Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Dasar Bahasa Mandarin Peserta Didik Kelas XI SMA Khadijah Surabaya 2023/2024

Authors

  • Dzulfikriyah Alimafah Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode True Experimental dengan desain Pretest-posttest control group design. Data diperoleh melalui observasi, nilai pretest-posttest dan angket. Dalam penelitian ini data hasil observasi dan angket dihitung menggunakan rumus persentase yang kemudian diklasifikasikan berdasarkan skala likert, sedangkan nilai pretest-posttest dihitung menggunakan (SPSS) Statistical Product and Service Solution dengan rancangan uji tes dua sampel berpasangan (t- paired), kemudian untuk mrngklasifikasikan tingkat efek menggunakan rumus eta squared. Dalam penelitian ini peneliti memilih menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk pembelajaran bahasa Mandarin dalam kemampuan menyusun kalimat dasar bahasa Mandarin. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap penyusunan kalimat dasar bahasa Mandarin. 2) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap penyusunan kalimat dasar bahasa Mandarin. 3) Mendeskripsikan respon peserta didik kelas XI SMA Khadijah Surabaya terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk menyusun kalimat dasar bahasa Mandarin Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persentase aktivitas pendidik berdasarkan kualifikasi persentase skala likert berada pada kategori sangat kuat yaitu 81%-100%. 2) Penerapan model TAI secara signifikan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyusun kalimat dasar bahasa Mandarin Hasil nilai rata-rata soal pretest-posttest kelas eksperimen adalah 62,74 dan 89,67. Nilai pretest dan posttest juga dianalisis menggunakan SPSS dengan rumus paired sample test yaitu (sig-2 tailed) = 0,00 (kurang dari 0,05). 3) Respon peserta didik terhadap model pembelajaran ini sangat positif, menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi dalam pembelajaran dengan persentasi rata-rata hasil sebesar 90,45%. Hasil ini didapat karena peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan sangat antusias dan mampu saling membantu dalan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Alimafah, D., & Amri, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Dasar Bahasa Mandarin Peserta Didik Kelas XI SMA Khadijah Surabaya 2023/2024. Jurnal Bahasa Mandarin, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/63306
Abstract views: 122 , PDF Downloads: 19