ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA WANITA LǏ JIÀN JIÀN (李尖尖) DALAM DRAMA TELEVISI TIONGKOK GO AHEAD YǏ JIĀ RÉN ZHĪ MÍNG (以家人之名) KARYA WÁNG XIÓNG CHÉNG (王雄成) DAN SHUǏ QIǍN MÒ (水浅沫)

Authors

  • Safira Firta Swandarta Universitas Negeri Surabaya
  • Urip Zaenal Fanani Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Aspek Kepribadian Tokoh, Faktor yang Mempengaruhi Kepribadian Tokoh, Serial Drama Film, Drama Televisi Tiongkok Go Ahead

Abstract

Aspek kepribadian tokoh adalah gambaran karakter psikologis yang mencerminkan cara tokoh berpikir, merasakan, dan bertindak dalam merespons situasi di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai aspek kepribadian tokoh serta faktor yang mempengaruhi kepribadian tokoh pada sebuah serial drama televisi Tiongkok. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) Bagaimana aspek kepribadian yang ditampilkan oleh tokoh 李尖尖 (Lǐ Jiànjiān) dalam drama Go Ahead, dan (2) Faktor-faktor apa yang memengaruhi pembentukan kepribadiannya. Fokus penelitian ini adalah pada tokoh 李尖尖 sebagai satu-satunya tokoh utama wanita yang mengalami perkembangan kepribadian yang kompleks. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi sastra dengan teori kepribadian Carl Gustav Jung serta faktor kepribadian menurut Suryabrata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh 李尖尖 (Lǐ Jiànjiān) memiliki dominasi tipe kepribadian introvert-perasa berdasarkan teori Jung. Ia digambarkan sebagai pribadi yang reflektif, sensitif, dan menilai dunia melalui sudut pandang emosional yang subjektif. Ekspresi emosinya kerap ditunjukkan melalui kegiatan artistik seperti menggambar dan memahat. Selain itu, berdasarkan teori Suryabrata, faktor lingkungan keluarga menjadi faktor dominan yang membentuk kepribadian 李尖尖. Lingkungan keluarga yang tidak konvensional namun suportif membentuk dirinya menjadi pribadi mandiri, penuh empati, dan menjunjung tinggi nilai kekeluargaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2020). Sastra dan Film China: Perspektif Apresiatif. Gresik: Graniti

Ahmadi, A. (2023). Psikologi Jungian, film, dan sastra: Analisis arketipe dan kepribadian dalam karya populer. Penerbit Universitas Indonesia.

Allen, R. C. (1992). Enclosure and the yeoman: the agricultural development of the South Midlands 1450-1850. Oxford University Press.

Endaswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Caps.

Hidayat, Y. (2021). Kajian psikologi sastra dalam novel negeri 5 menara karya Ahmad Fuadi. Penerbit YLGI.

Jung, C. G. (1968). The Archetypes and the Collective Unconscious. In Collected Works of C. G. Jung (2nd ed., Vol. 9i). Princeton University Press.

Karim, B. A. (2020). Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu. Education and Learning Journal, 11, 40–49.

Lestari, H. S., & Damayanti, A. K. (2024). Psikologi Kepribadian (Jilid 1). Penerbit NEM.

Rubyssalam, I. N., Muhajir, M., & Rifai, A. (2025). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Cerpen Sumur Sebuah Cerita Karya Eka Kurniawan: Kajian Psikologi Sastra. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 111-112.

Simbolon, M. H., Missriani, M., & Fitriani, Y. (2024). Kajian Sosiologi Sastra Dalam Novel Keluarga Cemara Karya Arswendo Atmowiloto. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(1), 14–22.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Swandarta, S. F., & Fanani, U. Z. (2025). ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA WANITA LǏ JIÀN JIÀN (李尖尖) DALAM DRAMA TELEVISI TIONGKOK GO AHEAD YǏ JIĀ RÉN ZHĪ MÍNG (以家人之名) KARYA WÁNG XIÓNG CHÉNG (王雄成) DAN SHUǏ QIǍN MÒ (水浅沫). Jurnal Bahasa Mandarin, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/71785
Abstract views: 18 , PDF Downloads: 13