PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL “汉语 教育 漫画 (HÀNYǓ JIÀOYÙ MÀNHUÀ)” UNTUK PEMBELAJARAN ATURAN PELETAKAN NADA 声 调 (SHĒNGDIÀO) PADA 汉语 拼音 (HÀNYǓ PĪNYĪN) PESERTA DIDIK KELAS XI SMK
Keywords:
Komik Digital, Aturan Peletakan 声调 Shēngdiào, Media PembelajaranAbstract
Dalam penulisan 汉语拼音 (hànyǔ pīnyīn), nada atau声调 (shēngdiào) memiliki suatu aturan untuk penandaannya. Penandaan 声调 (shēngdiào) pada 汉语拼音 (hànyǔ pīnyīn) termasuk pengetahuan dasar pembelajaran bahasa Mandarin yang seharusnya wajib dikuasai pemelajar bahasa Mandarin. Pada penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengembangkan komik digital bernama “汉语教育漫画 (hànyǔ jiàoyù mànhuà)” untuk pembelajaran aturan peletakan 声调 (shēngdiào) pada 汉语拼音 (hànyǔ pīnyīn) peserta didik kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan komik digital “汉语教育漫画 (hànyǔ jiàoyù mànhuà)” sebagai media pembelajaran aturan peletakan nada 声调 (shēngdiào) pada 汉语拼 音 (hànyǔ pīnyīn) dan (2) mendeskripsikan kualitas komik digital “汉语教育漫画 (hànyǔ jiàoyù mànhuà)” sebagai media pembelajaran aturan peletakan nada 声调 (shēngdiào) pada 汉 语拼音(hànyǔ pīnyīn) berdasarkan aspek (a) kevalidan, (b) keefektifan, dan (c) kepraktisan. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian dengan model ADDIE oleh Reiser dan Molenda. Hasil proses pengembangan komik digital “汉语教育漫画 (hànyǔ jiàoyù mànhuà)” untuk pembelajaran aturan peletakan nada 声调 (shēngdiào) pada 汉语拼音 (hànyǔ pīnyīn) berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Kualitas komik digital “汉语教育漫画 (hànyǔ jiàoyù mànhuà)” sebagai media pembelajaran aturan peletakan nada 声调 (shēngdiào) pada 汉语拼音 (hànyǔ pīnyīn) (a) sangat layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi dan media dengan indeks% 78 % , (b) memiliki tingkat keefektifan yang sedang dengan nilai N Gain pretest dan posttest peserta didik sebesar 0,35, dan (c) sangat praktis berdasarkan indeks% hasil kuisioner peserta didik tentang penggunaan produk sebesar 81,7%.
Downloads
References
Arief Sadiman, dkk. (2018). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Arikunto Suharsimi (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Kristanto Andi (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang.
Nurgiyantoro Burhan (2019). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak (edisi revisi). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Oktavia Mirani, Prasasty Aliffia Teja, dkk (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah, 1(1) : 596-601.
Reiser A. Robert, Dempsey V. John (2012). Trends And Issues In Instructional Design And Technology Third Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
Royan Akhmad Vandi, (2022). Pengembangan Trainer Palang Perlintasan Kereta Api dan Pelican Crossing Berbasis Arduino sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemograman, Mikroprosesor, dan Mikrokontroler Kelas XI TAV di SMKN 2 Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Semita J. Muryani, (2013). Kamus Besar Bahasa Mandarin. Yogyakarta : Pustaka Widyatama.
Setyosari Punaji, (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Kencana.
Statisticsanddata.org. (2022). Retrieved from Statistics and Data: https://statisticsanddata.org/data/the- most-spoken-languages- 2022/#pll_switcher
Sudjana Nana, Rivai Ahmad, (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
刘珣《新卖用汉语课本》 New Practical Chinese Reader Textboo, 北京: 北京语言大学出版社, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

