Analisis Gaya Bahasa Kiasan Dalam Drama China Everyone Loves Me 别对我动心 (Bié Duì Wǒ Dòngxīn) Karya Qiào Yáo
Keywords:
Drama, Gaya Bahasa, Gaya Bahasa Kiasan, Everyone Loves MeAbstract
Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi dan menciptakan karya seni yang dimana penggunaan gaya bahasa mampu mempengaruhi keindahan dari sebuah karya seni. Gaya bahasa memiliki peranan penting dalam meningkatkan efektivitas komunikasi, terutama dalam karya sastra seperti drama. Penggunaan gaya bahasa kiasan pada drama China ini juga bertujuan untuk mempermu dah pemahaman dan maksud dari alur cerita yang sedang dimainkan dalam drama tersebut. Metode deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan menggunakan sumber data drama China Everyone Loves Me 别对我动心(Bié Duì Wǒ Dòngxīn)karya Qiào Yáo. Penelitian ini menggunakan teknik simak catat. Penelitian ini menemukan bentuk gaya bahasa alegori sebanyak 2 data, metafora sebanyak 11 data, metonimia sebanyak 4 data, persamaan atau simile sebanyak 2 data, dan sarkasme sebanyak 29 data. Total keseluruhan data yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu bentuk gaya bahasa kiasan sebanyak 48 data. Dalam drama ini yang berjumlah 24 episode 16 tokoh drama lebih sering menggunakan gaya bahasa sarkasme sebagai cara mengungkapkan ekspresi kesal, marah, dan emosi yang dirasakan oleh para pemain. Dalam drama ini juga ditemukan data yang cukup banyak yaitu gaya bahasa metafora yang digunakan oleh 16 tokoh drama sebagai bentuk ungkapan analogi yang memudahkan lawan bicara memahami maksud yang disampaikan dengan baik. Pada drama ini sedikit ditemukan data pada gaya bahasa metonimia dan alegori karena 16 tokoh drama jarang menggunakan istilah kata yang lebih dekat dengan maksud sebenarnya dan jarang menggunakan istilah kisah yang dikisahkan dalam percakapan.
Downloads
References
Ardiansyah dkk. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 4. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arista, C., Subandi, S., Mintowati, M., & Hu, Y. (2025). Erotetic Language Style of Sūnwùkōng in the Drama Series Xīyóujì by Zhāngjìzhōng. Journal of Applied Linguistics, 4(2), 261–277. https://doi.org/10.52622/joal.v4i2.344
Ayni Alfani, Q., & Amri, M. (2020). Prinsip Kesopanan Dalam Penggunaan Gaya Bahasa Retoris Lirik Lagu Karya Boy Story 《男孩的故事》Pada Prinsip Kesopanan Dalam Penggunaan Gaya Bahasa Retoris Lirik Lagu Karya Boy Story 《男孩的故事》Pada Mini Album “I=U=WE : 序.” Jurnal Bahasa Mandarin , 4(2), 5. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/47136/39435
Farkhan, M. (2007). Proposal Penelitian Bahasa dan Sastra (Cetakan Pertama). Jakarta: Jakarta: Cella. Diambil dari https://scholar.google.com/scholar?
Hasanah, S. N., & Adhimas, Y. B. (2024). Ragam Bahasa Slang Masyarakat Tiongkok Dalam Drama 《初夏的甜蜜约定》Chūxià de Tiánmì Yuēdìng (Promise In The Summer) 剧中人物各种俚语《初夏的甜蜜约定》 Various Slang Of Chinese Society In The Drama 《初夏的甜蜜约定》 Chūxià de Tiánmì Yuēdìng (Promise In The Summer). Diambil dari https://scholar.google.com/scholar?
Ibrahim, S. (2015). Analisis Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Novel Mimpi Bayang Jingga Karya Sanie B. Kuncoro. Jurnal Sasindo Unpam, 3(3). Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/337609211.pdf
Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lafamane, F. (2020). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama). Diambil dari https://osf.io/preprints/osf/bp6eh
Naula, M. N., & Amri, M. (2020). Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran Pada Donghua The Daily Life Of The Immortal King《仙王的日常生活S1》(xiān wáng de rìcháng shēnghuó) S1 Karya 枯玄(Kuxuan). Jurnal Bahasa Mandarin, 4(2), 2. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/47131
Nisa, K., & Amri, M. (2020). Diksi Dan Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Angela《張韶涵》(ZhāngShàohán) Dalam Album《一定要爱你》(yīdìngyàoàinǐ). Jurnal Bahasa Mandarin, 4(2), 5–6. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/35002
Pratiwi, N., & Amri, M. (2020). Penggunaan Deiksis Endofora Dalam Film Looking Up (银河补习班 yínhé bǔxí bān). Jurnal Bahasa Mandarin . Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/download/37984/33567/
Rafiqi, W., & Amri, M. (2020). Penggunaan Bentuk Gaya Bahasa Sindiran Pada Serial Drama Go Go Squid 《亲爱的,热爱的》 (Qīn ài de, rè ài de) Karya Mo Bao Fei Bao (墨宝非宝). Jurnal Bahasa Mandarin , 4(2), 3–18. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/41731/35909
Rizza, M., Ahsin, M. N., & Ristiyani. (2022). Buletin Ilmiah Pendidikan Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Film Orang Kaya Baru. 1, 4. Diambil dari https://ejournal.papanda.org/index.php/bip/article/view/216
Saefuddin, M. T., Wulan, T. N., Savira, & Juansah, D. E. (2023). Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif dan Kualitatif Pada Metode Penelitian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5962. Diambil dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12005/5080
Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57–65. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi Penelitian. Pustaka Baru Perss, 74, 32. Diambil dari https://repository.radenfatah.ac.id/18854/3/3.pdf
Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Diambil dari https://repository.ut.ac.id/4240/1/BING4214-M1.pdf
Yessika Nurfadhilah, A., & Hurustyanti, H. (2021). Gaya Bahasa Retoris Dalam Kumpulan Cerpen Metafora Padma Karya Bernard Batubara. Jurnal Leksis , 1(2), 74. Diambil dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/115
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

