Pengaruh Penggunaan Media ChatGPT Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin HSK 1 Kelas XI SMA Negeri 2 Sidoarjo Tahun Ajaran 2024/2025

Authors

  • Putri Gita Armadani Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Farhan Masrur Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Media Pembelajaran, Media ChatGPT, Menyusun Kalimat, Bahasa Mandarin

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik Kelas XI-IPA SMA Negeri 2 Sidoarjo dalam menyusun kalimat bahasa Mandarin akibat kurangnya media pembelajaran interaktif. Peneliti menggunakan ChatGPT sebagai media bantu pembelajaran dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh, efektivitas, dan respon peserta didik. Penelitian eksperimen kuantitatif ini menggunakan desain pre-test dan post-test control group. Hasil observasi aktivitas pendidik mencapai 90% dan 95%, serta aktivitas peserta didik 80%, tergolong kategori “kuat”. Nilai rata-rata pre-test sebesar 61,26 meningkat menjadi 89,13 pada post-test, menunjukkan kenaikan signifikan sebesar 27,87 poin. Uji t memperoleh nilai 9,08 (> t tabel 2,02), menegaskan pengaruh positif ChatGPT. Respon angket peserta didik menunjukkan rata-rata 75% (kategori “kuat”). Secara keseluruhan, penggunaan ChatGPT terbukti efektif dan berdampak signifikan terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ami, Raudhatul Aslami. 2021. “Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod.” Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia 6(2): 135–48.

Dan, Liu, and Elvira Septevany. 2020. “Interpretation of Taboos in Giving Gifts to Chinese People: Semiotics Perspective.” The International Journal of Social Sciences World 2(1): 75–84.

Haryanti, Sri. 2014. “Modern Chinese Vocabulary – Morpheme and Word.” Humaniora 5(1): 135.

https://doi.org/10.5281/zenodo.3887401.

Lo, Chung Kwan. 2023. “Education Sciences What Is the Impact of ChatGPT on Education ? A Rapid Review of the Literature.” (November 2022).

Masrur, M. F., Arista, C., Sueb, & Khotimah, K. (2025). Development of The Mandarin Language Proficiency Assessment Instrument Hanyu Shuiping Ceshi (HNC) as a standard for Mandarin language skills for UNESA students. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 8(1), 202–208. https://doi.org/10.47191/ijmra/v8-i01-24

Payanti, Novhia Dwi, Wienike Dinar Pratiwi, and Een Nurhasanah. 2021. “Analisis Kalimat Imperatif Video Dr. Richard Lee Di Youtube Dalam Pembentukan Personal Branding Dan Dimanfaatkan Sebagai Bahan Ajar Teks Prosedur.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6): 4007–13.

Riduwan, Drs., M.B.A. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula. Cet. 8. eds. Husdarta J.S., Akdon, Mulyono Nono, and Subandi. Bandung.

Santoso, Iman. 2012. “Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Bahasa Asing Berwawasan Interkultural.” Jurnal Pendidikan Karakter 3(1): 96–106.

Subiyakto, F M, and M P Mintowati. 2019. “Pengaruh Penerapan Permainan Bingo Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Mandarin Pada Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 2 Sidoarjo.” Skripsi. UNESA: FBS: 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/27709.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Young, Julio Christian, and Makoto Shishido. 2023. “Investigating OpenAI’s ChatGPT Potentials in Generating Chatbot’s Dialogue for English as a Foreign Language Learning.” International Journal of Advanced Computer Science and Applications 14(6): 65–72.

丽萍,姜. HSK 1 Standard Course.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Armadani, P. G., & Masrur, M. F. (2025). Pengaruh Penggunaan Media ChatGPT Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin HSK 1 Kelas XI SMA Negeri 2 Sidoarjo Tahun Ajaran 2024/2025. Jurnal Bahasa Mandarin, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/71218
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0