Kesalahan Penggunaan Preposisi 对 (duì) dan 向 (xiàng) Dalam Kalimat Bahasa Mandarin Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2019 Universitas Negeri Surabaya

  • Khoirotun Nisa’ Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Miftachul Amri Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Abstract

Abstrak

Dalam penggunaan bahasa Mandarin terdapat beberapa kosakata sinonim yang bermakna serupa namun penggunaannya berbeda. Salah satu contoh kosakata yang mempunyai makna serupa namun penggunaannya berbeda, yaitu 对 (duì) dan 向 (xiàng). Salah satu tantangan yang dihadapi oleh pembelajar bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya adalah penggunaan preposisi 对 (duì) dan 向 (xiàng) yang kurang tepat dalam sebuah kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk kesalahan serta mengetahui faktor penyebab kesalahan penggunaan preposisi 对 (duì) dan 向 (xiàng) dalam kalimat bahasa Mandarin yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2019 program studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya angkatan 2019 yang berjumlah 76 mahasiswa dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa tes dan angket kuesioner. Langkah-langkah teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: mengumpulkan sampel kesalahan, mengidentifikasi kesalahan, menerangkan kesalahan, mengklasifikasikan kesalahan dan mengevaluasi kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bentuk kesalahan berbahasa kategori siasat permukaan yaitu kesalahan formasi. Dari hasil keseluruhan bentuk kesalahan paling banyak adalah sebanyak 71,1% mahasiswa melakukan kesalahan penggunaan preposisi 对 (duì) dan sebanyak 65,8% terdapat kesalahan penggunaan preposisi 向 (xiàng). Faktor terjadinya kesalahan dikarenakan kurangnya perhatian saat pelajaran, tingkat pemahaman yang kurang terhadap penggunaan kata 对 (duì) dan 向 (xiàng) sehingga sulit membedakan penggunaan antara kata 对 (duì) dan 向 (xiàng) karena hampir memiliki makna yang sama.

Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, 对(duì), 向 (xiàng).

Abstract

In the use of Mandarin, there are several synonymous words that have similar meanings but are used differently. One example of a vocabulary that has the same meaning but is used differently is 对 (duì) and 向 (xiàng). One of the challenges faced by Mandarin learners at the State University of Surabaya is the inappropriate use of prepositions 对 (duì) and 向 (xiàng) in a sentence. The purpose of this study is to explain the form of errors and to find out the factors that cause errors in the use of prepositions 对 (duì) and 向 (xiàng) in Chinese sentences made by students of the 2019 class of Mandarin Language Education study program, State University of Surabaya. This study uses a qualitative research type with a qualitative descriptive approach. The data sources in this study were students of the 2019 State University of Surabaya Mandarin Language Education Study Program, totaling 76 students using data collection instruments in the form of tests and questionnaires. The steps of the data collection technique used, namely: collecting error samples, identifying errors, explaining errors, classifying errors and evaluating errors. The results of this study indicate that there is a form of language error in the surface strategy category, namely formation error. From the overall results, the most errors were as many as 71.1% of students made errors in the use of the preposition 对 (duì) and as many as 65.8% there were errors in the use of the preposition 向 (xiàng). Factors that occur are errors due to lack of attention during lessons, a lack of understanding of the use of the words 对 (duì) and 向 (xiàng) so it is difficult to distinguish the use of the words 对 (duì) and 向 (xiàng) because they almost have the same meaning.

Keywords: Language Error, 对 (duì), 向 (xiàng).

Published
2020-06-03
How to Cite
Nisa’, K., & Amri, M. (2020). Kesalahan Penggunaan Preposisi 对 (duì) dan 向 (xiàng) Dalam Kalimat Bahasa Mandarin Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2019 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/47498
Section
Articles
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 249