KESALAHAN PENGGUNAAN KATA“方式 fāngshì” dan “方法 fāngfǎ” PADA MAHASISWA ANGKATAN 2020 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Fitra Suryaning Wulan Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa
  • Miftachul Amri Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Abstract

ABSTRAK

Kesalahan berbahasa dalam proses belajar bahasa sering kali terjadi termasuk dalam bahasa mandarin. Dalam pembelajar bahasa Mandarin ditemui kesalahan penggunaan kata “方式 fāngshì” dan “方 法 fāngfǎ”, utamanya mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya angkatan 2020. Peneliti menganalisis jenis kesalahan dan penyebab kesalahan penggunaan kata “方式 fāngshì” Dan “方法 fāngfǎ” dalam kalimat bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa soal dan Kuesioner. Berdasarkan hasil analisis, kesalahan yang paling umum dilakukan mahasiswa angkatan 2020 ialah kategori kesalahan formasi dan susun. Kesalahan yang terbanyak yang terjadi yaitu kesalahan formasi sebanyak 59% dan kesalahan susun sebanyak 40%. Berdasarkan hasil analisis ditemukan kurangnya pemahaman materi, kurangnya latihan menggunakan kata“方式 fāngshì” Dan “方法 fāngfǎ”, kemudian pengaruh bahasa ibu (B1) yang menjadi faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut.

Kata kunci: Kesalahan berbahasa, 方式(fāngshì ),方法(fāngfǎ).

Abstract

Language errors in the language learning process often occur, including in Mandarin. In Mandarin language learners, there are errors or inaccuracies in the use of the words "方式 fāngshì" and "方法 fāngfǎ", especially students of the Mandarin Language Study Program, Universitas Negeri Surabaya batch 2020. Researchers analyzed the types of errors and the causes of the incorrect use of the words "方式 fāngshì" and "方法 fāngfǎ" in Chinese sentences. This study used a qualitative descriptive method with questions and questionnaires as data collection instruments. As a result of the research, the most common errors made by class 2020 students are the categories of formation and stacking errors. The most common errors that occur are formation errors of as much as 59% and stacking errors of as much as 40%. Based on the analysis, it was found that there was a lack of understanding of the material, a lack of practice using the words "方式 fāngshì" and "方法 fāngfǎ", and the influence of the mother tongue (B1) which was causing the errors.

Keywords: Language error, 方式(fāngshì ),方法(fāngfǎ).

Published
2020-06-03
How to Cite
Wulan, F., & Amri, M. (2020). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA“方式 fāngshì” dan “方法 fāngfǎ” PADA MAHASISWA ANGKATAN 2020 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/48107
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 0