Bentuk Hegemoni terhadap Dominasi Gender dalam Film Xiàngfēng Érxíng 《向风而行》: Perspektif Hegemoni Antonio Gramsci

Authors

  • Niswatun Solihatul Azkiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Subandi Subandi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Hegemoni, Bentuk Hegemoni, Gender, Film, Xiàngfēng Érxíng

Abstract

Abstrak
Hegemoni merujuk pada dominasi suatu kelas sosial terhadap kelas sosial lainnya, yang dicapai melalui persetujuan dan penerimaan ideologi serta norma-norma oleh masyarakat secara luas. Salah satunya adalah hegemoni terhadap dominasi gender dalam pekerjaan sebagai pilot, seperti pada film Xiàngfēng  Érxíng 《向风而行》karya Yú Qiào《虞俏》 dan Wáng Zhī《王之》. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk hegemoni terhadap dominasi gender dalam film Xiàngfēng  Érxíng 《向风而行》karya Yú Qiào《虞俏》 dan Wáng Zhī《王之》 melalui perspektif hegemoni Gramsci. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena data yang digunakan berupa tuturan yang merepresentasikan bentuk hegemoni oleh para tokoh dalam film tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan data yang ditemukan secara runtut dan jelas. Teknik simak bebas libat cakap juga digunakan untuk mengumpulkan data serta teknik analisis data metode padan digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis data menunjukkan terdapat empat bentuk hegemoni terhadap dominasi gender, yaitu hegemoni bentuk budaya, intelektual, politik, dan ekonomi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, bentuk hegemoni budaya adalah yang paling banyak ditemukan dalam film Xiàngfēng  Érxíng 《向风而行》karya Yú Qiào《虞俏》 dan Wáng Zhī《王之》.

摘要
霸权是指一个社会阶级对另一个社会阶级的支配,这种支配通过社会广泛认同和接受的意识形态和规范来实现。其一例是对飞行员职业中的性别霸权,如在虞俏《向风而行》和王之《向风而行》影片中表现的那样。本研究旨在通过格兰姆西霸权视角描述在虞俏和王之的《向风而行》影片中表现的性别霸权形式。 本研究是一项质性研究,所用数据为影片中人物言论中所表现的霸权形式。研究方法采用描述性方法,系统且清晰地描述发现的数据。为了收集数据,还采用了自由听说技术,并使用匹配方法进行数据分析。数据分析结果表明,性别霸权存在四种形式:文化霸权、知识霸权、政治霸权和经济霸权。基于数据分析结果,在虞俏和王之的《向风而行》影片中,文化霸权是最常见的形式。

Abstract
Hegemony refers to the domination of one social class over another, achieved through the consensus and acceptance of ideology and norms by society at large. One such instance is the hegemony over gender domination in the occupation of pilots, as depicted in the film Xiàngfēng Érxíng 《向风而行》by Yú Qiào《虞俏》 and Wáng Zhī《王之》. This study aims to describe the forms of hegemony over gender domination in the film Xiàngfēng Érxíng 《向风而行》by Yú Qiào《虞俏》 and Wáng Zhī《王之》through the perspective of Gramscian hegemony. This is a qualitative study, as the data used comprises dialogues representing the forms of hegemony exhibited by the characters in the film. The research method employed is descriptive, systematically and clearly describing the data found. The free speaking-listening technique is also used to collect data, and the matching method is employed for data analysis. The results of the data analysis indicate that there are four forms of hegemony over gender domination: cultural, intellectual, political, and economic hegemony. Based on the data analysis, cultural hegemony is the most frequently observed form in the film Xiàngfēng Érxíng 《向风而行》by Yú Qiào《虞俏》 and Wáng Zhī《王之》.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adkin, L. (2022). Showing Theory to Know Theory. Showing Theory Press, 1, 219–226.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Sebuah Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Attané, I. (2012). Being a Woman in China Today: A demography of gender. China Perspectives, 2012(4), 5–15. https://doi.org/10.4000/chinaperspectives.6013

Aully, M., Wibowo, K. A., & Fuady, I. (2022). Analisis Stereotip Gender dalam Serial Webtoon Remarried Empress. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 6(3), 897–904.

Chen, X., & Ge, S. (2018). Social norms and female labor force participation in urban China. Journal of Comparative Economics, 46(4), 966–987. https://doi.org/10.1016/j.jce.2018.02.002

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKiS Yogyakarta.

Ernesto, L., & Chantal, M. (2001). “Hegemony and Socialist Strategy: Towards A Radical Democtaric Politics.” Verso.

Fairclough, N. (2003). Analysing Discourse: Textual Analysis for Social Research. Routledge.

Fatimah Djajasudarma, T. (1993). Metode Linguistik : Ancangan Metode Penelitian dan Kajian (W. Nadaek (ed.)). Eresco.

Gramsci, A. (2013). Prison Notebooks - Catatan-Catatan Dari Penjara. Pustaka Pelajar.

Jabrohim. (2015). Teori Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.

Jane Zhang, Y. (2019). Culture, institutions and the gender gap in competitive inclination: Evidence from the communist experiment in China. Economic Journal, 129(617), 509–552. https://doi.org/10.1111/ecoj.12596

Luo Wangshu. (2024). Woman Take the Controlss as Perceptions, Prejudices Change. ChinaDaily.Com.Cn. https://global.chinadaily.com.cn/a/202405/01/WS66319506a31082fc043c4fb7.html

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. PT Raja Grafindo Persada.

Mardoko, A. (2014). Peran Serta Wanita Dalam Profesi Pilot/Co Pilot Untuk Mendukung Ke-Setaraan Gender Di Indonesia the Role of Women in a Profession Pilot / Co Pilot To Support Gender Equality in Indonesia. Warta Penelitian Perhubungan, 26(8), 457–465.

Moleong, L. . (2005). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, R. A., & Subaidi, S. (2022). Kekerasan Seksual dalam Perspektif Dominasi Kuasa. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.21154/ijougs.v3i1.3694

Robinson, W. I. (2005). Gramsci and Globalisation: From Nation‐State to Transnational Hegemony. Critical Review of International Social and Political Philosophy, 8(4), 559–574. https://doi.org/10.1080/13698230500205243

Rudiansyah. (2017). Ketidakadilan Gender Dalam Kehidupan Perempuan Tionghoa di Kota Medan. Jurnal Rupa, 2(2), 89. https://doi.org/10.25124/rupa.v2i2.1218

Subandi, S., & Mustofa, A. (2019). Ideological and Hegemonic Implicatures of Japanese Male Registers Used by Japanese Young Women Speakers: Gender Based Analysis and Its Implication in Pedagogical Domain. 277(Steach 2018), 92–97. https://doi.org/10.2991/steach-18.2019.21

Subandi, S., Farhan Masrur, M., Adimas, Y. B., Arista, C., Yosef, H., Dasion, T., & Mael, M. R. (2022). Symbolic Domination of the Belt and Road Initiative Program on the Speech Text by Chinese President Xi Jinping. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(12). www.ijisrt.com846

Subandi, S., Masrur, M. F., Arista, C., & Dasion, H. Y. T. (2022). Kejahatan Berbahasa Sebagai Praktik Kekuasaan Simbolik Dalam Film Better Days《少年的你》Karya Derek Tsang. PARAFRASE : Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 22(1), 50–63. https://doi.org/10.30996/parafrase.v22i1.6237

Subandi, S., Nurhadi, D., Hartanti, L. P., & Mael, M. R. (2022). The ideological resistance of Japan’s Kamikaze pilots in a book entitled Kike Wadatsumi no Koe. In Innovation on Education and Social Sciences (pp. 224–232). Routledge.

Subandi, S., Raynox Mael, M., Nurhadi, D., & Prihandari, I. (2024). Representation of Symbolic Domination in Kike Wadatsumi No Koe. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 9(1), 1327–1334. www.ijisrt.com

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Titscher, S., Meyer, M., Wodak, R., & Vetter, E. (2000). Methods of Text and Discourse Analysis. SAGE Publications.

Wang, A. (2020). The Ancient Chinese Wisdom. PT Gramedia Pustaka.

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Azkiyah, N. S., & Subandi, S. (2025). Bentuk Hegemoni terhadap Dominasi Gender dalam Film Xiàngfēng Érxíng 《向风而行》: Perspektif Hegemoni Antonio Gramsci. Jurnal Bahasa Mandarin, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/66549
Abstract views: 6 , PDF Downloads: 6