PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CHINESESKILL DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN HSK 1 PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA KHADIJAH SURABAYA

Authors

  • Nadya Putri Pramesti Universitas Negeri Surabaya
  • Cicik Arista Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

ChineseSkill, Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin

Abstract

Kurangnya model dalam penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu faktor yang menyebabkan peserta didik SMA Khadijah Surabaya mengalami hambatan dalam memahami proses penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi ChineseSkill dalam pembelajaran penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin tingkat HSK 1 pada peserta didik kelas XII SMA Khadijah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain True Experimental Design berupa Pre-Test Post-Test Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes (Pre-Test dan Post-Test), lembar observasi, serta angket respon peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA Khadijah Surabaya tahun ajaran 2024/2025, dan sempel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII-4 sebagai kelas eksperimen dan XII-5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas pendidik pada kelas eksperimen memperoleh persentase sebesar 85,26% pada pertemuan pertama dan 89% pada pertemuan kedua. Sementara itu, aktivitas peserta didik mencapai 82% pada pertemuan pertama dan meningkat menjadi 90,90% pada pertemuan kedua. Berdasarkan skala Likert, capaian tersebut dikategorikan “sangat baik” karena berada dalam rentang 81%– 100%. Nilai rata-rata Pre-Test peserta didik kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan melalui aplikasi ChineseSkill adalah 35,14, sedangkan nilai rata-rata Post-Test setelah perlakuan meningkat menjadi 87. Analisis lebih lanjut menunjukkan hasil t0 = 4,32 dengan db = 69. Apabila dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikansi 0,05=1,67, diperoleh hasil (1,67 < 4,32), yang berarti hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi ChineseSkill memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Selain itu, respon peserta didik juga menunjukkan kategori “sangat baik”, dengan hasil angket berada pada kisaran 81%–100% menurut skala Likert.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.

Handoko, L. V. A. (2019). Strategi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Mandarin Pada Aplikasi Pembelajaran Chineseskill. Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 7(2), 29–38. https://doi.org/10.9744/century.7.2.29-38

Iba, Z., & Wardhana, A. (2023). Metode Penelitian. In Jurnal Penelitian Kesehatan: Vol. 9 (2). CV. Eureka Media Aksara. https://doi.org/10.1234/jpk.2021.09.02.123

Irene, R. (2018). Penelitian Motivasi Dan Proses Pembelajaran Siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Mempelajari Bahasa Mandarin Di Yayasan Permata Bunda I. http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Juan Christian , Lily Thamrin, L. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Chineseskill Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. 4(1). https://d-nb.info/1161488316/34

Mahmud, F. N., & Rudiansyah. (2017). Interferensi Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dalam Struktur Kalimat Bahasa Mandarin pada Karangan Naratif Mahasiswa Sastra Cina Universitas Sumatera Utara (Usu). Metahumaniora, 7(3), 343. https://doi.org/10.24198/mh.v7i3.18851

Marzuqi, L. (2014). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Keliling dan Luas Bangun Segi Empat Di MTs Negeri Tunggangri Tahun Ajaran 2013/2014. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/126

Masrur, M. F. (2012). Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan “再,又,还” dalam Kalimat Bahasa Mandarin pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin FBS Unesa Kelas 2012. 1–5.

Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e- learning berbasis web pada mata kuliah belajar pembelajaran i terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Teladan, 4(1), 12.

Riduwan, & Sunarto, H. (2014). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Urip, S. R., & Anggraeni, A. (2018). Efektivitas Permainan Kata Berantai Terhadap Hasil Belajar Bahasa Mandarin Siswa Kelas Xi Sma Kebon Dalem Semarang. Longda Xiaokan: Journal of Mandarin Learning and Teaching, 1(1). https://doi.org/10.15294/longdaxiaokan.v1i1.12685

Zakharia, J., Wahyono, T., & Wijaya, L. S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Menggunakan Audio dan Responsive Web Design: studi kasus SMP Kristen Satya Wacana.

Downloads

Published

2025-10-27

How to Cite

Pramesti, N. P., & Arista, C. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CHINESESKILL DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN HSK 1 PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA KHADIJAH SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/73263
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 5