.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Pelafalan, Konsonan
Abstract
Mandarin has an important role in the world of education and the world of
work because it has become an important requirement to keep up with
developments in the current era of globalization. Mandarin is quite difficult
to learn because, there are differences in the writing of letters and different
pronunciations from Indonesian. Therefore, it is not uncommon for students
to make mistakes in Chinese pronunciation. Likewise, students of the Unesa
Mandarin Language Education Study Program class 2019A who were used
as research subjects still found pronunciation errors in the type of
consonants. This study aims to analyze and describe the form of consonant
pronunciation errors in Chinese and the factors that cause Chinese consonant
pronunciation errors. This study uses a qualitative descriptive approach and
method. The data collection technique in this study used interviews with 40
research subjects with reading texts that had been made as part of the
research instrument, where the research subjects were asked to read out the
text using audio recordings which would then be analyzed by the researchers
as a result of the study. Based on the results of the research analysis, there
are 48 data errors. For example, the mistakes made by the research subjects
were in the pronunciation of the vocabulary 笔 记本 (bǐjìběn). The error
occurred in the consonant b, the research subject pronounced "phijiben". The
correct pronunciation should be "pijiben". the consonant b is read as p,
without any air blowing out. Factors that influence the occurrence of errors
are techniques in Chinese pronunciation, the influence of the mother tongue,
psychological conditions that make pronunciation stiff or nervous, and
difficulty in adjusting pronunciation.
Keywords: Error Analysis, Pronunciation, Consonant

Author Biography

Desti Yanti, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Unesa



Published
2020-06-03
How to Cite
Yanti, D., & Subandi, S. (2020). ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN KONSONAN BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA KELAS 2019A PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNESA. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/45057
Section
Articles
Abstract Views: 177
PDF Downloads: 457