Kesalahan Penggunaan Kosakata “你”nǐ dan “您”nín pada Peserta Didik Kelas 10 Akomodasi Perhotelan di SMK 17 Agustus 1945 Surabaya

  • Dewa Bagus Mahari Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Urip Zaenal Fanani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Bahasa mempunyai peranan penting pada kehidupan. Apabila bahasa tidak digunakan secara terstruktur dan terorganisasi dengan baik bisa saja menyebabkan kesalahan pada pemahaman informasi. Kesalahan pemahaman tersebut dapat menyebabkan terjadinya konflik antar individu maupun kelompok. Dalam bahasa Mandarin terdapat beberapa kosakata yang memiliki arti serupa namun berbeda. Sebagai contoh, penggunaan kosakata “你” nǐ (kamu) dan “您” nín (anda) sendiri memiliki perbedaan, walaupun arti dari kedua kosakata tersebut hampir serupa, yakni “kamu” dan “anda”. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode campuran mixed methods. Dimana artinya peneliti menggabungkan kedua metode antara metode kuantitatif dan kualitatif. Peneliti menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif, yang artinya peneliti menganalisis data yang kemudian diintegrasikan berupa temuan yang kemudian ditarik kesimpulan dari data tersebut. Peneliti mengambil sumber data dari soal tes dan kuisioner tentang penggunaan kosakata “你” nǐ (kamu) dan “您” nín (anda) yang telah diisi oleh peserta didik kelas 10 jurusan Akomodasi Perhotelan di SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. Yang selanjutnya peneliti deskripsikan bagaimana pemahaman, bentuk kesalahan dan faktor penyebab dari kesalahan tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kesalahan yang dilakukan peserta didik pada soal tes sebesar 49.80% dan masuk dalam kualifikasi kurang. Sebesar 42.11% peserta didik juga merasa kurang memahami penggunaan kosakata “你” nǐ (kamu) dan “您” nín (anda). Selanjutnya peneliti menemukan bentuk kesalahan yang dilakukan peserta didik pada kedua kode soal. Dan faktor yang menjadi penyebab kesalahan adalah kurangnya pengetahuan tentang penggunaan kosakata “你” nǐ dan “您” nín, dan kurangnya latihan pada penggunaan kosakata “你” nǐ (kamu) dan “您” nín (anda). Kata Kunci: “你”nǐ, “您”nín, Kesalahan, Kosakata Abstract Language has an important role in our life. If the languages are not used in a well-structured and well- organized can made a misunderstanding information. This misunderstanding can lead to make a conflict between individuals or even groups. In Mandarin there are several similar words but have different meanings. For example, the use of the words "你" nǐ and "您" nín. Themselves have differences, even though the meanings both of words are almost the same "you" and "you" (in honor). In this study, Researcher used mixed methods. Which means that Researcher combine both methods between quantitative and qualitative methods. The type of this research is a quantitative and qualitative descriptive, which means the researcher analyzes the data, and the data will be integrated findings to drawning conclusions from the data. Researcher took data sources from test and questionnaires about the use of vocabulary "你" nǐ and "您" nín which had been filled out by students in grade 10 majoring Hospitality Accommodation at SMK 17 August 1945 Surabaya. Then the researcher describes how the understanding of the students, forms of errors and the causing that error. The results obtained from this study are the errors made by students in the test questions of 49.80% and fall into less qualifications. 42.11% of students also felt they did not understand the use of the vocabulary "你" nǐ and "您" nín. Furthermore, the researcher found that the form of errors made by students in both types of question. And the factors that cause errors are the lack of knowledge about the use of the vocabulary "你" nǐ and "您" nín, and the lack of practice in using the vocabulary "你" nǐ and "您" nín. Keywords: “你”nǐ, “您”nín, Mistakes, Vocabularies
Published
2023-07-10
How to Cite
Saputra, D., & Fanani, U. (2023). Kesalahan Penggunaan Kosakata “你”nǐ dan “您”nín pada Peserta Didik Kelas 10 Akomodasi Perhotelan di SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 107-114. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55313
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 37