PENGEMBANGAN MEDIA 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI KELAS XI ULP SMK NEGERI 6 SURABAYA

  • Puteri Lestari Herliana Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Dalam mempelajari bahasa Mandarin, salah satu keterampilan yang umum dipelajari yaitu keterampilan menulis. Bahasa Mandarin memiliki keunikan tersendiri yang memungkinkan pembelajar bahasa Mandarin mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Untuk dapat membantu proses pembelajaran menulis hanzi, perlu dikembangkan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Produk yang dibuat atau dikembangkan ialah media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn). Pengembangan media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) dilakukan dengan mengikuti tahapan pengembangan pada model penelitian dan pengembangan milik Sugiyono. Proses pengembangan dibatasi pada tahap kelima yaitu tahap revisi desain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mendeskripsikan proses pengembangan media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) dan mendeskripsikan kevalidan materi serta kevalidan media dari media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn). Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah pedoman wawancara, lembar validasi materi, dan lembar validasi media. Berdasarkan hasil analisis data lembar validasi materi, media 彩虹字笔 顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) memperoleh persentase 80% dan dapat dikategorikan ke dalam kriteria valid. Hasil analisis data lembar validasi media memperoleh persentase 84% dan dapat dikategorikan ke dalam kriteria sangat valid. Rata-rata kevalidan materi dan kevalidan media yang diperoleh media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) sebesar 82% dan dapat dikategorikan ke dalam kriteria sangat valid. Hasil perhitungan penilaian yang diberikan oleh validator ahli materi dan validator ahli media menunjukkan bahwa media 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) dinyatakan sangat valid untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin khusunya pembelajaran menulis hanzi. Kata Kunci: media pembelajaran, pengembangan, 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn). Abstract Writing abilities are one of the common skills taught when learning Mandarin. Mandarin has its own uniqueness, which can cause difficulties for Mandarin learners when learning it. Learning media must be develop in order to aid in the process of learning to write Chinese characters. This research is called Research and Development (R&D). The product created or developed is 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) media. The development of 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) media was created by following the development stages of Sugiyono's research and development model. The development process is limited to the fifth stage, namely the design revision stage. This research aims to be able to describe the process of developing 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) media and describe the content validity and media validity of 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) media. The research instruments used in this research were interview guide, content validation sheets, and media validation sheets. Based on the results of the material validation sheet data analysis, 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) media obtained a percentage of 80% and can be categorized into valid criteria. The results of the media validation sheet data analysis obtained a percentage of 84% and can be categorized into very valid criteria. The average material validity and media validity obtained by 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) media is 82% and can be categorized into very valid criteria. The results of the assessment calculations given by the material expert validator and media expert validator show that the media 彩虹字 笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) is stated to be very valid to be used as a learning media that can support Mandarin learning activities, especially learning to write Chinese characters. Keywords: learning media, development, 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn).
Published
2023-07-10
How to Cite
Herliana, P., & Amri, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA 彩虹字笔顺 (Cǎihóng Zì Bǐshùn) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HANZI KELAS XI ULP SMK NEGERI 6 SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 115-120. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55506
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 35