PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK KOSAKATA KD 3.1 KELAS XI BAHASA MANDARIN SMA KHADIJAH SURABAYA

  • Lailatul Maslyah Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran bahasa Mandarin yang berfungsi untuk pembelajaran kosakata di SMA Khadijah Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan media video animasi 2 dimensi (2D) untuk pembelajaran kosakata KD 3.1 kelas XI bahasa Mandarin, dilakukannya validasi media oleh ahli materi dan ahli media untuk menunjang hasil penelitian. Metode penelitian yang digunakan ialah research and development (penelitian dan pengembangan) milik Sugiyono dengan penerapan 5 tahap penelitian. Pendekatan penelitian yang dilakukan ialah deskriptif kuantitatif melalui analisis data yang didapatkan. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah kualitas video animasi 2 dimensi yang telah divalidasi oleh ahli materi dengan persentase sebesar 95%. Validasi oleh ahli media sebesar 82%. Apabila disesuaikan dengan kriteria persentase media, maka video animasi 2 dimensi sudah dapat dikatakan layak. Data pendukung untuk menganalisis kesesuaian materi di sekolah adanya validasi materi dan media oleh ahli pembelajaran yaitu pendidik terhadap video animasi 2 dimensi dengan hasil persentase 100% dengan kriteria sangat baik. Melalui analisis hasil penelitian apabila disesuaikan dengan kriteria persentase kelayakan media video animasi 2 Dimensi yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran bahasa Mandarin. Kata Kunci: Media pembelajaran, video animasi, kosakata, pendidikan Abstract This research is motivated by the lack of Chinese learning media that functions for vocabulary learning at Khadijah Surabaya High School. The purpose of this study was to determine the process of developing 2-dimensional (2D) animated video media for vocabulary learning KD 3.1 class XI Chinese, media validation by material experts and media experts to support research results. The research method used is Sugiyono's research and development with the application of 5 stages of research. The research approach taken is descriptive quantitative through analysis of the data obtained. In the results of the research that has been done by researchers is the quality of 2-dimensional animated videos that have been validated by material experts with a percentage of 95%. Validation by media experts amounted to 82%. When adjusted to the media percentage criteria, the 2-dimensional animation video can be said to be feasible. Supporting data to analyze the suitability of material in schools is the validation of material and media by learning experts, namely educators on 2-dimensional animated videos with a percentage result of 100% with very good criteria. Through the results of the analysis of the research results when adjusted to the percentage criteria for the feasibility of 2-dimensional animated video media developed is very feasible to be applied to the Chinese language learning process. Keywords: Learning media, animated video, vocabulary, education
Published
2023-11-21
How to Cite
Maslyah, L., & Amri, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK KOSAKATA KD 3.1 KELAS XI BAHASA MANDARIN SMA KHADIJAH SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(2), 48-54. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/58260
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 14