KESALAHAN PELAFALAN INITIAL ㄅ B [p], ㄉ D [t], ㄊ T [t’], ㄍ G [k], ㄎ K [k’],ㄐ J [tç],ㄑ Q [tç’], ㄘ C [ţs’] PADA KATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 LAMONGAN

  • Farikhatul Mahmudah Universitas Negeri Surabaya
  • Urip Zaenal Fanani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Bahasa Mandarin memiliki peranan yang semakin penting dalam dunia pendidikan dan dunia kerja saat ini. Dalam menghadapi perkembangan globalisasi, kemampuan berbahasa Mandarin telah menjadi kebutuhan yang sangat relevan. Namun, mempelajari bahasa Mandarin sering dianggap sulit oleh banyak pembelajar, terutama karena perbedaan pelafalan antara bahasa Mandarin dengan bahasa Indonesia sehingga banyak terjadi kesalahan dalam melafalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab kesalahan pelafalan fonologi pelafalan initial ㄅ b [p], ㄉ d [t], ㄊ t [t’], ㄍ g [k], ㄎ k [k’],ㄐ j [tç],ㄑ q [tç’], ㄘ c [ţs’] pada kata bahasa Mandarin siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena data penelitian ini berupa kesalahan ujaran yang dilafalkan oleh siswa, sedangkan metode penelitian ini adalah metode deskriptif karena penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab kesalahan. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik sadap, bebas libat cakap, teknik catat dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan analisis bentuk kesalahan diperoleh hasil penelitian yaitu pada initial ㄅ b [p], kata yang mengalami kesalahan paling banyak adalah /bù/ dengan jumlah delapan siswa. Pada initial ㄉ d [t], kata yang mengalami kesalahan paling banyak adalah /dì/ dengan jumlah sepuluh siswa. Pada initial ㄊ t [t’], kata yang mengalami kesalahan paling banyak adalah /tīng/ dengan jumlah dua puluh empat siswa. Pada initial ㄍ g [k], kata yang mengalami kesalahan paling banyak adalah /gè/, /gēn/, /gēge/ dengan jumlah lima siswa. Pada initial ㄎ k [k’], kata yang mengalami kesalahan paling banyak adalah /kěndìng/ dengan jumlah tiga puluh siswa. Pada initial ㄐ j [tç], kata yang mengalami kesalahan paling banyak adalah /jǐ/ dengan jumlah delapan siswa. Pada initial ㄑ q [tç’], kata yang mengalami kesalahan paling banyak adalah /qù/ dengan jumlah tiga puluh tiga siswa. Pada initial ㄘ c [ţs’], kata yang mengalami kesalahan paling banyak adalah /cídiǎn/ dengan jumlah tiga puluh tiga siswa sedangkan faktor penyebabnya adalah faktor interferensi bahasa, faktor pengaruh lingkungan, faktor kurangnya praktik berbicara, faktor kurangnya pemahaman terhadap sistem fonologi bahasa mandarin. Kata Kunci: Kesalahan Pelafalan, Initial, Bahasa Mandarin Abstract Mandarin Chinese plays an increasingly important role in the fields of education and employment. With the advancement of globalization, proficiency in Mandarin has become a highly relevant requirement. However, learning Mandarin is often considered challenging by many learners, primarily due to the differences in pronunciation between Mandarin and Indonesian, resulting in frequent pronunciation errors. This research aims to describe the types and factors contributing to the errors in the phonological pronunciation of initial sounds: ㄅ b [p], ㄉ d [t], ㄊ t [t’], ㄍ g [k], ㄎ k [k’],ㄐ j [tç],ㄑ q [tç’], ㄘ c [ţs’] in Mandarin words among the 11th-grade students of Science and Mathematics Program 3 at SMA Negeri 1 Lamongan. This research is qualitative research because this research data is in the form of speech errors pronounced by students, while this research method is a descriptive method because this research aims to describe the forms and factors that cause errors. Data in this study were collected using tapping techniques, free involvement skills, recording techniques and analyzed with descriptive analysis techniques. Based on the analysis of the form of errors, it was found that in the initial ㄅ b [p], the word with the most errors was /bù/ with a total of eight students. In initial ㄉ d [t], the word with the most errors is /dì/ with a total of ten students. In the initial ㄊ t [t'], the word with the most errors was /tīng/ with a total of twenty-four students. In the initial ㄍ g [k], the word with the most errors was /gè/, /gēn/, /gēge/ with a total of five students. In the initial ㄎ k [k'], the word that has the most errors is /kěndìng/ with a total of thirty students. In the initial ㄐ j [tç], the word with the most errors is /jǐ/ with a total of eight students. In the initial ㄑ q [tç'], the word with the most errors is /qù/ with a total of thirty three students. In the initial ㄘ c [ţs'], the word that had the most errors was /cídiǎn/ with a total of thirty three students while the causative factors were language interference, environmental influences, lack of speaking practice, and lack of understanding of the Chinese phonological system. Keywords: Pronunciation Errors, Initial, Mandarin Language
Published
2023-07-10
How to Cite
Mahmudah, F., & Fanani, U. (2023). KESALAHAN PELAFALAN INITIAL ㄅ B [p], ㄉ D [t], ㄊ T [t’], ㄍ G [k], ㄎ K [k’],ㄐ J [tç],ㄑ Q [tç’], ㄘ C [ţs’] PADA KATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 181-191. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55708
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 9