Kesalahan Penggunaan Kata Ganti Orang 我们 (wǒmen) dan 咱们 (zánmen) pada mahasiswa angakatan 2019 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya

  • Titis Pawestri Winasis Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Subandi Subandi Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Abstract

Abstrak

Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang saat ini banyak sekali dipelajari oleh orang Indonesia. Sekolah-sekolah di Indonesia sudah menjadikan bahasa Mandarin sebagai mata pelajaran di sekolah. Masih banyak pembelajar bahasa Mandarin yang melakukan kesalahan dalam menggunakan kata ganti orang “我们” (wǒmen) dan ”咱们” (zánmen). Fokus pada penelitian ini ialah pada bentuk kesalahan penggunaan kata ganti orang “我们” (wǒmen) dan ”咱们” (zánmen) yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2019 Universitas Negeri Surabaya, serta faktor yang mempengaruhi kesalahan penggunaan kata ganti orang “我们” (wǒmen) dan ”咱们” (zánmen) tersebut. Metode yang digunakan adalah deksriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa soal tes dan kuesioner.

Hasil penelitian diperoleh dari pembagian soal tes dan angket kuesioner. Soal tes terdiri dari tiga jenis soal yang dibedakan dengan kode soal A, B, C. Kesalahan dianalisis dengan menggunakan taksonomi siasat permukaan, yaitu taksonomi salah formasi dan taksonomi salah susun. Kesalahan paling banyak pada salah formasi kata “我们”(wǒmen). Kesalahan tersebut dipengaruhi oleh faktor kurangnya pemahaman teori bahasa penggunaan kata ganti orang “我们” (wǒmen) dan ”咱们” (zánmen), juga di pengaruhi oleh kurang adanya latihan baik lisan maupun tulis.

Kata kunci: Kesahahan berbahasa, Kata ganti, “我们”, “咱们”

Abstract

Mandarin is a language that is currently being studied by many Indonesians. Schools in Indonesia have made Mandarin as a subject at school. There are still many Chinese learners who make mistakes in using the personal pronouns “我们” (wǒmen) and “咱们” (zánmen). The focus of this research is on the forms of errors in the use of personal pronouns "我 们" (wǒmen) and "咱们" (zánmen) by students of class 2019 at the State University of Surabaya, as well as the factors that influence the incorrect use of personal pronouns "我们" (wǒmen). and the “咱们” (zánmen). The method used isdescriptive qualitative, using data collection techniques in the form of test questions and questionnaires.

The results obtained from the distribution of test questions and questionnaires. The test questions consist of three types of questions which are distinguished by code questions A, B, C. Errors are analyzed using a surface strategy taxonomy, namely the incorrect formation taxonomy and the incorrect stacking taxonomy. The most mistakes in the wrong formation of the word "我们"(wǒmen). The error was influenced by the lack of understanding of the theory of language use of the personal pronouns "我们" (wǒmen) and "咱们" (zánmen), also influenced by the lack of practice both oral and written.

Keywords: Error Analysis, pronouns, “我们”, “咱们”

Published
2020-06-03
How to Cite
Winasis, T., & Subandi, S. (2020). Kesalahan Penggunaan Kata Ganti Orang 我们 (wǒmen) dan 咱们 (zánmen) pada mahasiswa angakatan 2019 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/47155
Section
Articles
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 106