Analisis Kontrastif Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Karya Penyanyi Lu Han 《鹿晗》(lù hán) dan Lirik Lagu Penyanyi Tulus

  • Afifia Ihza Arlina Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Miftachul Amri Pendidikan Bahasa Mandarin

Abstract

Abstrak

 

Gaya bahasa dikenal dengan istilah style merupakan keterampilan dan ilmu dalam menulis kata dengan indah. Gaya bahasa dapat ditemukan di dalam bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia gaya bahasa retoris dan kiasan termasuk jenis gaya bahasa makna tidak langsung.Gaya bahasa berperan besar pada keindahan dalam suatu karya sastra salah satunya lirik lagu. Analisis kontrastif (Contrastive Analysis) merupakan sebuah prosedur yang dimanfaatkan guna menemukan perbedaan pada bahasa utama (B1) ke bahasa target (B2). Perbedaan bahasa memiliki pengaruh pada penggunaan gaya dan makna bahasa pada lirik lagu. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menemukan persamaan dan perbedaan yang terkandung pada lirik lagu pada penyanyi Lu Han鹿晗  (lù hán) pada mini album 《π-volume.3》dan《π-volume.4》dan penyanyi Tulus pada album Manusia dengan analisis kontrastif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika dan hasil data berupa uraian. Pengumpulan data penelitian dengan teknik simak libat cakap dan catat. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan ditemukan persamaan yang ditemukan ada sebanyak 3 macam yakni personifikasi, metafora dan hiperbol. Perbedaan gaya bahasa sebanyak 7 macam yakni paralelisme, aliterasi, ironi, tautologi, erotosis, simile dan sarkasme dalam lirik lagu milik Lu Han鹿晗  (lù hán) dan Tulus. Persamaan gaya bahasa yang paling sering ditemukan adalah hiperbol dari lirik berbahasa Mandarin dan bahasa Indonesia. Perbedaan gaya bahasa yang ditemukan pada lirik lagu bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia disebabkan oleh kurang beragamnya macam gaya retoris dan kiasan gaya bahasa dalam bahasa Mandarin.   

Kata kunci: gaya bahasa, lirik lagu, persamaan, perbedaan

Abstract

Style language known as style is a skill and science in writing words beautifully. The language style can be found in Mandarin and Indonesian. In Indonesian style rhetorical language and metaphor includes the type of style of meaning language. The language style of a great role in a literary work one of them song lyrics. Contractive analysis is an useful procedure to find a difference in the main language (B1) to target language (B2). The difference of language has influence on the use of style and meaning of language on the lyrics of song. The purpose of this research is to find the similarities and differences contained in the lyrics of the song on the singer Lu Han 鹿晗  (lù hán) on the mini album of 《π-volume.3》and《π-volume.4》and Tulus singer on album Manusia with contrastive analysis. This research is a quality description with stilistic approaches and data results of description. Research data collection with techniques listened and noted. Based on the results of analysis being found in the equation that were found in the equation of three of the individuals, metaphors and hyperbol. The difference of a 7th-style variety of parallelism, aliteration, irony, ethosis, simile and sarcasm in the lyrics of Lu Han1 (lù hán) and sincere. The common language equation is the hyperbole of the Mandarin language lyrics and Indonesian. The difference of a language difference found on the lyrics of Chinese and Indonesian songs caused by less rhetorical style and metaphor in Mandarin.

Keywords: language style, lyrics, equations, different

Published
2020-06-03
How to Cite
Arlina, A., & Amri, M. (2020). Analisis Kontrastif Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Karya Penyanyi Lu Han 《鹿晗》(lù hán) dan Lirik Lagu Penyanyi Tulus. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/47151
Section
Articles
Abstract Views: 197
PDF Downloads: 170