Pengaruh Penggunaan Media Word Search Puzzle Terhadap Penguasaan Shengmu Aspirasi (送气音) dan Non-Aspirasi (不送气音) dalam Pinyin pada Siswa Kelas X SMA Semen Gresik
Keywords:
Word Search Puzzle, Shengmu, Bahasa MandarinAbstract
Pendidikan berperan sangat penting dalam kehidupan manusia, karena pendidikan merupakan proses manusia menjadi cerdas secara intelektual maupun spiritual. Dalam menghadapi persaingan dunia pada saat ini, penguasaan bahasa asing seperti bahasa Mandarin menjadi cara untuk dapat bersaing dengan manusia lain. Oleh karena itu, saat ini banyak sekolah termasuk SMA Semen Gresik yang mengajarkan mata pelajaran Bahasa Mandarin pada pembelajarannya. Namun pembelajaran bahasa Mandarin yang dilakukan saat ini masih banyak yang belum dapat menarik minat siswa, terutama dalam mempelajari shengmu (huruf konsonan) yang menjadi salah satu bagian terpenting dari pinyin dalam bahasa Mandarin. Hal ini dikarenakan shengmu terbagi menjadi 2 bagian yang berbeda namun memiliki pelafalan yang hampir sama sehingga membuat pembelajar asing mengalami kesalahan ketika memahami serta melafalkannya. Dalam menghadapi masalah tersebut, penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh dari diterapkannya media Word Search Puzzle terhadap penguasaan shengmu aspirasi dan non-aspirasi dalam pinyin bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMA Semen Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian true- experimental design. Dengan hasil analisis data pada hasil observasi aktivitas guru di kelas kontrol sebesar 94,2% dan hasil observasi siswa kelas kontrol sebesar 96%. Pada kelas eksperimen hasil observasi aktivitas guru sebesar 94,2% dan hasil observasi aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 98%. Seluruh persentase yang dihasilkan berada pada rentang 81- 100% menurut skala likert yang termasuk ke dalam kriteria “Sangat Baik”. Pada lembar hasil pretest dan posttest didapatkan hasil perhitungan t-signifikansi nilai t0 tulis sebesar (3,78), t0 lisan sebesar (0,00178) dan t tabel sebesar (1,67). Hal ini menunjukkan bahwa nilai t0 tulis lebih besar dari t tabel (3,78>1,67). Hasil t0 lisan lebih kecil dari t tabel (0,00178<1,67). Maka dapat disimpulkan bahwa media Word Search Puzzle dapat diterapkan dan berpengaruh terhadap penguasaan shengmu aspirasi dan non aspirasi secara teori, namun media Word Search Puzzle tidak berpengaruh terhadap penguasaan shengmu aspirasi dan non aspirasi secara lisan. Selain itu, terdapat hasil angket respon siswa pada kelas eksperimen X4 seluruh hasil berada pada rentang 61-80% yang termasuk ke dalam kategori “Baik” dan 81-100% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik” menurut skala likert. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen X4 memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan media Word Search Puzzle dalam pembelajaran.
Downloads
References
Alimsyah, I. (2014). TA: Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk Tingkat Pemula dengan Sistem Fonetik Hanyu Pinyin (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).
Arikunto, Suharsimi. "Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik." (No Title) (2010).
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.
Brom, C., Šisler, V., & Slavik, R. (2010). Implementing digital game-based learning in schools: Augmented learning environment of “Europe 2045.” Multimedia Systems, 16(1), 23–41. https://doi.org/10.1007/s00530-009-0174-0
Budijanto, D. (2013). Populasi, Sampling, dan Besar Sampel. Kementerian Kesehatan RI, 18-19.
Data, T. P. (2015). Instrumen Penelitian. Kisi-Kisi Instrumen.
Emaliana, I., Tyas, P. A., Widyaningsih, G. E. N., & Khotimah, S. K. (2019). Evaluasi pembelajaran bahasa asing pada pendidikan tinggi. Universitas Brawijaya Press.
Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis potensi implementasi metaverse pada media edukasi interaktif. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37-51.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.
Firdayanti, A. N. (2019) Keefektifan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 2 Cerme Tahun Pelajaran 2018-2019.
Fitriyah, Z., & Subandi, S. (2020). Analisis Kesalahan Pelafalan Huruf Konsonan (声母 shēngmǔ) Oleh Para Tokoh dalam Drama Thailand yang Berjudul Love Beyond Frontier. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(2).
Hermawan, B., & Leonardo, O. P. (2017). Keefektivitasan penggunaan media mobile learning dalam meningkatkan pelafalan hanyu pinyin bahasa Mandarin . Jurnal Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Pembelajarannya, 4(2), 308-322.
Hutami, W. F. (2016). Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Public Relations Mercu Buana, 1(1), 1-8.
Indonesia, P. R. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014. Pp Nomor 57 Tahun 2014, 2.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif: Teori, penerapan, dan riset nyata. Anak Hebat Indonesia.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: jurnal pendidikan dan matematika, 7(1).
Kosasi, S. (2014). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar. Jurnal Eksplora Informatika, 4(1), 1-12.
Lay, C. I., & Talakua, A. C. (2023). Perancangan Game Edukasi Word Search Puzzle Berbasis Android. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (Sati), 1(1), 106-117.
Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).
Nurjannah. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata. Jurnal Kreatif Tadulako Online.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Rahman, F. (2011, June). Bahasa dan kebijakan politik (kasus bahasa Mandarin di Indonesia). In Proceeding Seminar Internasional Serumpun Melayu V (pp. 47-56).
Rachmadhani, R. F., & Fanani, U. Z. (2020). Pengaruh Permainan Charade Dengan Media Gambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas X IPA 5 SMA NU 1 Gresik. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(1).
Rahmah, A. (2016). The effect of word-search puzzle on vocabulary size at the seventh grade students of SMP Muhammadiyah Buntok (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Ratnaningsih, T. (2010). Penggunaan Evaluasi Word Search Puzzle Untuk Meningkatkan Kekayaan Kosa Kata Biologi Siswa Pada Pokok Bahasan Zat Additif Dan Psikotropika Kelas Viii SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009.
Ristanti, ER (2008). Penulisan Hanzi Sebagai Permasalahan Dalam Belajar Bahasa Mandarin Di Kelas VI SD Kristen Kalam Kudus Surakarta.
Salsabila, D. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Word Search Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKN di SMP Negeri 36 Jakarta.
Saputra, A. (2019). Pengaruh Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. AT-TA'DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 156-168.
Sarwendah, T. (2009). Efektivitas Penggunaan Program Memchinese Dalam Pembelajaran Menulis Karakter Tulisan Tiongkok (hanzi)(di SMA Negeri 2 Wonogiri).
Sholihah, Q. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Universitas Brawijaya Press.
Sholihah, D. A. U. (2017). Pengaruh Penggunaan Permainan Jenga dan Reinforcement terhadap Kemampuan Pelafalan Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI APK 2 SMK PGRI 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02).
Sihombing, Y., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Problematika Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 710-718.
Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta :Raja Grafindo Persada
Widyawati, E. (2012). Penggunaan Hanyu Pinyin Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Di SMA Negeri 6 Surakarta.
Yunita, N. P., & Indrajit, R. E. (2022). GAMIFICATION: Membuat Belajar Seasyik Bermain Game. Penerbit Andi.
uny. ac. id/sites/default/files/132107019/Tespengukmajora2. pd f. padatanggal, 18.
邢和冯 《汉语的罗马化》, 2016。
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

