PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN 对不对 “duì bu duì” UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMK YAPALIS

Authors

  • Daniel Brilianto Tanoyo Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan media 对不对 duì bu duì dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin peserta didik kelas XII SMK YAPALIS Krian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis permainan 对不对 duì bu duì untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin, (2) kualitas pengembangan media 对不对 duì bu duì sebagai media pembelajaran meliputi: (a) kevalidan pengembangan media pembelajaran berbasis permaianan 对 不 对 duì bu duì untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin, (b) hasil ujicoba pengembangan media pembelajaran berbasis permaianan 对不对 duì bu duì untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin, (c) kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis permaianan 对不对 duì bu duì untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII SMK YAPALIS Krian. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik dan instrumen dalam pengumpulan data meliputi: (1) teknik observasi, (2) teknik wawancara, (3) teknik posttest, (4) teknik angket. Setelah dianalisis, terdapat hasil sebagai berikut: (1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis permainan 对不对 duì bu duì untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin berjalan dengan sangat baik dengan nilai sebesar 92,5% yang termasuk kedalam kategori 81%-100%, (2) kualitas pengembangan media 对不对 duì bu duì sebagai media pembelajaran meliputi: (a) kevalidan pengembangan media pembelajaran berbasis permaianan 对不对 duì bu duì untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dengan kategori sangat baik untuk validasi media dengan nilai 91,4% dan kategori baik untuk validasi materi dengan nilai 80%, (b) hasil ujicoba pengembangan media pembelajaran berbasis permaianan 对不对 duìbùduì untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin yang diperoleh melalui posttest dengan rata-rata nilai sebesar 87,1 dan hasil observasi pendidik sebesar 93,3% serta hasil observasi peserta didik sebesar 96% yang dapat dikategorikan sangat baik dengan nilai 81%-100%, (c) kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis permaianan 对不对 duì bu duì untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin mendapatkan respon sangat layak yang diperoleh dari para validator dan juga peserta didik dengan jawaban setuju pada delapan butir pernyataan dengan persentasse nilai rata-rata sebesar 87,75%. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Tanoyo, D. B., & Mintowati, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN 对不对 “duì bu duì” UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMK YAPALIS. Jurnal Bahasa Mandarin, 6(2), 117–125. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/58458
Abstract views: 40 , PDF Downloads: 35