PENGGUNAAN PERMAINAN AMPLOP MISTERI SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IBB SMA AL-ISLAM KRIAN

  • Austin Nur Fadillah Universitas Negeri Surabaya
  • Subandi Subandi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Saat ini penguasaan bahasa asing sangat dibutuhkan baik dalam dunia pendidikan maupun kerja. Salah satunya ialah penguasaan bahasa Mandarin. Penguasaan terhadap tata bahasa menjadi salah satu aspek yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa asing. Faktanya, masih terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami tata bahasa. Media pembelajaran salah satu solusi yang dapat membantu proses pembelajaran dengan mudah dan menyenangkan salah satunya ialah media permainan berupa amplop misteri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan permainan amplop misteri beserta pengaruhnya, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin dengan menggunakan permainan amplop misteri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model one group pre-test post-test design IBB SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Hasil observasi aktivitas pendidik pada pertemuan pertama dan kedua mendapatkan persentase sebesar 98,8%, sedangkan pada hasil observasi aktivitas peserta didik pada pertamuan pertama dan kedua mendapatkan persentase sebesar 90%. Jika nilai hasil analisis tersebut dilihat dari skala likert, hasil persentase pada pertemuan pertama dan kedua tersebut masuk ke dalam kriteria sangat kuat, yaitu berkisar 81%-100%. 2) hasil rata-rata nilai pre-test dan post-test yang didapatkan sebesar 33,33 dan 86,86. Setelah dianalisis melalui Paired Sample Test diperoleh (sig.2-tailed) = 0,00, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. 3) Hasil analisis dari angket respon peserta didik, nilai rata-rata yang didapatkan ialah sebesar 89,28% dan jika dilihat dari skala likert menunjukkan pengaruh yang positif. Kesimpulannya, bahwa penggunaan permainan amplop misteri memiliki pengaruh positif pada peserta didik kelas XI IBB SMA AL-ISLAM Krian. Kata Kunci : Media Permainan Amplop Misteri, Menyusun Kalimat Sederhana Abstract Currently, mastery of foreign languages is needed both in education and work. One of them is the mastery of Mandarin. Mastery of grammar is one of the aspects needed in foreign language learning. In fact, there are still students who have difficulty in understanding grammar. Learning media is one of the solutions that can help the learning process easily and fun, one of which is game media in the form of mystery envelopes. This study aims to describe the process of using the mystery envelope game along with its effects, and students' responses to learning the preparation of simple Chinese sentences using the mystery envelope game. This research uses quantitative research methods with a one group pre-test post-test design model IBB SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. Based on the results of data analysis, the following results were obtained: 1) The results of observations of educator activities at the first and second meetings received a percentage of 98.8%, while the results of observations of student activities at the first and second meetings received a percentage of 90%. If the value of the analysis results is seen from the Likert scale, the percentage results at the first and second meetings are included in the very strong criteria, which ranges from 81%-100%. 2) the average results of the pre-test and post-test scores obtained were 33.33 and 86.86. After being analyzed through Paired Sa Keywords : Mystery Envelope Game Media, Composing Simple Sentences
Published
2023-07-10
How to Cite
Fadillah, A., & Subandi, S. (2023). PENGGUNAAN PERMAINAN AMPLOP MISTERI SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IBB SMA AL-ISLAM KRIAN. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 94-106. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55308
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 41