Penerapan Media Botol Cerdas untuk Pembelajaran Kalimat Lisan Bahasa Mandarin bagi Siswa Kelas XI IBB SMA Nurul Jadid, Probolinggo

  • Muhammad Kholilul Hasan Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Mempelajari bahasa Mandarin bukanlah suatu hal yang mudah, khususnya pembelajaran kalimat bahasa Mandarin. Selain itu, pemilihan media pembelajaran yang menarik juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam kelas. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan judul β€œPenerapan Media Botol Cerdas untuk Pembelajaran Kalimat Lisan Bahasa Mandarin bagi Siswa Kelas XI IBB SMA Nurul Jadid, Probolinggo”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan media botol cerdas terhadap pembelajaran kalimat lisan bahasa Mandarin, mendeskripsikan efektivitas penerapan media botol cerdas terhadap pembelajaran kalimat lisan bahasa Mandarin, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan media botol cerdas dalam pembelajaran kalimat lisan bahasa Mandarin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu True Eksperimental Design dengan bentuk Pretest – Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IBB SMA Nurul Jadid Probolinggo berjumlah 39 Peserta Didik yang terdiri dari 2 Kelas yaitu Kelas XI IBB 1 dan XI IBB 2. Hasil analisis data observasi guru pada pertemuan pertama kelas eksperimen ialah 88,4% dan pertemuan kedua ialah 89,2%, sedangkan hasil observasi terhadap siswa diperoleh 84,3% pada pertemuan pertama dan 85% pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil perhitungan data pretest dan posttest didapatkan t-test = 4,51 dan derajat bebas (db) = 33. Taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini ialah sebesar 1% (0,01), sehinggga t tabel yang diperoleh adalah 2,44. Pada pelaksanaan pretest dan posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 35,05%, sedangkan pada pelaksanaan pretest dan posttest kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 20%. Jika dibandingkan, diperoleh hasil yaitu (4,51 β‰₯ 2,44), artinya π»π‘œ ditolak dan π»π‘Ž diterima karena terhadap perbedaan yang signifikan antara π‘€π‘π‘Ÿπ‘’ dan π‘€π‘π‘œπ‘ π‘‘ pada kelas eksperimen. Hasil respon siswa kelas XI IBB SMA Nurul Jadid Probolinggo terhadap penerapan media botol cerdas dalam pembelajaran kalimat lisan bahasa Mandarin memperoleh respon positif, karena dari 10 butir pertanyaan yang diberikan diperoleh nilai 80%-100% yang artinya β€œsangat baik”. Berdasarkan hasil analisis dari data keseluruhan yang telah diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan media botol cerdas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran kalimat lisan bahasa Mandarin bagi siswa kelas XI IBB SMA Nurul Jadid Probolinggo. Kata Kunci: Bahasa Mandarin, Kalimat, Media Botol Cerdas, Media Pembelajaran. Abstract Learning Mandarin is not an easy thing, especially learning Chinese sentences. Vocabulary mastery is very influential in learning Mandarin sentences. In addition, the selection of interesting learning media is also very influential on student learning outcomes in clas.For this reason, researchers conducted research with the title "Application of Smart Bottle Media for Learning Mandarin Spoken Sentences for Class XI IBB Students of SMA Nurul Jadid, Probolinggo" This study aims to describe the process of applying smart bottles to learning spoken Chinese sentences, describe the effectiveness of using smart bottles to learn spoken Chinese sentences, and describe students' responses to using smart bottles in learning spoken Chinese sentences. Chinese. The research method used in this study is experimental research with a quantitative approach. The research design used is True Experimental Design in the form of pre-posttest control group design. The sample used in this study was all students of class XI IBB SMA Nurul Jadid Probolinggo, totaling 39 students, consisting of 2 classes, namely Class XI IBB 1 and XI IBB 2. The results of the analysis of teacher observation data at the first meeting of the experimental class were 88.4%, and the second meeting was 89.2%, while the results of student observations were 84.3% at the first meeting and 85% at the second meeting. Based on the calculation results of the pretest and posttest data, it was found that t-test = 4.51 and degrees of freedom (db) = 33. The significance level used in this study was 1% (0.01), so the t table obtained was 2.44. In the implementation of the pretest and posttest in the experimental class, there was an increase of 35.05%, while in the implementation of the pretest and posttest in the control class, there was an increase of 20%. When compared, the result is (4.51 β‰₯ 2.44), the meaning π»π‘œ is rejected and π»π‘Ž is accepted because of the significant difference between π‘€π‘π‘Ÿπ‘’ and π‘€π‘π‘œπ‘ π‘‘ in the experimental class. The results of the responses of Class XI IBB SMA Nurul Jadid Probolinggo to the application of the smart bottle media in learning spoken Mandarin sentences received a positive response because, of the 10 questions given, a score of 80%–100% was obtained, which means "very good" Based on the results of the analysis of the overall data that has been obtained in this study, it can be concluded that the application of smart bottle media has a significant influence on learning spoken Mandarin sentences for students of class XI IBB SMA Nurul Jadid Probolinggo. Keywords : Chinese Language, Sentence, Smart Bottle, Media,Learning Media.
Published
2023-07-10
How to Cite
Hasan, M., & Mintowati, M. (2023). Penerapan Media Botol Cerdas untuk Pembelajaran Kalimat Lisan Bahasa Mandarin bagi Siswa Kelas XI IBB SMA Nurul Jadid, Probolinggo. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(1), 280-288. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/56057
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 12