Makna Denotatif dan Konotatif pada Lirik Lagu Mandarin dalam Album Karya《周兴哲》Zhōuxìngzhé Eric Chou
Keywords:
Analisis Makna Lirik Lagu, Semiotika Roland Barthes, Makna Denotatif dan Konotatif, Eric Chou, 歌词意义分析, 罗兰-巴特符号学, 指称意义与内涵意义, 周兴哲, Song Lyrics Meaning Analysis, Roland Barthes Semiotics, Denotative and Connotative MeaningsAbstract
Abstrak
Penulis lagu melakukan permainan kata dan bahasa dalam penulisan sebuah lirik untuk memberikan kesan yang lebih menarik dan unik untuk menyampaikan pesan serta menggugah emosi pendengarnya. Begitu juga halnya dengan Eric Chou dalam menciptakan lagu-lagunya. Eric Chou melakukan permainan kata dan bahasa dalam setiap lirik lagunya. Namun, permainan kata dan bahasa tersebut seringkali membuat pendengarnya tidak dapat memahami dengan baik makna dan pesan yang ingin disampaikan lagu tersebut. Oleh karena itu analisis makna denotatif dan konotatif dalam lirik lagu penting dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan dan kekeliruan terhadap interpretasi makna dalam lagu, serta mengungkapkan makna yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna denotatif dan konotatif, hubungan antara makna denotatif dan konotatif serta mengukur nilai keindahan dari lirik lagu
Mandarin dalam album karya《周兴哲》Zhōuxìngzhé Eric Chou. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian campuran atau mixed methods, yaitu gabungan dari penelitian kualitatif dan kuantitatif, yang tidak hanya berfokus pada analisis makna denotatif dan konotatifnya saja, tetapi juga berfokus untuk mengukur nilai keindahan dari album Eric Chou tersebut. Dalam penelitian ini, pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 257 data makna denotatif dan makna konotatif yang terdapat pada 2 album Eric Chou. Jumlah data yang paling banyak ditemukan adalah data konotatif dengan jumlah 230 data, sedangkan data denotatif berjumlah 27 data. Hubungan antara makna denotatif dengan makna konotatif dalam 2 album Eric Chou sejalan dengan teori semiotika Roland Barthes, dimana tanda denotatif berperan sebagai penandaan tingkat pertama yang menjadi dasar dari munculnya berbagai tanda konotatif, sedangkan tanda konotatif berperan sebagai penandaan tingkat kedua yang berupa lapisan makna tambahan yang dibangun di atas tanda denotatif. Selain itu, dalam lirik lagu Eric Chou terdapat penggunaan metafora, istilah dan idiom bahasa Mandarin yang menjadikan albumnya memiliki nilai keindahan yang tinggi, yang terletak pada pemilihan kata dan gaya bahasa yang cenderung puitis dan bersifat metaforis untuk menciptakan atmosfer tertentu, merefleksikan emosi yang kompleks dan membangkitkan imajinasi pendengar.
摘要
作曲家在创作歌词时,会玩弄文字和语言,给人更有趣、更独特的印象,以传 达信息和唤起听众的情感。周兴哲在创作歌曲时也是如此。周兴哲在每首歌词中都会 玩弄文字和语言。然而,这些文字和语言游戏往往使听众无法理解歌曲的含义和信 息。因此,分析歌词中的指称意义和内涵意义对于避免错误和曲解歌曲中的含义,揭 示歌曲的真正含义非常重要。本研究旨在分析《周兴哲》Eric Chou 专辑歌词的指称意 义和内涵意义、指称意义和内涵意义之间的关系以及衡量中文歌词的美学价值。本研 究是一种混合方法研究,是定性研究与定量研究的结合,不仅侧重于分析指代意义和 内涵意义,还侧重于衡量周兴哲专辑的美学价值。本研究采用的理论方法是罗兰-巴特 的符号学理论。研究结果表明,两张周兴哲专辑中共包含257个表示意义和内涵意义的 数据。其中内涵意义数据最多,有230个数据,而指称意义数据则有27个。周兴哲两张 专辑中的指称意义与内涵意义之间的关系符合罗兰-巴特的符号学理论,即指称符号作 为第一层符号,是各种内涵符号出现的基础,而内涵符号作为第二层符号,是建立在 指称符号之上的附加意义层。此外,在周兴哲的歌词中,有很多中文隐喻、术语和成 语的使用,这使得他的专辑具有很高的美学价值,其美学价值在于选择的词语和语言 风格倾向于诗意和隐喻,以营造一定的氛围,反映复杂的情感,引起听众的想象。
Abstract
Songwriters play with words and language in writing lyrics to give a more interesting and unique impression to convey messages and arouse the emotions of their listeners. This is also the case with Eric Chou in creating his songs. Eric Chou plays with words and language in each of his song lyrics. However, these word and language games often make listeners unable to understand the meaning and message of the song. Therefore, analyzing the denotative and connotative meanings in song lyrics is important to avoid mistakes and misinterpretation of the meaning in the song, and to reveal the true meaning. This study aims to analyze denotative and connotative meanings, the relationship between denotative and connotative meanings and measure the beauty value of Chinese song lyrics in the album by《周兴哲》Zhōuxìngzhé Eric Chou. This research is a type of mixed methods research, which is a combination of qualitative and quantitative research, which not only focuses on analyzing denotative and connotative meanings, but also focuses on measuring the beauty value of Eric Chou's album. In this research, the theoretical approach used is Roland Barthes' semiotic theory. The results showed
that there were 257 data of denotative meaning and connotative meaning contained in 2 Eric Chou albums. The most amount of data found is connotative data with 230 data, while denotative data amounted to 27 data. The relationship between denotative meaning and connotative meaning in Eric Chou's 2 albums is in line with Roland Barthes' semiotic theory, where denotative signs act as the first level of signification which is the basis for the emergence of various connotative signs, while connotative signs act as the second level of signification in the form of additional layers of meaning built on denotative signs. In addition, in Eric Chou's song lyrics, there is the use of Chinese metaphors, terms and idioms that make his albums have a high beauty value, which lies in the choice of words and language styles that tend to be poetic and metaphorical to create a certain atmosphere, reflect complex emotions and arouse the listener's imagination.
Downloads
References
Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). 2–20. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.1220 1.08804
Barthes, R. (2017). Elemen-Elemen Semiologi (E. A. Iyubenu, Ed.). BASABASI.
Chaer, A., & Muliastuti, L. (2014). Makna dan Semantik (pp. 1–39). http://repository.ut.ac.id/id/eprint/477 0
Darmawati, U. (2019). Semantik Menguak Makna Kata (A. Suparyanta, Ed.). PAKAR RAYA.
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Juliana Sukmana, D., Fatmi Utami, E., Rahmatul Istiqomah, R., Asri Fardani, R., & Hikmatul Auliya, N. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi, Ed.). CV. Pustaka Ilmu Group. https://www.researchgate.net/publicat ion/340021548
Harnia, N. T. (2021). Analisis Semiotika Makna Cinta Pada Lirik Lagu “Tak Sekedar Cinta” Karya Dnanda. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 224–238. https://doi.org/https://doi.org/10.4624 4/metamorfosa.v9i2.1405
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET Journal, 1(2), 1–10. www.plus62.isha.or.id/index.php/kam pret
Nugraha, R. P. (2016). Konstruksi Nilai- Nilai Nasionalisme Dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pada Lirik Lagu “Bendera”). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(3), 290–303.
Pane, I., Avianti Hadju, V., Maghfuroh, L., Akbar, H., Suriany Simamora, R., Wiji Lestari, Z., Puspaning Galih, A., Wisnu Wijayanto, P., Waluyo, Uslan, & Aulia, U. (2021). Desain Penelitian Mixed Method (N. Saputra, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, Anggota IKAPI (026/DIA/2021). https://penerbitzaini.com/
Pohan, A. (2015). Peran Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Hubungan Manusia. Jurnal Ilmiah Dakwah Dan Komunikasi, VI(2), 6– 22.
Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi (6th ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo, Ed.; cetakan ke-7). ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-25). Alfabeta.
Wati, T., Safira Ikmaliani, D., & Mustolehudin. (2022). Representasi Makna Denotasi dan Konotasi dalam Lirik Lagu Kun Fayakun (Analisis Semiotika Roland Barthes). Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 73–102. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5 172
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 144
,
PDF Downloads: 139