Efektivitas Penerapan Permainan Blooket Mode Gold Quest terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Dharma Wanita Surabaya

  • Darul Faruq Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Media pembelajaran merupakan cara yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin yang membantu peserta didik memahami dan menghafal kosakata. Namun, terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran di SMA Dharma Wanita Surabaya, seperti kesulitan peserta didik dalam menghafal kosakata baru dan kurangnya interaktivitas dalam penggunaan PPT sebagai media pembelajaran. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi serta dapat menarik minat belajar peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan media permainan Blooket mode Gold Quest yang dapat memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan penerapan, pengaruh dan respon penggunaan media game Blooket mode Gold Quest dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Dharma Wanita Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan pendekatan True Experimental Design model Design Control Group Pre- test Post-test. Teknik sampel yang digunakan merupakan Simple Random Sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu hasil observasi pendidik dan peserta didik, nilai pre-test dan post-test peserta didik, serta hasil angket respon peserta didik kelas eksperimen. Hasil analisis observasi pendidik pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 92,64%, hasil analisis observasi peserta didik sebesar 91,07%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan media Blooket mode Gold Quest dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin memberikan pengaruh yang sangat baik. Berdasarkan hasil analisis nilai pre-test dan post-test dengan menerapkan rumus t-signifikansi diperoleh to =2,634 dan db sebesar 61, sehingga nilai ta = 0,05 sebesar 1,670 menunjukkan bahwa to lebih besar dari ta (2,634 > 1,670). Hal ini membuktikan bahwa penerapan media Blooket mode Gold Quest berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Berdasarkan hasil respon peserta didik pada kelas eksperimen berada pada rentang 84,37% - 89,84% terkait pernyataan seputar penggunaan media Blooket. Hasil persentase tersebut dapat dibuktikan bahwa penerapan media Blooket mode Gold Quest mendapatkan tanggapan sangat positif dan dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari kosakata bahasa Mandarin. Kata Kunci: media Blooket, media pembelajaran, kosakata, bahasa Mandarin. Abstract Learning media is a method used by educators in the Chinese learning process that helps students understand and memorize vocabulary. However, there are several obstacles in the learning process at SMA Dharma Wanita Surabaya, such as the difficulty of students in memorizing new vocabulary and the lack of interactivity in using PPT as a learning media. Learning media is needed that can increase motivation and can attract students' interest in learning. Therefore, researchers use the Blooket Gold Quest mode game media which can facilitate students in the process of learning Chinese vocabulary. The purpose of this study is to describe the application, influence and response of the use of Blooket Gold Quest mode game media in learning Chinese vocabulary in grade XI Science 1 students of SMA Dharma Wanita Surabaya. This research is an experimental research with a quantitative approach by applying the True Experimental Design model Design Control Group Pre-test Post-test approach. The sample technique used is Simple Random Sampling. The data taken in this study are the results of observations of educators and students, pre-test and post-test scores of students, and the results of questionnaires of experimental class students. The results of the analysis of educators' observations in the experimental class were obtained by 92.64%, the results of the analysis of student observations amounted to 91.07%. This proves that the application of Blooket mode Gold Quest media in learning Chinese vocabulary has a very good influence. Based on the results of the analysis of pre-test and post-test values by applying the t-significance formula, it is obtained to = 2.634 and db of 61, so that the value of ta = 0.05 of 1.670 indicates that to is greater than ta (2.634 > 1.670). This proves that the application of Blooket mode Gold Quest media has a significant effect on learning Chinese vocabulary. Based on the results of student responses in the experimental class, it was in the range of 84.37% - 89.84% related to statements about the use of Blooket media. The results of this percentage can be proven that the application of Blooket mode Gold Quest media received very positive responses and can make it easier for students to learn Chinese vocabulary. Keywords: Blooket media, learning media, vocabulary, Chinese.
Published
2023-07-10
How to Cite
Faruq, D., & Amri, M. (2023). Efektivitas Penerapan Permainan Blooket Mode Gold Quest terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Dharma Wanita Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 237-245. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/56050
Abstract Views: 715
PDF Downloads: 220