EFEKTIVITAS MEDIA TEBAK-TEBAKAN FILTER INSTAGRAM DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA DAN KALIMAT BERTEMA “KELUARGA” BAHASA MANDARIN PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MI MIFTAHUL ULUM GREDEK GRESIK
Keywords:
Bahasa Mandarin, Kosakata, Kalimat, Media Tebak-tebakan Filter Instagram, Media PembelajaranAbstract
Kemampuan berbahasa Mandarin saat ini mulai diperhitungkan keberadaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan komunikasi, karena Tiongkok telah menjadi negara adikuasa dengan kekuatan ekonomi dan teknologi canggih yang berpengaruh di dunia. Melihat kemajuan tersebut, bahasa Mandarin mulai dipelajari di berbagai lembaga pemerintahan, perusahaan, dan pendidikan. Salah satunya organisasi IPNU-IPPNU Nahdlatul Ulama di Duduksampeyan, Gresik, mendirikan kelompok belajar Si Maring di MI Miftahul Ulum Gredek. Tantangan utama program tersebut adalah menjaga minat peserta didik agar tetap mengikuti pembelajaran bahasa Mandarin meskipun materi cukup sulit. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media pembelajaran kreatif dan menyenangkan bagi anak-anak untuk pembelajaran kosakata dan kalimat bertema keluarga bahasa Mandarin, yaitu media tebak-tebakan filter Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen pre- eksperimental design one group pre-test and post-test. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VI MI Miftahul Ulum Gredek dan sampel penelitiannya mencakup keseluruhan populasi penelitian, karena sampel populasi penelitian terbatas pada 19 orang. Hasil observasi aktivitas pendidik pada pertemuan pertama memperoleh persentase sebanyak 97,7% dan pada pertemuan kedua sebanyak 98,9%. Hasil observasi aktivitas peserta didik pertemuan pertama memperoleh persentase sebanyak 95% dan pada pertemuan kedua sebanyak 97,5%. Hasil persentase tersebut termasuk dalam kategori "sangat baik" berdasarkan kriteria skala Likert. Hasil analisis pre-test dan post-test peserta didik diperoleh nilai signifikansi (sig) sebesar 0,001. Hasil perhitungan ukuran efek diperoleh nilai t sebesar 0,9. Berdasarkan kriteria tingkat pengaruh oleh Pallant, nilai t termasuk dalam kategori efek besar, yakni t 0,9 > 0,14. Hasil analisis angket respon peserta didik mendapatkan skor respon kategori sangat baik, yaitu berada pada rentang 81% - 100%.
Downloads
References
Budiartawan. 2022. Apa itu Augmented Reality?, (Online), (https://upttik.undiksha.ac.id/apa-itu- augmented-reality/, diakses pada 25 Juni 2024).
Herjuna, W. 2022. Belajar dari Tiongkok, Cara Meningkatkan Ekonomi Negara, (Online), (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kp knl-surakarta/baca- artikel/14685/BELAJAR-DARI- TIONGKOK-CARA- MENINGKATKAN-EKONOMI- NEGARA.html, diakses pada 23 November 2023).
Kaannaha, J. P. 2022. Instagram sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra, (Online), (https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/ artikel-detail/3504/instagram-sebagai- media-pembelajaran-bahasa- indonesia-dan-sastra, diakses pada 5 Januari 2024).
Pallant, J. 2011. SPSS Survival Manual A Step by Step Guide to Data Analysis using SPSS for Windows third edition. Sydney: Library of Congress Cataloging.
Ramdhan, M. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Riduwan, & Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung.
Alfabeta.Rizal, F. M. 2023. Ini Manfaat Mengajarkan Anak Bilingual Sedari Dini, (Online), (https://www.halodoc.com/artikel/ini- manfaat-mengajarkan-anak-bilingual- sedari-dini?srsltid=AfmBOooxH- FW1sGHwgfCGXSXE3ft6t7Zfyg3RH RPkjcM3a2P_t1ZcM5O, diakses pada 12 Februari 2024).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara. Suryadi, A. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.
Taniredja, T. 2012. Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Taylor, L. 2023. The Languages of China: Examining Spoken Chinese Languages and Their Importance. (Online), (https://www.tomedes.com/translator- hub/languages-spoken-in-china, diakses pada 23 November 2023).
Zuriah, N. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
曹正国 《汉语》, 广州: 暨南大学出版 社,2007。
王静《现代汉语》,延吉: 延边大学出版 社,2017。
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 66
,
PDF Downloads: 54