ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA STATUS MEDIA SOSIAL SOUL (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

  • Cahya Piningrum Nur Kusuma Wardhani Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Galih Wibisono Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Abstract

Abstrak

Internet menjadi sarana terhubungnya orang-orang di seluruh dunia. Orang dari berbagai belahan dunia dapat berkomunikasi melalui sosial media. Untuk terhubung dengan orang-orang digunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh penutur dan lawan bicara. Hal ini berkaitan dengan penggunaan bahasa di internet mengubah kehidupan sosial manusia yang menarik untuk diteliti. Bidang ilmu yang membahas fenomena bahasa dan sosial kemasyarakatan adalah sosiolinguistik (Nababan 1987 :2).

Adanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi dan wujud alih kode dan campur kode dalam status pengguna di salah satu media sosial Tiongkok, Soul. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik sadap dan simak, libat, cakap dan catat . Adapun dalam teknik analisis data menggunakan metode agih

Hasil penelitian ini ditemukan adanya wujud, faktor, dan fungsi dari alih kode dan campur kode berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan dipilah. Penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Mandarin dalam alih kode dan campur kode pada data adalah dominan penggunaan campur kode yang digunakan dan muncul dalam wujud kata.

Kata Kunci : alih kode, campur kode, soul

Abstract

The Internet is becoming a means of connecting people all over the world. People from different parts of the world can communicate through social media. Social media has one of its functions to connect with people using a language understandable to speakers and interlocutors. It is related to speech on the Internet changing human social life, which is interesting to research. The field of science that discusses the phenomenon of language and colonial society is sociolinguistic (Nababan 1987: 2).

The study describes the function and form of code transfer and code mix in user status on one of China's social media, Soul. This research includes as descriptive research. The methods in this study use the technique of sadap and listen, libat, cakap and record. As for the data analysis technique using the agih method.

The results of this study found the form, factors, and functions of the transfer of code and code mix based on data that has been collected and sorted. The use of English and Mandarin in the transfer of code and mix code in data is the dominant use of mixed code that appears in the form of a word.

Published
2020-06-03
How to Cite
Wardhani, C., & Wibisono, G. (2020). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA STATUS MEDIA SOSIAL SOUL (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/45428
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 160