Keefektifan Penggunaan Media Kata Tersembunyi Dalam Penyusunan Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Jombang
Keywords:
Media Kata Tersembunyi, Kosakata Bahasa Mandarin, Kalimat SederhanaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan penggunaan media Kata Tersembunyi dalam pembelajaran kosakata dan penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Menggunakan desain eksperimen True Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan kelas X PH 1 sebagai kelas eksperimen dan X PH 2 sebagai kelas kontrol. Hasil observasi menunjukkan aktivitas guru dan siswa pada kategori sangat baik, dengan persentase rata-rata 90%-96%. Analisis statistik menunjukkan bahwa penggunaan media Kata Tersembunyi efektif, dengan hasil angket respon siswa menunjukkan rata-rata 81%-100% pada kriteria sangat baik. Kesimpulannya, media ini membantu siswa lebih memahami dan mengingat kosakata, serta efektif dalam pembelajaran bahasa Mandarin.
Downloads
References
Alfrida, Nindya. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Diorama Kota Terhadap Penguasaan Kosakata Dan Penyusunan Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Mandarin FBS UNESA
Arief S. Sadiman dkk. 1990. Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali,
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Mudhoffir, 1992. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mutia, Priliandani. 2014. Jagoan Kuasai Bahasa Mandarin. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Ibrahim, dkk. 2000. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Pangabean, Maruli. 1981. Bahasa Pengaruh dan Peranannya. Jakarta: Gramedia.
Rahma, Erythrina Annisa. 2016. Pengembanan Media Permainan Animasi Fun Chinese Area untuk Pembelajaran Kosakata Dan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Bagi Siswa Kelas XI Bahasa Sma Negeri 3 Lamongan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Mandarin FBS UNESA
Ramlan, M. 1987. Morfologi Satuan Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono.
Ridwan dan Sunarto. 2011. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial Ekonomi, Komunikasi, Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Selvi,Fransisca dan Sari Mega Ayu. 2007. Xue Hanyu Hen Rongyi (Mudah belajar bahasa Mandarin). Tidak ada kota penerbit.: Ghalia Indonesia Printing.
Subandiyah, Heni. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kwartet terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Bertema Keluarga pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gondangan Mojokerto”. Jurnal Pendidikan Vol. 1, No. 1. 2016. University Press Universitas Negeri Surabaya.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyo, Erlita Luchy. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Domino terhadap Penguasaan Kosakata dan Penyusunan Kalimat Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X MIA 5 SMA NU 1 Gresik Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Mandarin FBS UNESA
Suparto. 2003. Tata Bahasa Mandarin itu Mudah. Jakarta: Puspa Swara.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Pengajaan Semantic. Bandung: Angkasa.
Wedhawati, dkk. 2006. Tata Bahasa Jawa Mutakhir. Yogyakarta : Kanisius.
Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.
黄柏 和 寥荣乐, 2008,《现代汉语》 北京:高等教育出版社
上册, 2002, 《现代汉语》 北京:高等教育出版
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

