PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AJAR MONOPOLY GAME TERHADAP KEMAMPUAN GRAMATIKAL语法 (YǓFǍ) SISWA KELAS 8 SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO

Authors

  • Aning Fatimah Az Zahra Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Dalam era globalisasi ini, bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa yang diperlukan dalam dunia akademis, ekonomi, maupun pekerjaan. Meskipun begitu pembelajaran bahasa Mandarin memiliki tantangan tersendiri. Tidak hanya mengenali aksara hanzi, siswa juga perlu menguasai susunan gramatikal bahasa Mandarin agar kalimat atau informasi dapat disampaikan dengan baik. Namun, siswa yang mempelajari bahasa Mandarin mengalami kesusahan ketika mempelajari susunan gramatikal karena susunannya yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Permasalahan tersebut dapat dibantu dengan penggunaan media ajar yang menarik dan dapat membantu siswa untuk lebih memahami susunan gramatikal bahasa Mandarin. Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) mendeskripsikan proses penggunaan media ajar monopoly game terhadap kemampuan gramatikal 语法 (yǔfǎ) siswa, 2) mendeskripsikan efektivitas penggunaan media ajar monopoly game terhadap kemampuan gramatikal 语法 (yǔfǎ) siswa, dan 3) mendeskripsikan respon siswa dalam penggunaan media ajar monopoly game terhadap kemampuan gramatikal 语法 (yǔfǎ). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis True Experimental Design yang dilaksanakan di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Sampel penelitian ini adalah kelas 8-G yang berperan sebagai kelas kontrol dan kelas 8-C yang berperan sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil: 1) Proses penggunaan media ajar monopoly game terhadap kemampuan gramatikal 语法 (yǔfǎ) siswa berjalan dengan baik berdasarkan hasil observasi kegiatan guru dan siswa yang mendapatkan persentase 100% untuk dua kali pertemuan yang tergolong “sangat baik” dalam skala likert. 2) Efektivitas penggunaan media ajar monopoly game terhadap kemampuan gramatikal 语法 (yǔfǎ) siswa menunjukkan pengaruh dalam pembelajaran bahasa Mandarin berdasarkan hasil rata-rata pre-test sebesar 30.2400 dan rata-rata nilai post-test sebesar 74.2800. Hasil tersebut diuji dengan paired sample T-test dan didapatkan t = -20.889 dan p- value (Two-Sided p) adalah < 0.001. Hasil tersebut kurang dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. 3) Penggunaan media ajar monopoly game terhadap kemampuan gramatikal 语法 (yǔfǎ) siswa mendapatkan respon yang positif dilihat dari nilai rata-rata sebesar 77% dalam angket respon siswa yang dikategorikan sebagai “baik” dalam skala likert. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media ajar monopoly game memiliki pengaruh yang positif terhadap siswa SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Zahra, A. F. A., & Amri, M. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AJAR MONOPOLY GAME TERHADAP KEMAMPUAN GRAMATIKAL语法 (YǓFǍ) SISWA KELAS 8 SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO. Jurnal Bahasa Mandarin, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/64293
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 39