DAMPAK PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BAHASA MANDARIN SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA)

  • Ananda Wahyu Puspa Widuri Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Urip Zaenal Fanani Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan sektor terpenting dalam kehidupan. Setiap manusia sangat memerlukan dan bergantung dengan pendidikan, karena pendidikan dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi setiap individu. Selama masa darurat Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Undang- Undang Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pendidikan (Covid-19). Pada kondisi seperti ini pemerintah sangat menghimbau jika pembelajaran dilakukan menggunakan E- Learning, karena metode ini dianggap paling efektif selama Pandemi Covid-19. Menurut Hartanto(2016) pembelajaran menggunakan E-Learningmemiliki beberapa manfaat diantaranya kegiatan belajar mengajar akan semakin efisien dan efektif karena dapat dilakukan dimana saja, serta dapat melatih kreativitas baikbagi dosen maupun mahasiswa, selain itu dapatmemberikan tenaga pendidik dan peserta didikuntuk mengakses materi pembelajaran lebih.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi pada saat penerapan pembelajaran berbasis E-learning, dan dan hasil belajar mahasiswa selama menerapkan pembelajaran berbasis E-learning. Merujuk pada konsep motivasi menurut Compton Richard M.Ryan dan Edward L.Deci (2000:35) yang memberikanpendapat bahwa setiap Individu yang dapat termotivasi secara internal dapat menunjukkan kreativitas dan kesejahteraannya dibandingkan dengan individu yang termotivasi secara eksternal karena adanya insentif atau sebuah penghargaan. Motivasi Internal maupun Motivasi Eksternal memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakansemangat belajar yang sangat besar.

Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan metode Gaya Regulasi, yang disajikan secara kualitatif Deskriptif, dan dalam pengumpulan data peneliti memakai kuesioner campuran serta mealakukan observasi secara terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan Pada era pandemi seperti sekarang ini, juga menuntut Mahasiswa untuk lebih aktif dalam mencari dan memahami materi – materi yang telah di jelaskan oleh dosen secara mandiri. Pembelajaran berbasis E-Learning pun memberikan dampak positif dan negatif yang sangat signifikan seperti Selama diterapkannya Pembelajaran E-Learning Via daring 50% mahasiswa yang berpendapat jika pembelajaran Via daring kurang efektifdikerenakan adanya kendala sinyal yang seringhilang, pemakaian kuota yang terlalu besar, Mahasiswa cenderung mudah lelah dan bosan dikarenakan terlalu sering menatap layar komputer atau Handphone , kurangnya interaksi mahasiswa dan dosen serta sering sekali kehilangan fokus. Disisi lain peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran E-Learning Sangat berpengaruh besar terhadap Faktor Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Sebanyak 80% Mahasiswa merasa jika Hasil Belajar menggunakan E-Learning Sudah Tercapai dan memuaskan, hal ini dikarenakan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarinangakatan 2019 Universitas Negeri Surabaya merasa bahawa Belajar menggunakan E- Learning dapat membantu mereka untuk mencari sumber informasi lebih dan luassehingga mereka dapat belajar lebih banyak.

Kata Kunci : E-Learning, Motivasi, Hasil Belajar, Pandemi Covid-19

Abstract

Education is the most important sector of life. Every human being is in dire need of and dependent on education, because education can have a huge impact on each individual. During the Covid-19 emergency, the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud) issued Law Number 4 of 2020 concerning Education (Covid-19). In conditions like this, the government strongly urges that learning be carried out using E-Learning, because this method is considered the most effective during the Covid-19 Pandemic. According to Hartanto (2016) learning using E-Learning has several benefits including teaching and learning activities that will be more efficient and effective because they can be done anywhere, and can train creativity for both lecturers and students, besides that it can provide educators and students to access more learning materials.

This study aims to determine the obstacles faced when implementing E-learning-based learning, and student learning outcomes during the application of E-learning-based learning. Refers to the concept of motivation according to Compton Richard M.Ryan and Edward L.Deci (2000:35) who gives the opinion that any Individual who can be motivated internally can show his creativity and well-being compared to an externally motivated individual due to the existence of an incentive or an award. Internal Motivation and External Motivation have a very important role to create a very large spirit of learning.

In this study, the researcher used the Regulatory Style method, which was studied qualitatively Descriptive, and in collecting data the researcher used a mixed questionnaire and made an open observation. The results of this study show that in the current pandemic era, it also requires students to be more active in finding and understanding the materials that have been explained by lecturers independently. E-Learning-based learning also has a very significant positive and negative impact, such as during the implementation of online E-Learning Learning 50% of students who think that online learning is less effective due to signal constraints that are often lost, quota usage is too large, students tend to get tired and bored easily because they stare at computer screens or mobile phones too often , lack of student and faculty interaction and frequent loss of focus. On the other hand, researchers can conclude that E-Learning learning has a major influence on Motivational Factors and Student Learning Outcomes. As many as 80% of students feel that learning outcomes using E-Learning have been achieved and satisfactory, this is because Chinese Language Education Students from 2019 Surabaya State University feel that Learning using E- Learning can help them to find more and wider sources of information so that they can learn more.

Keywords: E-Learning, Motivation, Learning Outcomes, Covid-19 Pandemic

Published
2020-06-03
How to Cite
Widuri, A., & Fanani, U. (2020). DAMPAK PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BAHASA MANDARIN SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA). Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/47804
Section
Articles
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 85